Stres Hadapi Bisnis? Lakukan Ini!

Setiap orang yang bekerja tidak akan pernah lepas dari yang namanya stres. Stres adalah tekanan yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental dan emosional. Terutama bagi seorang entrepreneur, stres barangkali menjadi sahabat setia sehari-hari. Dimulai dari membuat rencana bisnis, mengeksekusi langkah-langkah yang sudah diatur, meningkatkan pemasukan, menjaga keseimbangan kas, dan ratusan daftar pekerjaan lain pasti akan menghantui hidup para entrepreneur.

Namun tenang saja, siapapun anda, stres ini dapat dikelola. Stres harus selalu dikelola agar tidak mengganggu performa bisnis kita. Artikel ini akan memberikan pandangan ke kita soal apa saja yang perlu dilakukan untuk menghadapi stres.

:: Ubah Haluan Anda

Barangkali anda merasa stres dan tertekan ketika berpikiran bahwa bisnis yang anda jalankan sedang berjalan pada jalur yang tidak anda rencanakan. Nah, maka ini adalah momentum yang sangat tepat untuk mengubah haluan anda. Kita tahu yang namanya mengubah, apapun bentuk dan konteksnya, adalah hal yang sangat tak mudah untuk dilakukan. Kendati demikian, ini adalah keputusan penting yang harus diambil entrepreneur untuk mengembangkan dirinya.

Dalam dunia lari marathon kita mengenal istilah menabrak ?inding?(hit the wall). Ini adalah kondisi ketika pelari merasa telah ?enabrak?suatu penghalang di depan mereka. Penghalang itu membuat mereka tidak dapat lagi melanjutkan lari mereka dan terpaksa berhenti. Dalam banyak kasus, sebenarnya pelari tersebut masih kuat secara fisik, tapi ini adalah urusan mental. Begitu juga dalam bisnis, karena tak ada pilihan untuk berhenti maka kita harus tetap bergerak dengan mengubah haluan kita dalam berbisnis ketika kita menemui ?inding?tadi.

:: Lebih Bekerja dengan Fokus

Kita temui begitu banyak entrepreneur yang muda, enerjik, dan sangat bersemangat untuk melakukan semuanya. Dia menghabiskan waktunya untuk melakukan banyak hal, dari bisnis yang satu ke bisnis yang lain. Barangkali ini memang menghasilkan peluang dan jaringan yang luas, tetapi akan menjadi tidak efektif ketika kita tidak secara fokus dan spesifik menentukan apa yang akan kita lakukan di depan kita.

Seorang penulis bernama Jamie Walterse pernah mengatakan bahwasanya menentukan prioritas utama dalam setiap kegiatan bisnis kita adalah sebuah pendekatan yang paling berguna dan efektif untuk meningkatkan performa bisnis. Mengapa demikian? Karena ketika kita fokus pada prioritas itu kita tidak akan berhenti untuk mendalami beragam informasi yang terkait dengan bidang itu. Dan kita tahu, pengetahuan kita yang mendalam soal sesuatu yang kita geluti adalah sebuah modal dan kekayaan yang sesungguhnya.

:: Refleksi atas Diri dan Pekerjaan Anda

Ketika anda sedang merasa tertekan atau bahkan terkadang benci dengan hal-hal yang harus anda kerjakan sebagai entrepreneur, maka itu adalah saat yang tepat untuk mengambil jeda sejenak dan melakukan refleksi. Tujuan dari refleksi tersebut adalah menjernihkan kembali pandangan anda soal tujuan jangka panjang maupun jangka pendek yang pernah anda bangun pada awal membangun bisnis.

Cara untuk melakukannya adalah dengan menanyai diri anda dengan beberapa pertanyaan sederhana yang membuat anda mengingat kembali apa yang menjadi motivasi awal anda. Misalnya, ?agaimana perasaan saya saat mendapatkan keuntungan pertama kali??atau ?agaimana rasanya ketika hal yang telah anda rencanakan dengan matang akhirnya berjalan mulus dan sukses berat??dan pertanyaan-pertanyaan lain yang membuat anda mengingat keberhasilan yang selama ini telah anda peroleh. Cara ini dipercaya akan meningkatkan kekuatan positif dalam mental anda yang akan menolak hal negatif datang dan mengeruhkan pandangan anda.

:: Gunakan Bantuan Sistem untuk Mencatat Produktivitas Anda

Tenang, sistem ini bukanlah bertugas sebagai seorang polisi yang memastikan anda menaati aturan di dalamnya. Bukanlah sistem yang menghukum anda ketika anda melanggar aturan-aturan yang anda tulis di dalamnya. Sistem ini dibuat untuk memancing anda melihat ke belakang, melihat apa yang sudah anda lakukan dengan bisnis anda.

Ada berbagai macam sistem (atau lebih tepatnya teknik) yang bisa anda cari di internet untuk menyelesaikan setiap hambatan produktivitas anda. Biasanya yang menjadi penghambat itu adalah konsentrasi anda mudah teralihkan, anda termasuk orang yang pelupa, anda ?erlalu kreatif?dalam produktivitas, hingga anda terlalu fokus pada hal yang kecil hingga melupakan hal yang besar. Setiap hambatan itu bisa diatasi dengan metode-metode tertentu yang akan dibahas pada artikel lain di website ini. Pilihlah metode yang paling tepat untuk mengatasi hambatan yang seringkali muncul dalam diri anda.

:: Mencari Dukungan dari Orang Lain

Karena ini dalam konteks bisnis dan entrepreneurship, maka dukungan dari orang lain tersebut adalah dari investor ataupun partner bisnis anda. Anda bisa merancang kelompok bisnis yang mendukung bisnis anda. Bagaimanapun, para pakar bisnis menyepakati bahwa adanya dukungan ini sangat membantu untuk mengantarkan anda kepada tujuan bisnis. Selain itu dengan adanya kelompok, anda bisa belajar banyak dari pengalaman orang lain tersebut.

:: Temukan Dukungan dari Organisasi

Di Indonesia dukungan dari organisasi ini menjadi semacam kebutuhan pokok bagi para entrepreneur. Awalnya dalam skala lokal saja dan biasanya berawal dari komunitas di internet. Secara luas, biasanya pengusaha-pengusaha ini membuat perkumpulan yang dinamakan asosiasi. Misalnya, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita), dan beragam asosiasi lainnya. Bergabung dalam asosiasi akan membuat anda mendapatkan dukungan dari sesama pengusaha. Lama kelamaan selain di tingkat nasional, anda juga bisa mencari dukungan di tingkat internasional pula.

Inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika anda merasa stres terhadap bisnis yang sedang anda geluti. Kuncinya adalah ketika stres jangan pernah ?imakan?sendiri, bagilah tekanan itu kepada orang lain dan alihkan fokus anda. Dari pada merasakan stres, lebih baik anda melakukan hal menyenangkan yang produktif dan mendukung bisnis anda.