Strategi Beriklan Via Twitter

Mengiklankan produk baik barang atau jasa adalah hal penting untuk dilakukan agar merek produk tersebut melekat dalam benak publik. Paling tidak tujuan awalnya adalah agar audiens mengeri ada produk X ketika mereka sedang membicarakan suatu kebutuhan tertentu. Berbagai cara untuk mengiklankan produk pasti sudah anda ketahui, yang salah satunya adalah melalui media sosial. Dari sekian banyak jenis media sosial yang ada, mana saja yang sudah anda manfaatkan untuk beriklan?

Kali ini kami akan membahas bagaimana strategi beriklan melalui media sosial Twitter. Mengapa Twitter? Pada artikel sebelumnya kita telah membahas soal bagaimana beriklan via Facebook, apa trik dan tipsnya, dan perhatikanlah apa yang harus kita hindari. Twitter kemudian tak kalah penting untuk kita bahas sebagai tempat beriklan. Sebagai informasi, berbagai tulisan soal bisnis di dunia maya mengatakan kalau Google (termasuk Youtube), Facebook, dan Twitter disebut-sebut sebagai Tiga Besar dalam dunia marketing via media sosial.

Twitter menjadi media sosial yang diperhitungkan karena saat ini tercatat pengguna aktif Twitter sudah hampir 100 juta. Sedangkan jumlah twit yang mereka lontarkan setiap harinya bisa mencapai 500 juta twit setiap harinya. Bukankah ini jumlah yang amat sangat luar biasa? Pergerakan timeline Twitter yang cepat juga tempat yang baik untuk menggugah berita terbaru, gosip hiburan, dan hasil pertandingan olah raga populer.

Atas alasan-alasan itulah Twitter jadi media sosial yang diperhatikan oleh mereka yang bergerak di bidang pemasaran, atau pemilik bisnis yang ingin mendatangkan keuntungan lebih bagi bisnisnya.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan sebelum kita memulainya? Berikut uraiannya.

:: Tentukan Goal Yang Masuk Akal Dari Aktivitas Beriklan Anda

via 360marketlaunch.com

Tujuan, atau yang sering disebut goal, adalah suatu prestasi yang kita harapkan bisa tercapai. Goal sebaiknya diset di awal kita bergerak, dengan mempertimbangkan apa-apa yang kita punya, yang memungkinkan kita bisa melampaui goal tersebut untuk kemudian membuat yang lebih baru lagi. Berikut paling tidak kami berikan beberapa goal yang biasa digunakan oleh mereka yang ingin mengembangkan iklan lewat akun Twitter:

  • Mengundang Lebih Banyak Follower. Kita tahu bahwa semakin banyak follower akun Twitter kita, maka akan semakin luas pula jangkauan informasi yang kita sebarkan melalui akun Twitter tersebut. Ada banyak cara untuk menambah follower kita. Pertama, kita bisa memberikan pernyataan singkat pada twit kita agar orang-orang mau mengikuti akun Twitter anda. Jelaskanlah dengan singkat keuntungan macam apa yang mereka dapatkan ketika sudah memfollow akun anda, misalnya, penawaran spesial, promosi terbaru, dan sebagainya. Ada juga yang kemudian mengambil jalan singkat dengan “membeli” follower. Untuk yang terakhir ini follower kita bisa begitu banyak tanpa kita tahu apakah mereka akun aktif atau tidak. Pilihan terletak pada diri anda.
  • Menaikkan Tingkat Kunjungan Website. Sebuah akun Twitter juga seringkali dibuat bukan sekadar mengumpulkan lebih banyak follower. Tujuan akhirnya bisa jadi adalah mengundang para follower itu untuk mengklik link website yang sebenarnya jadi tumpuan utama kita. Caranya sebenarnya sederhana saja. Buatlah kata-kata yang menarik di akun Twitter, kemudian sertakan pula tautan yang akan mengarahkan mereka ke website yang anda maksud.
  • Meningkatkan Interaksi di Twitter. Ini juga bisa menjadi sebuah goal ketika anda ingin mengiklankan produk anda di Twitter. Pastikan anda menanggapi setiap respon twit anda, terutama untuk respon yang relevan dan mengundang informasi lebih jauh. Hal ini biasanya dilakukan misalnya dengan mewawancarai seorang yang terkenal lewat Twitter, wawancara itu kemudian dilakukan secara kontinyu supaya dibaca dan dikomentari oleh para follower.
  • Penawaran Untuk Menginstal Aplikasi di Telepon. Seperti yang kita tahu, semakin ke sini, bisnis aplikasi berbasis android di smartphone kita adalah bisnis yang menjanjikan. Asal kita tahu bagaimana cara untuk membuat aplikasinya, kita bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Syaratnya tentu anda perlu mengiklankan aplikasi tersebut supaya banyak diunduh dan digunakan oleh pengguna smartphone.

:: Siapakah Audiens yang Menjadi Target dari Pengiklanan Anda?

via ilfusion.com

Adalah hal penting ketika kita memutuskan untuk mengiklankan kita perlu menentukan target audiens yang tepat. Bagaimana kita bisa menentukan target tersebut? Secara umum, pengguna Twitter adalah orang-orang muda (berusia produktif) dengan golongan kelas menengah di Indonesia. Jadi ketika kita mengiklankan sesuatu lewat Twitter, paling tidak pastikan bahwa secara umum audiens yang kita sasar berasal dari sana.

Selain itu di Twitter sendiri juga disediakan platform yang memudahkan kita untuk melihat kondisi demografis yang spesifik dari audiens kita, ataupun melalui kriteria yang lainnya. Anda bisa mencarinya melalui hal-hal umum seperti kata kunci, follower, tagar (tanda pagar/hash tag), dan sebagainya.

Ada istilah ‘micro-targeting’ dalam proses ini. Fungsinya adalah membantu anda lebih mengefektifkan iklan Twitter anda dan mempercepat informasi anda sampai kepada target audiens yang spesifik.

:: Fungsi Tanda Pagar (Tagar) Dalam Iklan

via mashable.com

Tanda pagar dalam Twitter itu biasanya untuk menggalang suatu gerakan sosial tertentu, misalnya untuk menanggapi kejadian politik yang sedang kacau di negeri ini. Tanda pagar tertentu digunakan untuk melihat bagaimana sikap politik dari sejumlah pengguna Twitter di negeri ini. Dalam dunia periklanan, tagar ini juga ada maksudnya, yaitu memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah kampanye digital yang bisa dilacak sampai kapanpun. Ini berguna bagi pembuat iklan maupun bagi audiens yang tertarik untuk mencari informasi karena iklan tersebut.

Ada juga yang dinamakan website tags. Ini semacam sistem yang memungkinkan pengguna Twitter mengetahui akun mana saja yang telah mengunjungi website yang anda tawarkan. Artinya anda telah mendapatkan sekelompok audiens yang kemungkinan menjadi pelanggan anda.

:: Mengoptimalkan Kampanye Produk Anda

via fppad.com

Twiter memungkinkan anda untuk secara akurat dan presisi melihat bagaimana kualitas pengiklanan anda melalui fasilitas-fasilitas berikut:

  • Aktivitas Twitter yang biasanya tertulis di dashboard atau beranda atau timeline.
  • Melalui “conversation tracking” baik dalam konteks personal maupun dalam konteks yang lebih luas.
  • Aplikasi tertentu secara mobile yang bisa digunakan untuk menganalisis pembelian dan penggunaan aplikasi tertentu yang anda tawarkan dalam iklan anda.

Nah, itulah sedikit yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan usaha anda untuk beriklan dengan menggunakan Twitter. Pada dasarnya Twitter menyediakan berbagai macam pilihan untuk mengiklankan baik bagi anda yang seorang baru ataupun yang sudah ekspert di dunia digital advertising. Bagaimana peluangnya di Indonesia? Data terakhir saat ini menunjukkan pengguna Twitter di Indonesia mencapai 50 juta dan dipastikan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Itu artinya peluang kita untuk bisa mengiklankan produk di Twitter masih cukup besar. Belum juga saat ini dimungkinkan setiap akun jejaring sosial bisa terhubung satu sama lain yang memungkinkan penyebaran informasi yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *