Sikap Pemimpin yang Baik Bagi Perusahaan

Menjadisebuah perusahaan harus mempunyai karakter khusus. Karakter tersebut diperlukan untuk memimpin setiap unit atau divisi kerja supaya tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik. Tentunya menjadi pemimpin juga sulit untuk dilakukan.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak hanya mengerti segala aturan atau operasional perusahaan, namun pemimpin yang baik juga mengerti mengatur karyawannya. Sikap pemimpinlah yang menentukan masa depan perusahaan. Dimana seorang pemimpin yang memegang kemudi dan kendali perusahaan sepenuhnya. Lalu bagaimana menjadi pemimpin yang baik bagi perusahaan? Simak tips-tips berikut ini. Tips ini sebaiknya tidak direnungkan saja tetapi dapat dipakai ketika anda mengatur perusahaan Anda.

1. Membentuksebuah tim yang berdedikasi.

Tim Anda harus berkomitmen untuk Anda dan bisnis juga. Pengusaha sukses tidak hanya pandai bersosialisasidan menjual saja, tetapi juga mempunyai pengetahuan untuk membentuk tim yang berdedikasi. Caranya adalahmengidentifikasi, melihat setiap bakat karyawan dan mengatur konsep agar bakat mereka digunakan sehingga mereka benar-benar berdedikasi kepada perusahaan.

Ketika menempatkan tim Anda bersama-sama, mencari orang-orang yang nilai-nilai yang sesuai dengan tujuan dan misi perusahaan Anda, maka Anda sudah berhasil membentuk sebuah tim yang solid.

2.Komunikasi yangbaik
Masalah komunikasi merupakan masalah besar. Jika Anda berkomunikasi dengan staf hanya lima atau 10 menit, itu bisa jadi sulit untuk mengetahui apa yang terjadi dengan staf Anda. Oleh karena itu pastikan anda mempunyai waktu yang banyakdan mengatur jadwal pertemuan untuk mengetahui apa yang terjadi kepada karyawan, perusahaan dan lainnya. Komunikasi yang baik akan menyelesaikan masalah yang sulit.

3. Jangan menganggap staf anda mengerti Anda
Ketika Anda menjalankan bisnis kecil, Anda mungkin menganggap tim Anda memahami tujuan dan misi perusahaan. Tetapi semua orang perlu diingatkan di mana staf perusahaan terlihat seperti mengetahui hanya ketika Anda sampai di sana. Karyawan Anda mungkin bertanya, “Apa untungnya bagi saya?”

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggambarkan visi itu kepadatim Anda. Luangkan waktu untuk benar-benar memahami orang-orang yang membantu Anda dalam membangun bisnis.Anda harus membawa staf Andake dalam dunia Anda dan berkomunikasidengan proaktif.

4. Jadilah otentik
Para pemimpin yang baik menanamkan kepribadian dan keyakinan mereka ke dalam ikatanorganisasi mereka. Jika Anda menjadi diri sendiri,tidak mencoba untuk bertindak seperti orang lain, dan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang selaras dengan nilai-nilai Anda, bisnis Anda lebih mungkin untuk berhasil.

5. Mengetahuihambatan Anda
Sebagian besar pengusaha optimis dan yakin bahwa mereka sedang mengendarai visimenuju tujuan mereka. Tetapi banyak pemimpinyang tidak mengambil waktu untuk memahami hambatan dan rintangan perusahaannya.

Lebih cerdas lagi jika Andamengambil langkah mundur dan mencari tahu apa hambatan Anda, sehingga rencana Anda yang akan menempatkanke jalan yang benar.

6.Memberi penghargaan untuk tim kerja Anda
Sangat penting untuk membuat penghargaanyang jelas dimana anda menyatakanbahwatim kerjasudahmencapai keberhasilannya. Mengapa ini penting dilakukan? karena dengan initim kerja anda akan bekerja sama untuk mencapai hasil yang diinginkan.Penghargaan merupakankebanggaanumum dan dapat memacu tim anda untuk bekerja agarbisnis lebih bertumbuh.

7. Percaya kepada orang Anda.
Pemimpin yang baik adalah pemimpinyang membantu orang-orang mereka mengembangkan kepercayaan diri, terutama selama masa-masa sulit. Seperti kata Napoleon Bonaparte, “Pemimpin adalah dealer harapan.” Kesuksesansebagian datang dari kepercayaan dalam tim Anda, tetapi percaya kepada orang saja tidak cukup. Anda harus membantu mereka menang.

8.Melakukan ide
Banyak pengusaha yang mempunyai ide-ide yang cemerlang namun tidak melakukan ide tersebut. Terlebih lagi pengusaha tidak membagikan setiap ide-ide kepada stafnya.

9.Selalu libatkan tim kerja Anda
Pemimpin besar memberikan tantangan kepada tim mereka dan membuat mereka selalu bersemangat tentang diri mereka, kata pakar kepemimpinan Stephen Covey, penulis Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif (Free Press, 1989).

Mungkin tim kerja Anda adalah orang-orang yang hebat tetapi mereka memerlukan pemimpin yang mengarahkan mereka. Mereka juga perlu mengetahui seluk beluk pekerjaan yang sedang mereka kerjakan. Setiap keputusan terhadap pekerjaan pun

10. Peduli dengan kehidupan stafnya

Anda memang bebas memberikan task pekerjaan yang banyak kepada staf Anda. Tetapi ketika kinerja staf Anda turun begitu saja, Anda tidak dapat menyalahkan kesalahan sepenuhnya kepada staf Anda. Staf Anda hanyalah manusia biasa yang seperti Anda. Mereka juga dapat merasakan kejenuhan atau mempunyai masalah di kehidupan mereka. Jadi ada baiknya, Anda juga peduli dengan keadaan mereka. Anda dapat memberi semangat atau mengadakan acara setahun sekali untuk meningkatkan kinerja staf Anda.

11. Jadilah teladan

Setiap aturan yang dibuat oleh perusahaan sudah disetujui oleh Anda, maka Anda juga harus ikut mengikuti peraturan tersebut misalnya datang tepat waktu atau tidak browsing internet ketika bekerja. Bukan karena Anda seorang pemimpin kemudian Anda juga lalai melakukannya. Anak buah Anda juga akan kecewa dengan sikap Anda yang plin-plan. Staf Anda otomatis akan meniru perilaku Anda.

12. Rendah hati

Pemimpin yang baik juga siap untuk mengakui kesalahan atau menerima kritikan dari siapa pun. Tak dipungkiri pemimpin juga seorang manusia yang terkadang membuat kesalahan juga.

Ketika Anda menyadari bahwa Anda tidak memiliki keahlian khusus seperti karyawan Anda. Anda dapat meminta anak buah untuk mengajari Anda. Sikap ini membuat Anda terlihat lebih bersahabat karena Anda juga adalah orang yang mau belajar.

Demikian beberapa sikap-sikap pemimpin yang baik dalam perusahaan. Anda tidak perlu kecewa jika sampai sekarang keadaan perusahaan anda carut marut. Anda hanya mulai melakukan tugas anda sebagai pemimpin. Alhasil perusahaan Anda perlahan akan menjadi lebih baik ketika Anda menunaikan tugas Anda sebagai pemimpin.

| updated

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *