Siap Hadapi MEA, Bagaimana Peluang Kerja di Luar Negeri?

Jika Anda sedang galau dan gundah gulana karena adanya pasar bebas ASEAN yang sudah menjelang penerapannya pada akhir 2015 ini tentu saja Anda tak boleh terus-terusan berdiam diri. Hal ini karena akan selau ada solusi dan jalan keluar untuk setiap permasalahan. Dalam kasus pasar bebas Asia Tenggara yang berwujud MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ini memang diyakini akan ada arus besar tenaga kerja dari luar negeri yang akan datang ke negara kita. Dari sini maka kemudian banyak tenaga kerja pribumi yang khawatir jika kedatangan para pekerja dari luar negeri ini bisa membuat peluang mereka untuk mendapatkan kerja yang layak makin sulit. Kekhawtiran ini memang wajar-wajar saja sebab secara statistik umum para pekerja pribumi ini banyak yang tidak memiliki keterampilan dan kompetensi yang mumpuni jika dibadingkan dengan para pekerja luar negeri. Sedangkan perusahaan sendiri pastinya ingin mencari pekerja yang memiliki keahlian dan kompetensi yang baik untuk menumbuhkembangkan bisnisnya.

Menjadi Pekerja di Luar Negeri

58614_buruh_di_pabrik_perakitan_sepeda_motor_di_karawang_Lalu bagaimana solusi dan jalan keluar dari untuk permasalahan ini? Seperti disinggung tadi akan selalu jalan keluar untuk setiap permasalahan. Sekarang untuk kasus ini Anda bisa membuat sebuah kebalikan, bagaimana jika Anda yang menjadi pekerja di luar negeri? Tentu saja hal ini sangat mungkin. Bagaimana tidak, pengalaman pekerja Indonesia yang bekerja di luar negeri menjadi bukti bahwa tenaga kita sangat dibutuhkan. Bagaimana dengan kualitas pekerjaannya? Tentu saja ini yang harus ditingkatkan. Keterampilan dan kompetensi memang harus selalu menjadi perhatian para pekerja jika ingin sukses menjalani karir di luar negeri.

Baca Juga:

Mau Kerja di Luar Negeri? Kuasai dan Tingkatkan Kompetensi Anda

Tingkat kualitas pekerja memang akan tercermin dari keahlian dan kompetensi yang ia miliki. Semakin baik kompetensi yang dimiliki maka semakin baik pula tingkat keunggulannya. Maka untuk bisa bersaing dan bahkan “menantang” pasar luar negeri, memang mau tak mau kita harus meningkatkan kompetensi. Dengan memiliki kompetensi yang mumpuni maka Anda akan mendapatkan modal dan bekal yang cukup untuk menjadi sumber daya manusia yang unggul dan bisa diandalkan di luar negeri.

Manfaat Memiliki Kompetensi yang Mumpuni

Dengan memiliki kompetensi yang baik dan mumpuni kita akan mampu memiliki daya saing. Selain itu dengan kompetensi kita juga akan mendapatkan perlindungan hukum dan juga menjadi pribadi yang bermartabat di negeri orang. Bicara mengenai peluang, tentu saja saat kita memiliki kesempatan yang besar untuk meraih pekerjaan yang baik dan layak di luar negeri. Dengan memiliki kompetensi yang baik maka Anda akan mampu membuka akses informasi untuk bekerja ke luar negeri serta menambah wawasan dan keterampilan. Tidak hanya itu semua, jika Anda mampu terus konsisten peningkatan kompetensi dan kinerja Anda maka Anda bisa berkesempatan menjadi duta MEA bagi Indonesia dan ASEAN.

Indonesia Memiliki Peluang yang Sama Besarnya

Menilik lebih jauh dari kesiapan negara-negara Asia Tenggara lainnya, ternyata Indonesia juga memiliki peluang dan kesempatan yang sama besarnya dengan negara lain. Jika saat ini memang ada sedikit keunggulan kompetensi pada negara lain, maka Indonesia sebenarnya memiliki keunggulan pada kinerja dan pengalaman. Dengan kedua hal ini bisa jadi perusahaan luar negeri akan tetap lebih memilih para pekerja dari Indonesia yang telah berpengalaman hidup di luar negeri. Apalagi jika kita mampu meningkatkan kompetensi kita, maka makin kuatlah posisi kita untuk merajai peluang kerja ini. Diharapkan juga pemerintah mendukung dan membatu para pekerja pribumi dalam menghadapi MEA ini. Peran pemerintah dalam MEA ini juga sangat penting untuk membuat peluang pekerja di luar negeri tetap dan makin terbuka lebar.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *