Salah Jurusan, Masalah Atau Peluang?

Apakah anda adalah salah satu mahasiswa yang merasa terlanjur salah masuk jurusan? Anda tidak perlu takut ataupun bingung, cobalah untuk tetap berpikir positif dan tenang, Anda bukanlah satu-satunya orang yang merasa telah masuk ke jurusan yang salah. Cobalah untuk bertanya kepada teman-teman disekeliling, akan ada banyak sekali yang merasa telah salah dalam mengambil jurusan. Memang benar jika kuliah tidak sesuai dengan minat dan keahlian maka hal buruk yang mungkin akan terjadi adalah merasa malas kuliah, hanya titip absen pada teman, dan yang lebih parah lagi adalah menjadi mahasiswa abadi.

Salah Jurusan

Tips pertama jika salah jurusan adalah pindah jurusan. Namun langkah ini harus difikirkan secara matang terlebih dahulu, apakah dengan pindah jurusan bisa menjadikanmu lebih baik atau bahkan lebih parah dari sebelumnya. Anda harus beradaptasi kembali dengan kondisi dan jurusan yang baru. Belum tentu dengan pindah jurusan akan membuatmu merasa nyaman dengan jurusan tersebut. Pertimbangkan segala resiko yang mungkin terjadi. Resiko pertama adalah kerugian material, karena pindah jurusan itu sama saja memulai lagi dari awal. Kerugian yang kedua yaitu rugi waktu.

Sumber: http://www.youthmanual.com/

Sumber: http://www.youthmanual.com/

Bila seharusnya anda sudah bisa masuk kejenjang semester berikutnya, anda malah memulai lagi kuliahmu dari semester awal. Banyak hal yang harus menjadi pertimbangan dalam menghadapi momok salah jurusan ini. Ada baiknya meskipun merasa telah salah jurusan, tetaplah melanjutkan kuliah di jurusan yang sudah terlanjur dimasuki. Walupun sedikit klise, tetapi anda harus bersyukur karena masih bisa menapaki bangku kuliah. Harapan orang tua tentunya adalah ingin melihat anaknya kelak menjadi sukses dengan bekal pendidikan yang telah dimiliki.

Karena sudah terlanjur masuk kolam, sekalian menyelam saja. Karena sudah terlanjur masuk jurusan, Anda harus merasakan benar-benar apa yang ada dijurusan yang telah anda pilih. Perdalam pengetahuanmu dari jurusan tersebut. Pikirkan lagi, mungkin ada hikmah yang dapat diperoleh dari jurusan yang anda geluti saat ini. Dengan mencoba menikmati sebisa mungkin, bisa jadi pandangan terhadap jurusan yang telah anda buat akan berubah. Ketahui lagi, apa sebenarnya yang terjadi sehingga anda memiliki perasaan telah salah salah masuk jurusan.

Bisa jadi itu hanya kejenuhan sementara saja, sehingga membuat seakan akan telah salah masuk jurusan. Kalau memang salah jurusan, lalu sebetulnya jurusan apa yang tepat? Jangan karena kejenuhan tersebut, salah jurusan menjadi alasan untuk malas kuliah. Harus disadari bahwa setiap jurusan pasti ada masa jenuh dan bosan. Hal yang perlu dilakukan adalah tenangkan pikiran, istirahatkan diri dan kumpulkan lagi semangat untuk menapaki masa depan. Perlu disadari bahwa dengan salah jurusan anda akan mendapat pengetahuan baru dari jurusan tersebut. Waktunya untuk mengembangkan skill dengan mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau SAC (Student activity Center) di kampus.Mungkin saja kedepannya jurusanyang terlanjur salah anda pilih akan membuat anda mendapatkan peluang bisnis yang menguntungkan di masa depan.

Pengalaman dan ilmu tidak harus didapat dari kuliah atau kegiatan di kelas bukan?. Pengalaman bisa diperoleh dari mana saja, selama dapat menempatkan diri dan mendalami apapun yang ada dihadapanmu. Dimasa kuliah tidak hanya pengalaman tentang teori yang dibutuhkan, tetapi pengalaman lapangan yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk masa depan. Dengan aktif diluar perkuliahan akan dapat membuka wawasan dan mendapat hal-hal yang baru. Bahkan akhirnya akan membuatmu menemukan suatu bidang baru yang benar-benar anda sukai dan dapat anda dalami. Buat prestasi diluar perkuliahan, sehingga anda dipercaya memiliki keahlian yang lebih. Buktikan kepada semua orang bahwa salah jurusan tidak selamanya menjadi masalah atau momok, salah jurusan bisa menjadi peluang untuk menjadi sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *