Resolusi Finansial Untuk Awal Tahun 2015

Awal Tahun 2015 akan segera tiba. Sudahkan Anda mempersiapkan apa saja yang akan Anda ubah dalam tahun baru tersebut? Mewujudkan impian jadi nyata, apapun itu. Jalan-jalan keluar negeri, menaikkan berat badan, membuat jiwa&raga lebih sehat, dll. Tentu itu semua lebih baik direncanakan. Terutama finansial Anda.

Tentu kita semua suka untuk memulai tahun baru dengan kenaikan gaji yang besar. Tapi itu bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan arus kas Anda atau meningkatkan tabungan pensiun Anda. Jika salah satu resolusi Anda tahun depan adalah untuk memperbaiki situasi keuangan Anda tahun ini, pertimbangkan cara-cara untuk mewujudkannya.

Ketahui Titik awal Anda

Jika Anda sudah punya anggaran dan mengevaluasinya secara teratur, Anda punya bekal untuk langkah awal yang baik. Tapi jika Anda seperti kebanyakan yang tidak mencatat pengeluaran dan mengevaluasinya dengan baik, memulai sebuah pemeriksaan tahunan bukanlah ide yang buruk. Tinjau uang yang telah masuk/keluar dan perbaiki pengeluaran Anda.

Jika Anda sudah melacak transaksi Anda, Anda berada di atas permainan. Jika tidak, mulailah mencatat keuangan Anda sekarang dengan alat-alat online kesukaan Anda seperti Mint atau LearnVest, spreadsheet, atau hanya di atas kertas. Tinjau setidaknya tiga bulan sejarah pengeluaran Anda untuk mendapatkan nuansa nyata bagi arus kas Anda.

Evaluasi Biaya Terbesar Anda

Untuk sebagian besar, biaya terbesar Anda mungkin adalah biaya sewa/cicilan rumah. Pertimbangkan kebutuhan perumahan Anda (yang mungkin telah berubah sejak Anda menandatangani sewa atau beli perjanjian Anda) dan apakah tempat tinggal Anda (dan biaya) masih merupakan pilihan terbaik Anda. Mungkin sudah saatnya untuk membiayai kembali hipotek Anda, mencari tempat tinggal baru, atau mencoba untuk menegosiasikan sewa Anda.

Bagaimana Rencana Anda ke Depan

Keadaan darurat memang cenderung mahal, tapi mereka juga seringnya bisa dihindari. Daripada mengabaikan suara grinding mobil, yang membuat Anda batuk dan mungkin ada yang berbahaya dengan paru Anda, pastikan untuk memberikan peralatan dan perawatan untuk pencegahan pada diri sendiri secara reguler. Buatlah daftar janji Anda sendiri (mekanik, tukang ledeng, dokter) dan tetapkan untuk bertemu orang-orang ini pada kalender Anda secepat mungkin.

Lindungi Diri

Selain pemeliharaan preventif, Anda harus melindungi diri sendiri dan harta benda Anda dengan asuransi yang diperlukan. Tentu saja, itu tidak menyenangkan, dan mungkin tampak seperti beban yang tidak perlu, tetapi ketika Anda membutuhkannya, Anda akan senang Anda punya itu. Anda harus memiliki asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil dan asuransi lainnya untuk memastikan Anda sepenuhnya ter-cover.

Set Up Dana Darurat

Meskipun langkah-langkah pencegahan terbaik, biaya tak terduga masih bisa muncul. Jadi, kebanyakan ahli menyarankan Anda memiliki tiga sampai enam kali dari biaya reguler perbulan yang disimpan untuk kasus kebutuhan keuangan yang tak terduga. Ya, itu bisa saja merupakan jumlah yang banyak untuk disimpan, tetapi melakukan apa yang Anda bisa, misalnya menyimpan Rp50.000 per minggu akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Mencari tahu apa yang akan Anda butuhkan untuk menabung, akan memberikan Anda rasa aman secara finansial sehingga Anda percaya diri dalam situasi apapun, dan menetapkan rencana tabungan yang sesuai.

Membuat Rencana untuk Melunasi Utang Anda

Hal ini dapat luar biasa membuat Anda berpikir tentang membayar kuliah, tagihan medis, atau saldo kartu kredit yang berputar di luar kendali. Tapi Anda tidak perlu pergi sendiri. Ada banyak nasihat (dan cerita inspiratif) di luar sana-hanya menjadi penasaran pada apa pun yang terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Jika Anda memerlukan bantuan keluar dari utang, Anda dapat meminta bank atau credit union untuk rekomendasi. Jika Anda sedang mencari bantuan pada hipotek Anda, hubungi konselor keuangan bersertifikat untuk saran gratis.

Set Up Juga Tabungan Sebenarnya

Akhirnya, membuat uang Anda bekerja untuk Anda-sehingga Anda dapat menikmatinya! Menabung untuk komputer baru, atau Anda sudah lama ingin liburan untuk menghadiahi diri sendiri selama satu tahun kerja keras. Tidak ada salahnya! asalkan Anda mengatur keuangan Anda agar tidak menyulitkan nantinya.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *