Resolusi akhir tahun

Tidak terasa besok adalah hari terakhir tahun ini dan lusa kita sudah berada di tahun yang baru. Ketika sudah di akhir tahun seperti saat ini, saatnya untuk mereview apa yang terjadi setahun belakangan dan melakukan perencanan untuk tahun depan.

Marilah kita merenungkan apa yang telah terjadi dan telah kita capai satu tahun terakhir. Jika mempunyai target yang telah ditentukan tahun lalu, maka bisa dicek apakah tahun ini tujuan tersebut tercapai. Misalnya targetnya tahun ini adalah naik gaji, promosi, atau mungkin liburan ke luar negeri. Perlu di cari tahu apakah target tahun lalu tercapai atau tidak dan mengapa hal tersebut terjadi agar dapat dibuat rencana untuk tahun depan. Bagi saya sendiri tahun ini adalah tahun yang buruk sesuai dengan ekonomi Indonesia. Secara umum tahun ini bukanlah tahun yang baik untuk ekonomi Indonesia, dimana pasar saham Indonesia turun sekitar 12% dan ekonomi melambat sehingga banyak perusahaan atau pebisnis yang mengeluhkan penurunan laba.

Setelah mereview tahun lalu saatnya kita menentukan apa yang ingin kita capai / tujuan tahun depan. Dalam menentukan tujuan tahun depan perlu mengikuti prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) atau spesifik, terukur, dapat tercapai, realistik dan ada batas waktunya. Contohnya adalah tahun depan (batas waktu) ingin berinvestasi di reksadana 12 juta (terukur) dengan mengurangi makan dan nongkrong di cafe sehingga dapat memperoleh tambahan uang untuk di sisihkan 1 juta per bulan (spesifik, dapat tercapai, realistik). Dalam menentukan suatu hal yang ingin dicapai maka hal tersebut harus lebih dari apa yang kita perkirakan mudah dicapai. Contohnya jika saat ini menyisihkan uang 500 ribu per bulan adalah hal yang mudah, maka target nya adalah bagaimana caranya menyisihkan uang 1 juta per bulan, yaitu bisa dengan melakukan penghematan atau yang lebih baik lagi meningkatkan penghasilan (naik gaji atau usaha sampingan).

Baca Juga:

Setelah menentukan tujuan maka langkah selanjutnya adalah menulis tujuan itu disuatu kertas yang berisi poin-poin nya, seperti contohnya di bawah ini.

resolusi akhir tahun

Resolusi akhir tahun

Langkah selanjutnya adalah menempelkannya di belakang pintu kamar tidur atau kamar mandi sehingga setidaknya akan dilihat satu kali sehari dan akan diingat terus.Jika memungkinkan taruh di tempat yang bisa dilihat ketika sedang (maaf) buang air besar, karena akan masuk ke alam bawah sadar kita. Tiap bulannya perlu di cek apakah tujuan tersebut on-track dan usaha apa yang dapat kita lakukan/ubah ketika tidak on-track. Silakan dicoba dan saya tunggu tujuannya tercapai tahun depan.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *