Rahasia Sukses Jual Unit Link

Para pakar asuransi menyebutkan jenis asuransi unit link beberapa tahun belakangan ini memang sedang naik daun. Dia banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan keuangan lantaran memiliki keunggulan, yakni menyediakan fungsi proteksi dan fungsi investasi sekaligus. Dua fungsi sekaligus ini tentu saja merupakan hal yang menarik bagi para nasabah karena mereka dimudahkan, serta mendapatkan kepraktisan dalam hal-hal tertentu.

Baca: Untung Rugi Beli Unit Link

Nah, pada artikel ini kami akan membagikan beberapa hal kepada anda soal bagaimana menjual asuransi unit link. Artikel ini tentu saja akan sangat berguna bagi anda yang bekerja dalam bidang penjualan produk keuangan. Kendati demikian, bagi anda yang berada di luar hal tersebut, rahasia sukses menjual unit link ini bisa anda jadikan referensi untuk melakukan banyak hal lain yang memiliki kemiripan dalam berbagai segi.

Kita tentu sepakat bahwa menjual asuransi itu tidaklah mudah. Bisa dikatakan ini adalah pekerjaan yang cukup berat, dan ketika ada seseorang yang bisa menjual asuransi dengan baik, banyak orang meyakini bahwa dirinya adalah orang yang punya kemampuan lebih dibanding penjual yang lain. Bagaimana tidak, ketika menjual asuransi pasti penjual akan mendapatkan berbagai macam kata-kata negatif dari calon nasabah, entah itu berupa sangsi, tuduhan, atau bahkan hinaan. Tentu kita percaya penjual asuransi harus memiliki mental baja yang tahan menghadapi kondisi apapun. Untuk melancarkan proses penjualant tersebut, apa saja yang perlu kita ketahui?

:: Posisikan Diri Anda Sebagai Teman

Bertindaklah sebagai teman, bukan sekadar penjual. | via www.britishcurlies.co.uk

Anda tentu tidak ingin membuat orang menjadi il-feel (hilang feeling) ketika anda baru pertama kali datang kepada seseorang dan langsung mencecarnya dengan penawaran-penawaran dari produk asuransi yang anda jual. Alih-alih mendapatkan nasabah, anda justru berpotensi menerima penolakan dan pandangan yang negatif dari orang lain tentang diri anda.

Sebagai awalan, jadikan diri anda sebagai teman baik atau partner yang siap membantu ketika mereka membutuhkan. Jalinlah hubungan pertemanan yang baik, binalah dengan perhatian dan obrolan-obrolan ringan yang mengakrabkan. Menurut mereka yang sudah makan manis asin pahitnya dunia penjualan, para calon nasabah akan merasa lebih tertarik untuk berbicara kepada mereka yang jadi teman, daripada mereka yang tiba-tiba datang menawarkan produk asuransi.

:: Ubah Pola Pikir: dari Menjual ke Menawarkan Bantuan

Dari sisi industri keuangan memang benar bahwa yang harus kita lakukan adalah menjual produk asuransi. Namun kita harus kritis dan tanggap terhadap situasi. Situasi yang kita bangun sekarang adalah kita menjadi teman, bukanlah seorang nasabah. Maka selayaknya yang dilakukan seorang teman adalah mengetahui permasalahan-permasalahan mereka dan menawarkan bantuan.

Inilah poin pentingnya, kita bukanlah sekadar menjual produk asuransi unit link saja, tetapi kita menawarkan bantuan kepada mereka atas masalah atau potensi masalah keuangan yang mereka hadapi. Menawarkan bantuan ini akan memberi kesan yang berbeda dari menodong mereka dengan sejumlah produk asuransi. Selain mereka akan merasa senang karena ada orang yang mau menawarkan bantuan dari masalah yang mereka hadapi, anda sendiri tidak akan menjadi terlalu down ketika mereka menolak bantuan. Tetaplah jalin hubungan baik sambil terus mencari mereka yang mau menerima penawaran bantuan kita.

:: Komunikasikan Nilai Lebih dari Kita

Anda harus punya nilai lebih yang membedakan diri anda. | via cameracourses.ca

Ini adalah hal yang sangat penting. Kita tentu pernah mendengar istilah: “Jika ingin didengar, bicaralah! Jika ingin dilihat, berdirilah!” Di antara puluhan atau bahkan hingga ratusan agen asuransi yang ada, kita harus terlihat berbeda di antara mereka. Berbeda tidak harus selalu berarti ekstrim atau nyeleneh bila dibandingkan yang lain, kita hanya perlu memiliki sebuah keunggulan yang jarang dimiliki oleh agen asuransi lain.

Misalnya, kita berkomitmen untuk bisa dihubungi “24 jam sehari” (kecuali waktu-waktu pribadi seperti tidur, misalnya). Hal ini akan menenangkan mereka yang jadi target prospek anda. Atau misalnya anda memanfaatkan sejumlah akun media sosial, baik blog, twitter, ataupun facebook untuk tetap keep in touch dengan mereka. Selain guna berkomunikasi dengan nasabah, penggunaan akun jejaring sosial akan membuat anda lebih dikenal oleh relasi atau jaringan pertemanan dari nasabah anda.

:: Teruslah Perbaharui Pengetahuan Anda

Orang seringkali menanyakan, “Apa antivirus paling baik?” Jawaban pun beragam bermunculan, tetapi ada satu yang menarik: “Antivirus yang terbaik adalah antivirus yang rutin di-update.” Begitu juga dengan kita yang bekerja dalam bidang apapun. Mutlak pengetahuan kita harus selalu diperbaharui, jangan sampai kita merasa berhenti dan cukup mengetahui hingga titik tertentu saja. Apalagi saat ini informasi bergerak sangat cepat, ribuan kilo byte data bersliweran di dunia maya setiap detiknya. Kemalasan untuk mengupdate pengetahuan adalah bencana paling besar bagi kita di era seperti ini.

Updating pengetahuan itu bisa anda lakukan melalui beragam cara, jangan khawatir. Cara paling mudah adalah mengeluarkan gawai anda dan mulai browsing soal informasi terbaru lewat media, baik umum maupun media khusus membahas topik tertentu, misalnya, ekonomi. Atau bila ada dana untuk investasi, anda bisa membeli buku atau datang ke seminar-seminar yang diselenggarakan. Bukan semata pengetahuan, tetapi anda juga berpeluang memperluas jaringan anda.

:: Pahami Luar Dalam Produk Unit Link yang Anda Tawarkan

Ibaratkan produk dengan bumi, anda harus tahu dari ujung atas sampai ujung bawahnya. | via ta-rex.blogspot.com

Karena anda sudah memutuskan untuk menawarkan bantuan, maka satu hal penting adalah anda tahu dengan baik, lengkap, luar hingga dalam, soal bantuan yang anda tawarkan tersebut. Jangan sampai kita mengetahui masalah yang ada pada calon nasabah (tentu saja masalahnya berbeda-beda) tetapi hanya mengetahui satu jenis cara penyelesaian saja. Artinya kita harus tahu produk ini dibuat untuk melakukan proteksi ini dan itu, sekaligus investasi ini dan itu, kedua fungsi ini baik untuk menyelesaikan persoalan yang dialami calon nasabah, dan sebagainya.

Ketika kita mengetahui dengan baik produk yang kita tawarkan, kita akan bisa dengan jelas dan tegas menjawab setiap pertanyaan yang diajukan prospek. Buatlah jawaban kita mantap dan percaya diri, tentu dengan dilandasi pengetahuan yang utuh, agar mereka tidak punya keraguan terhadap kita. Hal penting yang harus kita kuasai adalah soal cara klaim asuransi. Ini adalah pertanyaan paling sering ditanyakan. Pastikan anda meyakinkan mereka bahwa klaim pasti bisa dibayarkan dan diurus dengan proses yang sederhana dan jauh dari kata ‘ribet.’

Ketika anda mengenal dengan baik produk anda, anda akan bisa menjelaskan dengan detil soal apa saja yang harus mereka persiapkan untuk klaim asuransi, terutama dokumen-dokumen. Pengetahuan anda yang baik itu akan meyakinkan mereka untuk menggunakan jasa ini. Tentu saja mereka akan sangat terbantu ketika anda menyediakan website khusus atau telah memiliki template pesan yang berisikan informasi apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengajukan klaim.

Karena ini adalah asuransi unit link, maka pastikan juga anda mengetahui seluk beluk fungsi investasi yang akan mereka dapatkan dengan membeli produk ini. Misalnya, kita tentu tahu bahwa jenis investasi yang ditawarkan itu bisa dipilih oleh mereka sendiri. Termasuk juga cara menghitung, misalnya, baru bisa disisihkan untuk investasi sebesar berapa persen dari premi pada jangka waktu yang sekian tahun, dan sebagainya.

:: Pelajari Prinsip “Snow Ball”

Di dalam kerja penelitian sosial ataupun pelaporan jurnalistik kita mengenal istilah ini untuk menemukan narasumber yang tepat berdasarkan referensi dari narasumber sebelumnya. Kita bisa menerapkan itu pula untuk mensukseskan tugas kita menjual produk unit link. Kita perlu memperlakukan teman kita itu dengan baik, dan kita meminta mereka untuk memberikan nama-nama lain yang barangkali bisa kita jadikan klien berikutnya. Caranya sederhana, mintalah mereka untuk menceritakan kepada rekan-rekannya soal kredibilitas anda dan perusahaan anda.

Hal ini penting dalam urusan penjualan, karena berdasarkan sisi psikologisnya memang orang akan lebih percaya dan yakin untuk menggunakan produk ketika ada teman yang merekomendasikan hal tersebut kepada anda. Sebaliknya, membeli produk dari orang asing adalah hal yang jarang dilakukan karena khawatir terjadi sesuatu yang tidak diharapkan terjadi.

Jadi, marilah kita kembali kepada judul kita, apa rahasia untuk sukses menjual asuransi unit link? Pertanyaan itu akan sulit untuk kita jawab, karena tips-tips yang sudah anda baca di atas bukanlah lagi rahasia. Namun bila dipaksa menjawab, barangkali rahasia yang lebih penting adalah tekad yang besar untuk pantang menyerah. Maka jadikanlah ini sebagai tambahan referensi atau sumber inspirasi anda untuk bekerja lebih keras dan lebih giat lagi. Mari bergerak.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *