Prospek Bisnis Fotografi

Sejak kamera DSLR marak dimiliki oleh kalangan muda menjelang tahun 2008, bisnis fotografi menjadi ladang bisnis yang sangat diminati hingga sekarang. Diyakini bahwa seiring berkembangnya teknologi dan dunia periklanan, bisnis fotografi ini masih akan menjadi ladang yang menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan. Perkembangan tersebut membuat begitu banyak orang dengan kemampuan fotografi yang belum mumpuni sudah begitu berani untuk menawarkan jasa fotografinya.

Sempat dikhawatirkan fenomena ini akan membuat fotografer kawakan kehilangan pelanggan karena para pemula tadi menawarkan jasa dengan harga yang lebih rendah. Namun hal itu tidak terjadi, karena bagaimanapun juga bisnis ini memiliki pasar yang begitu luas dengan segmentasi yang beragam.

Pada artikel kali ini kami akan menulis khusus untuk anda mengenai bagaimana prospek bisnis fotografi, dilihat dari peluang-peluang yang ada dan apa saja usaha yang dapat anda lakukan untuk menjadi pemenang di setiap peluang tersebut.

Peluang bisnis fotografi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Wedding Photography

Peluang ini adalah peluang yang sangat-sangat terbuka bagi anda. Mengapa? Selain karena memang sedang menjadi tren, setiap pasangan tentu saja menginginkan kualitas yang terbaik untuk mengenang momen sakral dan indah dalam hidup mereka. Bagi anda yang pemula dalam bisnis fotografi, peluang ini sekaligus menjadi jalan bagi anda untuk menambah portofolio dan jam terbang.

Wedding photography biasanya tidak hanya sebatas pada hari H pernikahan saja. Anda tidak hanya memotret ketika pengantin sedang dirias, pengantin meresmikan hubungan di tempat ibadah, pengantin menjalani upacara adat, dan ketika resepsi dilakukan. Anda juga bisa membuka peluang untuk pre-wedding photography juga. Nah, untuk peluang yang satu ini anda perlu memiliki stok ide yang berlimpah ruah untuk disampaikan kepada calon klien anda. Klien tentu saja memiliki keinginan mengenai konsep foto apa yang akan mereka pilih, tetapi anda bisa saja memiliki ide yang begitu banyak untuk ditawarkan kepada mereka. Mungkin bukan tentang konsep, tetapi bisa juga angle, warna pakaian, gaya, dan sebagainya.

Selain itu, tawarkan juga jasa anda untuk memotret ketika pengantin sudah memasuki masa kehamilan. Sekarang memang sedang tren ibu hamil tua yang dipotret, entah bersama suami atau sendirian. Tujuannya tentu sama, manusia ingin membekukan momen indah yang mereka lewati.

Fotografi Komersil

Anda juga bisa mengambil peluang untuk menawarkan jasa anda kepada para pemilik produk ataupun kepada agensi iklan yang membutuhkan karya fotografi. Iklan suatu produk ini biasanya mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, itulah mengapa peluang ini masih begitu besar bagi anda. Anda bisa saja diminta untuk memotret produk ataupun memotret model iklan atas suatu produk. Peralatan yang perlu anda siapkan tentu saja peralatan standar di studio foto. Lebih dari itu, anda harus memahami betul soal pencahayaan dan sudut pengambilan gambar. Untuk karya yang menggunakan model manusia, anda perlu memahami juga bagaimana cara berkomunikasi dengan baik ketika mengarahkan model untuk melakukan gaya tertentu.

Jurnalis Foto

Paham ?o picture = hoax?tampaknya juga mulai merasuk ke dalam alam pemikiran para pengguna media sosial ataupun media massa. Seringkali ada berita yang menarik sekali, tetapi bukan untuk dituliskan melainkan untuk diambil gambarnya. Padahal setiap perusahaan media massa, terutama yang cetak, pasti mengalami keterbatasan dalam menugaskan jurnalis fotonya untuk datang ke mana-mana. Anda sebagai orang yang memiliki kamera dan menguasai teknik fotografi jurnalistik barangkali bisa menawarkan diri untuk menjadi jurnalis foto. Berdasarkan nasihat dari jurnalis foto kawakan di Indonesia, ada tiga hal yang perlu anda kuasai ketika memutuskan untuk terjun dalam fotografi jurnalistik: angle, momen, dan komposisi. Anda jangan sampai kehilangan momen, karena sebuah kejadian bisa saja berlangsung sangat cepat. Sedangkan pemilihan angle dan komposisi gambar yang bagus akan membuat foto anda menjadi lebih bermakna. Karakter ini tentu saja berbeda dengan yang dilakukan oleh fotografer yang memotret produk ataupun model.

Jual-Beli Kamera Bekas

Selain menawarkan jasa fotografi pada berbagai kesempatan, anda juga bisa mengambil peluang bisnis fotografi dengan membangun lapak kamera bekas. Beberapa penjual kamera bekas menuturkan mengalami pemasukan yang luar biasa karena peminat kamera digital, terutama DSLR, ini masih sangat tinggi. Anda bisa menjual mulai dari bodi kamera, lensa, tas kamera, tripot, hingga asesoris lain yang biasanya dibutuhkan. Untuk memulai bisnis jual-beli kamera bekas, wajib hukumnya anda mengerti betul tentang seluk beluk komponen pada kamera dan lensa untuk menentukan harganya. Pada bodi kamera, anda harus mengetahui komponen apa yang biasanya rusak atau berpotensi paling cepat rusak karena ada masa pakainya. Yang paling sering digunakan sebagai patokan harga adalah shutter count sebuah kamera. Makin banyak jumlahnya, makin besar potensi dia untuk minta diganti, maka makin rendahlah harganya. Sedangkan untuk lensa, anda biasanya perlu memerhatikan kondisi karet di sekitar lensa, kualitas kaca, hingga keberadaan jamur yang seringkali memengaruhi kualitas sebuah lensa ketika digunakan untuk melakukan pemotretan.

Servis Kamera

Biasanya peluang bisnis servis kamera diambil bebarengan dengan jual-beli kamera bekas. Tentu saja syarat utamanya adalah anda mengerti dengan detil tiap komponen kamera, mampu untuk membongkar dan merakitnya, serta memiliki link kepada penyedia komponen-komponen kamera tersebut. Peluang ini sangat besar karena pembelian kamera, baik baru maupun bekas, saat ini masih cenderung tinggi, sedangkan alat elektronik pasti akan mengalami kerusakan. Sekecil apapun, dipakai ataupun tidak dipakai, alat elektronik pasti akan rusak. Ceruk bisnis inilah yang bisa anda gunakan untuk membuka jasa servis kamera. Selain itu, keuntungan yang anda dapatkan adalah anda bisa berani membeli kamera digital yang sudah rusak untuk menyelamatkan komponen-komponen yang masih bisa digunakan. Tentu ini sangat membantu anda untuk mengembangkan keterampilan dan bisa jadi memiliki peluang bisnis lain.

Itu tadi peluang bisnis fotografi yang bisa anda kembangkan untuk diri anda. Lantas, apa saja yang perlu anda lakukan untuk dapat menyabet peluang tersebut dengan maksimal?

Bergabung dalam Forum Fotografi di Online

Sebenarnya anda tidak hanya perlu mengikuti forum fotografi yang online saja, tetapi juga memanfaatkan kesempatan-kesempatan ?opi darat?bersama dengan penggiat fotografi yang lain. Maksud dari forum online adalah untuk memudahkan anda berkomunikasi dengan fotografer lain yang tidak berada di kota yang sama dengan anda. Selain untuk menambah ilmu fotografi anda melalui diskusi-diskusi yang dilakukan, mengikuti forum fotografi akan menambah jaringan anda dalam bisnis ini. Jaringan ini akan menjadi modal yang sangat berguna untuk anda ketika sudah terjun dalam bisnis fotografi. Seringkali seorang fotografer akan membutuhkan bantuan untuk menjalankan proyek-proyek besar atau ketika ada proyek lain yang sayang untuk dilewatkan. Membina hubungan yang baik dengan fotografer lain akan meningkatkan peluang anda mendapatkan klien yang lebih beragam.

Mengikuti Kelas Fotografi

Kalau anda merasa memiliki kemampuan yang terbatas, perlu dikembangkan lebih jauh, dan anda masih memiliki waktu beberapa jam dalam seminggu, anda bisa memutuskan untuk mengikuti kelas fotografi yang banyak diadakan di kota-kota besar. Ada beberapa kelompok yang mengadakan kelas gratis bagi yang ingin belajar fotografi. Sedangkan ada juga fotografer profesional yang mengadakan kelas dengan sistem berbayar, jadi anda diwajibkan membayar sejumlah uang untuk mendapatkan materi-materi pendidikan fotografi yang dia ajarkan. Selain itu anda juga bisa mencari informasi tentang seminar dan workshop fotografi yang biasanya diadakan di kampus-kampus perguruan tinggi.

Memperbanyak Jam Terbang

Layaknya bidang-bidang lain yang membutuhkan keahlian serta keterampilan, kualitas sebuah foto biasanya juga akan dipengaruhi oleh jam terbang dari si pembuat foto tersebut. Seorang fotografer besar di Indonesia pernah menyarankan kepada pemula untuk sering-seringlah memotret, sering-seringlah melihat foto bagus yang dihasilkan oleh fotografer profesional, sering-seringlah minta kritik kepada fotografer dalam forum, dan sebagainya. Dengan sering memotret, lambat laun kemampuan dan kepekaan anda dalam fotografi akan semakin terasah. Bakat dalam seni fotografi memang ada, tetapi kita pastinya yakin kalau usaha dan konsistensilah yang benar-benar menentukan keberhasilan kita.

Rencanakan Upgrade Peralatan

Anda pernah mendengar ungkapan ?an behind the gun? Dalam beberapa kondisi, ungkapan itu memang betul-betul menemukan maknanya. Sebuah kamera DSLR yang sama, digunakan memotret oleh fotografer profesional dan orang yang pertama kali memegang kamera, pasti akan menghasilkan gambar yang berbeda. Namun bagaimanapun juga, kualitas sebuah gambar akan dipengaruhi juga oleh kualitas kamera yang buruk. Maka ketika bisnis fotografi anda sudah berjalan, rencanakan untuk mengupgrade peralatan kamera anda. Kombinasi jam terbang tinggi dan peralatan kamera yang berkualitas tentu adalah nilai tambah yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mengorbankan salah satunya saja.

Nah, itu tadi uraian prospek bisnis fotografi yang bisa kami bagikan untuk anda. Sudahkah anda makin mantap untuk terjun dalam bisnis ini? Salam jepret!

Artikel Terkait