Prosedur Klaim Asuransi

Pemerintah mulai menanggap serius kesehatan warganya dengan menerbitkan Kartu BPJS. Penggunaan kartu ini tidak hanya diperuntukan untuk masyarakat kecil saja tetapi juga masyarakat pada umumnya. Tetapi tentu saja anda yang punya kelebihan uang harus membayar preminya. Kesehatan merupakan hal yang mahal. Ketika anda sakit semua aspek di keluarga anda pasti terkena imbasnya. Selain psikis mengenai rasa khawatir yang dialami keluarga anda, pengeluaran biaya untuk biaya berobat apalagi jika masuk rumah sakit bukanlah hal yang ringan.

klaim general

Asuransi

Nah disinilah peran kartu sakti ini muncul. Masalah finansial anda dapat sedikit lebih ringan. Ya walaupun sebenarnya menggunakan asuransi seperti menabung biaya untuk perawatan ketika anda sakit. Tapi, sebenarnya asuransi tidak hanya diperuntukkan untuk biaya kesehatan saja. Banyak sekali jenis-jenis asuransi yang diterbitkan oleh para perusahaan dibidangnya. Anda bisa menemukan produk asuransi dibidang pendidikan, bidang keamanan (klaim mengenai kehilangan) yang cocok untuk bisnis dan property anda dan juga asuransi jiwa. Asuransi yang terakhir merupakan jenis asuransi yang sebenarnya merupakan tabungan untuk keluarga anda. Kenapa? Karena jenis asuransi ini merupakan jenis asuransi yang klaimnya akan cair ketika anda telah meninggal.

Asuransi jenis ini melindungi keluarga anda secara finansial apabila anda meninggal secara mendadak. Yang tentu saja apabila itu terjadi keluarga anda kalang kabut. Sekolah anak dan biaya makan sehari-hari pun akan sulit terpenuhi. Pendaftaran asuransi pun tidak boleh sembrono. Anda harus jeli memilih mana asuransi jiwa yang menguntungan dan tidak membebankan anda. Pemilihan premi yang dapat anda tanggung perbulannya pun harus menjadi pertimbangan. Karena tidak lucu bukan bila anda ikut asuransi jiwa tapi makan tiap harinya kesulitan. Melakukan pendaftaran asuransi jiwa juga tidak boleh dilakukan tanpa pemberitahuan sanak saudara.

Paling tidak jika anda mendaftar asuransi jiwa keluarga anda harus ada yang diberitahu salah satu. Karena banyak kasus klaim asuransi tidak bisa cair karena pihak keluarga baru menemukan dokumen asuransi setelah beberapa lama si mendiang wafat. Bukankah akan menjadi kerugian bagi anda.

Ketika semasa hidup orang yang anda cintai akan hidup kesulitan padahal anda telah mempersiapkan kebutuhan finansial jauh-jauh hari sebelum anda meninggal. Persiapan klaim pun tidak bisa dilakukan apabila tenggat waktu pemberitahuan kematian melebihi perjanjian. Prosedur dari klaim asuransi jiwa sendiri sebenarnya sangat mudah yaitu:

1. Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu surat-surat yang berkaitan dengan tertanggung seperti:

a. Polis asuransi asli

b. Surat keterangan berisi penyebab kematian yang ditandatangani oleh dokter yang bersangkutan

c. Surat Keterangan Kematian oleh Pamong Praja

d. Surat Keterangan Pemakaman yang dikeluarkan oleh Dinas Pemakaman Setempat

e. Apabila korban yang meninggal dirujuk terlebih dahulu ke rumah sakit harap melampirkan juga Surat Keterangan Pemeriksaan Mayat

2. Setelah anda mempersiapkan surat-surat yang diperlukan anda bisa langsung ke kantor asuransi dan kemudian petugas akan mmberikan formulir klaim yang harus ahli waris isi selengkap-lengkapnya.

3. Setelah formulir dan berkas penunjang diserahkan, pihak asuransi akan melakukan verifikasi atas data tersebut.

4. Apabila data yang diajukan telah benar, pihak asuransi akan mencairkan asuransi kepada ahli waris yang berhak.

5. Proses klaim dari asuransi kebanyakan membutuhkan waktu yang lama karena pihak asuransi akan sangat berhati-hati dalam memverifikasi data tersebut sehingga anda diharapkan bersabar.

Mudah bukan? Asuransi adalah investasi jangka panjang yang tidak hanya berguna untuk anda dan keluarga. Tidakkah anda tertarik untuk memulainya sekarang?

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *