Poin-Poin Ini Wajib Ada Di CV

Dalam melamar pekerjaan CV merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa  disepelekan. Sebagian besar perusahaan menganggap  CV penting untuk penilaian terhadap jati diri seorang pelamar. Apakah pelamar tersebut layak diterima ataukah tidak? Untuk itu dalam penulisan CV haruslah jelas, lengkap, dan memiliki penulisan yang rapi. Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan gambaran tentang diri anda yang sesungguhnya. CV adalah langkah awal anda memperkenalkan diri selain melalui wawancara kerja.

Poin CV

CV yang menarik dan efektif akan meningkatkan kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan. CV merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh perusahaan guna mengetahui data diri dari pelamar. Dalam membuat sebuah CV haruslah memperhatikan poin-poin yang wajib ada didalamnya. Berikut ini poin penting yang harus ada dalam CV yang anda buat:

Sumber:http://careernews.id

Sumber:http://careernews.id

1. Data Pribadi

Data pribadi berisikan nama, alamat, jenis kelamin, nomor telepon, email, dan data diri lainnya. Pastikan dalam penulisan tersebut rapi dan tidak ada yang salah dalam penulisannya. Sebaiknya menggunakan alamat email dengan nama resmi, usahakan tidak menggunkan alamat email yang biasa digunakan untuk sosial media ataupun game yang biasanya terdengar santai. Pencantuman nomor telepon sangat penting supaya perusahaan yang anda lamar bisa langsung menghubungi anda jika diterima.

2. Pendidikan

Cantumkan pendidikan yang anda tempuh dengan lengkap, jika memiliki pendidikan non formal sebaiknya juga dicantumkan secara rapi dan usahakan tidak ada kesalahan dalam penulisan. Jika menempuh pendidikan nonformal sebaiknya sertakan sertifikat yang mendukung.

3. Pengalaman kerja

Pengalaman kerja merupakan bagian yang paling sering diamati oleh perusahaan. Pengalaman kerja yang anda miliki harus ditulis secara lengkap dan jelas mengenai posisi dan pekerjaan ditempat yang sebelumnya, karena pengalaman kerja akan menentukan apakah anda layak diterima atau tidak.

4. Kemampuan yang dimiliki

Dalam poin kemampuan yang dimiliki sebaiknya hindari penulisan ketrampilan yang klise seperti mampu berkomunikasi dengan baik, cepat belajar, dan hal klise lainnya. Yang perlu anda jelaskan adalah kemampuan yang anda miliki dari pengalaman kerja sebelumnya ataupun dari proses belajar yang pernah anda lakukan. Kemampuan yang bisa anda tulis untuk menambah nilai plus adalah kemampuan dalam menggunakan aplikasi komputer, kemampuan bahasa yang lebih dari satu dan sebagainya. Lebih baik lagi jika kemampuan yang anda tulis mampu menunjang posisi yang diinginkan.

5. Training

Memasukan training yang pernah diikuti akan memberikan gambaran wawasan yang telah dimiliki dan sejauh mana perkembangan diri anda. Jika memiliki training yang banyak lebih baik jangan dimasukkan semuanya, pilih yang sesuai dengan target perusahaan yang dituju dan juga yang relevan. Sertakan sertifikat yang anda peroleh dari hasil training tersebut, ini akan menyakinkan perusahaan bahwa anda orang cocok untuk dipilih.

Dari kelima poin diatas syarat utama dalam pembuatan CV adalah mudah dibaca dan rapi. Penampilan CV merupakan sesuatu yang akan menjadi kesan pertama dalam penilaian. Penulisan CV yang rapi akan memberikan gambaran seseorang tersebut teratur, tertib dan mampu bekerja sama. Pastikan dalam penulisan CV tidak ada tulisan yang salah, karena itu akan menggambarkan diri anda yang ceroboh dan tidak teliti. Gunakan format standar dengan spasi yang tidak terlalu rapat. Penyajian yang secara jelas dan ringkas namun lengkap akan membuat CV anda lebih efektif jika dibandingkan dengan CV yang panjang namun bertele-tele. Gunakan gaya bahasa yang formal dan kalimat sederhana dalam seluruh dokumen yang ditulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *