Pinjaman Modal Usaha Online

Pinjaman Modal Usaha Online –  Saat ini, pekerjaan adalah sesuatu yang cukup sulit untuk dicari. Jumlah lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja menjadi salah satu faktor utama kenapa hal ini bisa terjadi di Indonesia. Kondisi ini mau tidak mau akhirnya mendorong beberapa orang untuk memberanikan diri membuka usaha. Namun kembali lagi, membuka usaha tidaklah mudah dan tidak semua orang memiliki kemampuan yang mencukupi untuk melakukannya.

Pinjaman Modal Usaha Online

pinjaman modal usaha online

Sumber: www.pexels.com

Ada beberapa fenomena unik yang terjadi di lapangan. Di mana seseorang yang memiliki modal, dana atau secara finansial tercukupi tidak berminat untuk membuka usaha. Sebaliknya, ada juga orang-orang yang tidak memiliki modal tapi punya keinginan kuat untuk mandiri dengan membuka usaha. Dari dua kondisi ini, sekilas keduanya mempunyai akhir yang sama. Tapi faktanya, niat dan modal memiliki peran yang berbeda.

Baca Juga:

Meskipun modal sangat dibutuhkan dalam mendirikan usaha, tapi kenyataannya tanpa niat dan kesungguhan maka usaha anda tidak akan terealisasikan. Jadi sebelum mencari modal, akan lebih baik jika anda memantapkan hati dan melakukan segalanya dengan niat yang tulus. Segala sesuatu yang diniatkan baik tentu akan memberikan akhir yang baik pula.

Selain dibutuhkan untuk mendirikan usaha, faktanya modal juga dibutuhkan untuk mengembangkan usaha. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh pemilik usaha sebelum memutuskan untuk mengembangkan usahanya. Jika anda yakin akan prospek usaha anda, maka mengembangkan usaha bisa menjadi pilihan yang tepat. Sayangnya tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk memulai ekspoansi usaha.

Nah, untuk masalah modal sebenarnya bisa diselesaikan dengan cukup mudah. Saat ini sudah menjamur lembaga atau badan yang menyalurkan pinjaman modal usaha. Bahkan saat ini sudah ada pinjaman modal usaha online lho. Jenis pinjaman yang satu ini bisa dibilang sangat inovatif dan membantu masyarakat dari berbagai kalangan.

Kenapa Harus Pinjaman Modal Usaha Online?

Beberapa dari anda mungkin berpikir bahwa jenis pinjaman modal usaha online tidak berbeda jauh dari jenis-jenis pinjaman pada umumnya. Tapi mohon maaf, karena pemikiran anda kali ini kurang tepat. Apakah anda tahu, ada begitu banyak kelebihan yang dimiliki oleh jenis pinjaman ini?

Untuk semakin meyakinkan anda, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa anda harus mencoba pinjaman modal usaha online untuk usaha anda:

  1. Efisien Waktu

Kelebihan pertama yang dimiliki pinjaman modal usaha online adalah efisiensi waktu. Bayangkan saja, hanya dalam waktu 15 menit saja pinjaman anda sudah bisa cair. Meskipun tidak semua situs pinjaman modal usaha ini memberikan durasi waktu yang sama, tapi tetap saja mereka lebih cepat jika dibandingkan dengan pinjaman modal usaha biasa.

Efisiensi waktu ini bisa diperoleh tidak lain karena anda sebagai peminjam tidak perlu datang ke kantor untuk mengajukan pinjaman. Semua bisa dilakukan secara online tanpa harus tatap muka. Kecanggihan teknologi saat ini sangat berperan penting untuk meminjam modal usaha secara online.

  1. Tanpa Jaminan

Poin kedua yang menjadi kelebihan dari pinjaman modak usaha online adalah tanpa jaminan. Jika kenyataannya anda harus selalu menjaminkan sesuatu demi memperoleh pinjaman offline, maka dengan pinjaman online anda tidak perlu menyertakan jaminan. Meskipun tiap situs pinjaman memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku tapi hampir semua situs tidak meminta jaminan barang berharga untuk pinjaman yang diberikan.

  1. Jumlah Pinjaman Bervariasi

Anda mungkin berpikir bahwa pinjaman yang diberikan hanya sedikit, mengiingat begitu mudahnya meminjam secara online. Tapi faktanya, kisaran dana pinjaman yang bisa anda dapatkan cukup bervariasi mulai Rp. 50 ribu hingga ratusan juta. Variasi jumlah pinjaman ini tentu sangat memudahkan anda yang mungkin membutuhkan dana besar, kecil ataupun sedang untuk usaha yang anda geluti.

  1. Persyaratan Mudah

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pinjaman modal usaha online ini adalah persyaratan yang cukup mudah. Mayoritas situs peminjam membutuhkan dokumen-dokumen peminjaman seperti fotokopi KTP, slip gaji dan lain sebagainya. Beberapa persyaratan tambahan mungkin seperti proposal pengajuan pinjaman yang berisi tentang gambaran usaha anda secara keseluruhan.

Persyaratan ini biasanya diminta untuk beberapa situs dengan jumlah dana yang dipinjamkan berada di kisaran ratusan juta. Hal ini tentu wajar mengingat dana yang diberikan cukup besar, sehingga pihak peminjam ingin tahu bagaimana dan kemana dana yang dipinjamkan akan disalurkan.

Wah, ternyata ada cukup banyak kelebihan dari meminjam dana secara online ya. Apakah anda tertarik?

Situs Pinjaman Modal Usaha Online

Untuk anda yang tertarik memperoleh pinjaman modal usaha secara online, kini anda tidak perlu khawatir lagi. ini karena, di Indonesia sendiri sudah banyak sekali situs-situs pinjaman online yang bisa anda pilih. Banyaknya pilihan ini tentu membuat anda sebagai calon peminjam merasa lebih bersemangat untuk membuka dan mengembangkan usaha anda kan?

Simak deretan situs pinjaman modal usaha online berikut ini:

  1. KitaBisa.com

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan situs yang satu ini. Namun, kenyataannya banyak orang lebih mengenal KitaBisa sebagai situs crowdfunding pertama di Indonesia yang identik untuk menggalang dana sosial saja. Padahal selain misi mulia ini, KitaBisa juga dipergunakan untuk menggalang dana bagi usaha yang membutuhkan modal.

Benar, jadi situs KitaBisa tidak akan meminjamkan modal untuk usaha anda. Tapi KitaBisa akan  menjadi platform di mana anda bisa bertemu dengan orang-orang yang tertarik untuk mendanai usaha anda. Dalam sistem crowdfunding di KitaBisa, anda sebagai pemilik usaha harus mempromosikan usaha anda di internet untuk bisa menarik perhatian para pemilik dana.

Sebagai informasi tambahan saja, salah satu pendiri KitaBisa yaitu Muhammad Alfatih Timur pada tahun 2016 silam berhasil masuk ke dalam daftar “30 Under 30 Asia” versi majalah Forbes edisi Februari lho. Hebat ya???

  1. Wujudkan.com

Situs yang satu ini masih menggunakan sistem crowdfunding di mana anda akan memperoleh dana dari banyak orang yang berminat mendanai usaha anda. Proyek atau usaha yang dipromosikan di wujudkan.com ini disebut dengan nama kreasi dan banyak bergerak di bidang literasi, seni serta kuliner.

Salah satu proyek terbesar yang pernah didanai melalui wujudkan.com adalah film garapan Mira Lesmana yaitu Atambua 390. Film keren ini berhasil memperoleh dana sekitar Rp. 312 juta lho. Padahal target awalnya, Mira dkk hanya berharap bisa memperoleh dana sekitar Rp. 300 juta.  Anda berminat memperoleh dana melalui Wujudkan.com?

  1. Gandengtangan.org

Sama seperti KitaBisa dan Wujudkan, Gandengtangan juga menggunakan sistem crowdfunding yang sangat cocok untuk anda yang ingin memperoleh pinjaman tanpa riba. Tapi perlu digarisbawahi, bahwa usaha yang bisa didanai melalui Gandengtangan adalah usaha yang bergerak di bidang kewirausahaan sosial atau setidaknya usaha anda memilliki dampak sosial.

Besarnya jumlah pinjaman yang bisa anda peroleh adalah mulai Rp. 50 ribu. Meskipun menggunakan sistem crowdfunding, ada beberapa tahapan yang harus anda lalui sebelum bisa memperoleh modal dari situs ini. Beberapa tahapan tersebut adalah uji kelayakan, sistem verifikasi, mengajukan usaha, kesepakatan antara peminjam dan pendana serta mekanisme cara bayar angsuran.

  1. Modalku.co.id

Nah, situs yang satu ini bukan lagi situs yang menggunakan sistem cowdfunding. Modalku.co.id ternyata menggunakan sistem crowdlending atau peminjaman dana. Jadi jika anda meminjam dana melalui modalku.co.id, maka anda harus mengembalikan pinjaman dengan mengangsur tiap bulannya. Situs ini bisa dibilang sangat cocok untuk UKM-UKM yang sedang mencari modal. Hal ini karena modalku.co.id memang didirikan untuk memberdayakan UKM lokal agar semakin berkembang.

Situs ini akan menjembatani anda sebagai peminjam yang membutuhkan dana dan pemberi pinjaman yang ingin menginvestasikan dananya. Selain transparan dan mampu memberikan modal mulai Rp. 50 juta hingga Rp. 500 juta, bunga pinjamannya di situs ini juga cukup terjangkau dengan biaya administrasi 3%. Sayangnya modalku.co.id hanya tersedia untuk usaha yang berdomisili di Jabodetabek saja.

Beberapa syarat untuk bisa meminjam di situs ini adalah WNI (usia 21-60 tahun), usaha berbadan hukum (PT, CV atau perorangan), omzet usaha minimal 20 juta per bulan dan usaha harus sudah beroperasi setidaknya setahun.

  1. Mekar.id

Situs yang didirikan tahun 2010 ini juga merupakan platform yang menghubungkan anda sebagai pemilik UKM yang membutuhkan modal dengan para investor. Namun karena peminjaman secara online seperti ini memiliki resiko tersendiri, maka proses seleksi untuk memperoleh modal melalui Mekar.id cukup ketat.

Jika anda adalah calon investor, maka anda harus memiliki performa finansial yang kuat dan memiliki presentasi non performing loan kurang dari 3%. Kemudian untuk pihak peminjam, anda harus mampu memanfaatkan dana pinjaman dengan tepat dan harus mamppu membayar angsurannya. Total modal yang bisa anda dapatkan dari Mekar.id adalah Rp. 20 juta hingga Rp. 200 juta.

  1. Uangteman.com

Uangteman.com adalah penyedia layanan pinjaman jangka pendek online yang pertama di Indonesia. Situs ini cocok untuk anda yang ingin meminjam uang tanpa jaminan. Karena merupakan pinjaman jangka pendek, maka total pinjaman yang bisa anda peroleh maksimal Rp. 3 juta saja. Jangka waktu pengembaliannya pun hanya sampai 30 hari sejak peminjaman. Proses pengajuan pinjaman di Uangteman.com juga sangat cepat yaitu hanya sekitar 15 menit saja.

Pembayaran angsuran hanya dilakukan sekali saat jatuh tempo dan jika anda mengembalikan pinjaman lewat tanggal jatuh tempo, maka anda akan dibebani dengan biaya tambahan. Beberapa persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman di situs ini adalah :

  • WNI usia 20 tahun hingga 65 tahun
  • Domisili hanya Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Klaten, Magelang, Surabaya, Bali dan Makasar
  • Penghasilan minimal Rp 2 juta sampai Rp. 2,3 juta
  • Dokumen KTP, slip gaji dan foto pribadi
  • Memiliki email dan rekening tabungan atas nama nasabah
  1. Drrupiah.com

Drrupiah.com bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin memperoleh pinjaman jangka pendek. Pinjaman yang anda ajukan bisa cair dalam waktu kurang dari 24 jam. Hanya saja, anda perlu tahu bahwa target pasar Drrupiah adalah pekerja atau karyawan.

Target pasar ini dibatasi karena untuk memangkas resiko pinjaman tak kembali. Dengan meminjamkan dana pada pekerja maka setidaknya ada jaminan bahwa pengembalian uang bisa dilakukan oleh peminjam. Total pinjaman yang bisa anda peroleh dari Drrupiah adalah Rp. 2 juta dengan jangka waktu 30 hari saja.

  1. Cekaja.com

Meskipun dikenal sebagai aplikasi dan situs untuk membantu mengatur keuangan anda. Namun Cekaja.com juga bisa memberikan bantuan pinjaman secara online lho. Situs ini akan memberikan sebuah fasilitas pembiayaan kepada pemilik usaha mikro dan rumah tangga. Tidak hanya perusahaan, atau kelompok usaha, tapi anda yang memiliki usaha perorangan seperti peternak atau pedagang juga bisa mengajukan pinjaman. Total pinjaman yang bisa diberikan adalah Rp. 50 juta.

Untuk bisa memperoleh pinjaman dari Cekaja.com, anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut

  • WNI usia 21 tahun hingga 65 tahun dan berdomisili di Indonesia
  • Usaha minimum sudah beusia 2 tahun di lokasi yang sama
  • RIwayat kredit bersih dan lancar
  1. Credy.co.id

Anda membutuhkan pinjaman dalam jumlah kecil? Credy.co.id sepertinya bisa menjadi solusinya. Situs ini menyediakan pinjaman mulai Rp. 500 ribu hingga Rp. 2 juta. Sebagai penyedia pinjaman jangka pendek, tentu jangka waktu peminjaman di situs ini hanya 30 hari saja. Tapi anda tidak perlu khawatir karena proses pengajuan pinjaman sangat cepat. Anda hanya perlu waktu 15 menit saja untuk melakukan pengajuan pinjaman.

Jika pinjaman anda diterima, maka uang akan langsung ditransfer ke rekening anda. Kabar baiknya, situs ini tidak membebani anda dengan biaya tambahan. Jadi jika anda meminjam Rp. 1 juta, maka 30 hari kemudian anda hanya perlu mengembalikan pinjaman sebesar Rp. 1 juta saja. Selain menyediakan pinjaman jangka pendek, situs ini juga membuka sistem perkreditan seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat).

  1. Duitpintar.com

Situs yang satu ini cocok untuk anda yang sedang membutuhkan modal tanpa agunan. Modal atau dana maksimal yang bisa dipinjamkan oleh Duitpintar.com adalah Rp. 100 juta dengan jangka waktu peminjaman maksimal 12 bulan. Secara keseluruhan, Duitpintar.com memiliki layanan kredit lain berupa, kredit multiguna, kredit kendaraan bermotor dan kredit kepemilikan rumah dengan dana maksimal Rp. 300 juta dengan bunga 0.98%.

  1. Taralite.com

Situs peminjaman modal selanjutnya adalah Taralite.com. Di mana situs ini memberikan layanan kredit modal pada pelaku usaha yang berhasil mengembangkan usahanya. Hingga saat ini, Taralite telah bekerja sama dengan berbagai pelaku C2C marketplace di Indonesia. Namun sayangnya bunga yang ditawarkan oleh Taralite cukup besar yaitu sekitar 0.995 hingga 1.59%.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa anda peroleh dari Kredit Usaha dari Taralite:

  • Proses pengajuan pinjaman relatif cepat yaitu maksimal 5 hari kerja
  • Penggunaan modal pinjaman bebas sesuai dengan keinginan anda
  • Selama masa kontrak kredit maka suku bunga tetap
  • Variasi tenor cicilan mulai dari 3, 6 hingga 12 bulan
  • Metode pembayaran juga bervariasi mulai mingguan, 2 mingguan atau bulanan

Untuk bisa memperoleh pinjaman dari Taralite, anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut

  • WNI usia 18 tahun hingga 56 tahun
  • Memiliki KTP dan rekening bank (BRI, BCA, atau Bank Mandiri)
  • Fitur internet banking bank aktif dan token
  • Usaha minimal berusia 6 bulan

Jika persyaratan di atas sudah dipenuhi maka anda bisa memulai proses pengajuan pinjaman di Taralite. Langkah pertama adalah mengisi formulir pengajuan pinjaman dan meng-upload dokumen persyaratan pinjaman. Kemudian proses verifikasi akan dilakukan Taralite terhadap anda sebagai calon peminjam. Jika lolos verifikasi maka penandatangan kontrak dilakukan dan dana akan ditransfer ke rekening anda.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali pilihan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha online kan? Ayo pilih situs peminjaman modal mana yang sesuai dengan kebutuhan anda, dan mulai kembangkan usaha anda. Sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu situs, kembali ingat untuk mempertimbangkan kebutuhan modal anda, persyaratan pinjaman hingga masalah bunga dan tenor ya.. Semoga usaha anda semakin sukses!!

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *