Perusahaan Besar Gaji Besar VS Perusahaan Besar Gaji Kecil

Fresh graduate yang belum memiliki pengalaman dalam bekerja selalu ingin bekerja di perusahaan – perusahaan besar. Pemahaman anda perusahaan besar selalu memberii gaji yang besar. Tapi tahukah anda jika perusahaan besar juga memberi gaji kecil pada karyawannya. Bagaimana bisa demikian, kembali lagi ke peraturan perusahaannya masing – masing.

Perusahaan Besar Gaji Besar  VS Perusahaan Besar Gaji Kecil

Perusahaan asing yang ada di Indonesia maupun multinasional biasanya memberi gaji yang lebih besar dibandingkan perusahaan milik BUMN. Namun bisa juga sama – sama perusahaan multinasional dikedudukan yang sama namun gaji berbeda. Ingat, setiap perusahaan memliki kebijakan tersendiri atas gaji dan sebagainya. Anda tidak dapat mengatakan perusahaan A lebih baik karena memberii gaji lebih besar dan perusahaan B memberi gaji lebih kecil.

Sumber: http://blog.id.jobplanet.com/

Sumber: http://blog.id.jobplanet.com/

Bisa jadi perusahaan B memberii gaji kecil tetapi karyawan mndapatkan banyak tunjangan. Tunjangan kesehatan, tunjangan pendidikan anak –anak sekolah, tunjangan lauk pauk, tunjangan hari raya dan tunjangan hari tua misalnya. Sedangkan perusahaan A yang mendapat gaji besar hanya memiliki tunjangan kesehatan dan hari raya saja. Jika melihat dari gaji tanpa melihat hal yang lain dibalik itu seperti tunjangan rasanya kurang afdol. Jika ini dihadapkan pada anda perusahaan A dan perusahaan B seperti diatas dan disuruh memilih, mana yang akan anda pilih?

Bertanyalah ke kanan kiri anda atau searh di google tentang kedua perusahaan tersebut, apa yang akan anda dapatkan jika masuk diperusahaan A dan perusahaan B. ingat tidak semua perusahaan asing memiliki keuntungan yang sama. Tidak memiliki cara yang sama. Tidak memiliki usaha yang sama. Mungkin perusahaan A bergerak dibidang pertambangan dan perusahaan B dibidang otomotif. Jelas keduanya memiliki perbedaan bukan. Pertambangan atau otomotif? Mana yang lebih akan membuat anda cepat mengantongi uang yang banyak? Yup, pertambangan.

Industri otomotif juga memberiikan gaji yang besar kepada karyawan – karyawan mereka tapi tidak sebesar industri pertambangan. Perbedaan gaji ini bukanlah rahasia lagi dikalangan masyarakat karena memang cara kerja juga berbeda tingkat kesulitan pun berbeda. Faktor tempat bekerja juga mempengaruhi. Pertambangan selalu dilakukan ditempat yang jauh dari perkampungan dan terkesan menyendiri. Pertambangan memang bukan sesuatu yang dapat anda bangun seperti pabrik tetapi anda gali.

Tempatnya pun beragam ada didalam gunung ada pula yang berada didalam bumi. Tempat kerja yang jauh dan mungkin berpindah adalah resiko dari perusahaan besar semacam pertambangan. Ingat, pertambangan bukan sesuatu yang dapat untuk membuatnya tetapi alamlah yang membuatnya dan anda mengambilnya. Jadi semua yang dikerjakan dengan gaji besar yang didapatkan benar – benar tergantung dari alam dan keadaan lokasi saat itu.

Jika sejauh itu, maka anda juga akan jauh dari rumah. Bahkan anda bisa bekerja di pulau yang berbeda dengan keluarga anda. Gaji besar tetapi harus menyebrangi samudera untuk bertemu sanak keluarga mungkin juga harus dipertimbangkan lebih lagi. Kecuali anda memang ingin benar – benar segera mendapatkan banyak uang untuk membangun hidup anda. Ya anda benar, semua pekerjaan mempunyai resiko masing – masing. Jika anda bekerja diperusahaan otomotif yang serba kebalikan dari perusahaan tambang.

Perusahaan otomotif adalah perusahaan yang dibuat oleh manusia dan menciptakan sesuatu yang berguna dari manusia untuk manusia. Tempat didirikan pabrik ini biasanya tidak terlalu jauh dari kampung penduduk. Meski gajinya lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan tambang tetapi anda bisa bertemu keluarga lebih sering karena biaya jelas lebih sedikit. Semua kembali lagi pada anda, banyak perusahaan besar di Indonesia yang bisa memberiikan anda gaji yang anda inginkan dan pilihlah yang paling membuat anda nyaman. Kenyamanan anda bekerja membuat anda lebih bahagia dan terhindari dari stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *