Pertimbangan Membuka Usaha di Mall

Mall, apalagi dizaman seperti sekarang telah menjadi tren favorit bagi sebagian besar orang di dunia khususnya di negara kita Indonesia. Orang cenderung bangga bila belanja di tempat tersebut bila dibandingkan belanja di pasar rakyat biasa. Berbagai alasan pun diungkap. Dari mulai tempatnya yang bersih dan membuat pelanggan nyaman, brand-brand tertentu yang tersebar dan tentu saja apabila mampu memakainya akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk si pemakai.

Jika selama ini Anda menjadi seorang pelanggan dan menikmati berbagai fasilitas yang ada dari mulai belanja, makan atau sekedar jalan-jalan. Mungkin Anda juga pernah berfikir tentang bagaimana bila Anda membuka usaha sendiri di sebuah mall. Mall favorit Anda mungkin? Tapi apakah benar berjualan di mall akan membawa keberuntungan bagi Anda dan produk Anda?

Well, dari kelebihannya dengan keramaian yang ditawarkan oleh mall itu sendiri, jika produk Anda memang benar-benar bagus dan Anda mampu memasarkannya dengan baik, tentu produk Anda akan cepat disukai oleh banyak orang dan tentu saja namanya akan semakin besar dan besar apalagi jika dibumbui dengan nama mall tersebut dengan segala fasilitas yang ada. Tidak ada alasan bagi konsumen untuk kembali dan membeli produk Anda lagi.

Selain konsumen yang berdatangan ke tempat usaha Anda, sangat dimungkinkan juga Anda untuk mendapat clien baru yang ingin bekerja sama dan “numpang beken” dengan produk Anda. Misalnya. Atau bisa jadi karena hal lain dan tentu saja kerjasama yang ditawarkan tersebut haruslah menguntungkan bagi Anda. Makin banyak koneksi, makin baik untuk usaha Anda.

Dengan semakin banyaknya produk Anda dilihat orang, terutama pengunjung mall. Maka tidak menutup kemungkinan produk mengalami peningkatan permintaan yang berasal dari daerah yang berbeda. Dan hal tersebut memaksa Anda memperluas jaringan usaha Anda di mall lain atau mungkin di tempat-tempat lainnya.

Hmmm.. memang menggiurkan jika dilihat dari hal di atas. Tapi sebelum benar-benar tergiur dengan segala keungungannya, ada baiknya jika Anda juga memahami segala yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membuka usaha di mall.

Pertama tentu saja biaya sewa tempat di mall relatif tinggi. Mungkin pada awal Anda membuka usaha, keuntungan yang didapat dari usaha Anda apalagi jika usaha tersebut masih baru masih belum bisa menutup kerugian dari sewa tempatnya saja. Maka dari itu, jika tidak ada perencanaan yang matang terhadap seberapa banyak produk Anda akan terjual dalam beberapa waktu, sewa tempat di mall salah-salah malah akan membuat Anda rugi, atau bahkan bangkrut. Hm… mengerikan. So, sebelum buang-buang waktu dan tenaga, lebih baik pastikan dahulu apakah produk Anda tersebut memang sesuai dengan konsumen mall dan dapat memberikan perhitungan yang jelas, atau tidak?

Gaji karyawan yang bekerja di mall pun agaknya lebih tinggi dibanding karyawan yang bekerja di toko biasa. Pasalnya, ekspektasi dari karyawan tersebut pula akan lebih tinggi bila dipekerjakan di mall. Jadi, mungkin akan lebih sulit jika mengharapkan karyawan dengan tarif gaji yang sama dengan karyawan toko biasa atau bahkan dibawah. So, sudah siapkah Anda melatih dan menggaji karyawan untuk bekerja pada Anda sebagai penjaga toko Anda ?

Bagaimana dengan stok barang dagangan Anda? Apakah mudah diraih apabila permintaan meningkat di waktu-waktu tertentu? Bisakah Anda menyediakannya atau membuat konsumen kecewa dengan harus menunggu dan pada akhirnya barang dagangan Anda tidak ada? Perlu dipertimbangkan betul ya..

Oiya, selain harga sewanya yang mahal, sewa tempat di mall juga tidak bisa seenaknya keluar sebelum kontrak selesai. Jika usaha yang dibangun sepi dan malah merugi, dan berniat menghentikan usaha, beberapa mall atau mungkin hampir semua mall akan memberikan denda yang cukup besar apabila Anda memaksakan diri keluar dai mall tersebut. Hmm… merugikan sekali ya kalau sampai ini terjadi. So, lagi-lagi perhitungan yang matang tentang produk Anda memang penting.

Tapi, jika Anda memang yakin terhadap produk Anda dan jika setelah diperhitungkan produk tersebut akan benar-benar menguntungkan apalagi dijual di sebuah mall, atau mungkin produk Anda telah memiliki nama sebelumnya, maka tunggu apa lagi? Selamat mencoba 😉

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *