Perlukah Tabungan Pendidikan Anak?

Sebagai seorang manusia yang tentunya tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, pasti anda terkadang berpikir tentang berbagai rencana untuk masa depan anda. Namun tetap sesiap apapun anda dengan rencana A/B/C semua akan sia-sia jika memang Tuhan menghendaki hal lain. Jadi jika memang seperti itu apakah kita sebagai manusia tidak boleh berencana? Tentu boleh, karena tanpa perencanaan yang matang, anda akan semakin terombang-ambing.

Seperti anda ketahui bahwa kini hampir setiap tahun segala macam harga dan jenis biaya mengalami kenaikan. Ada yang naiknya konstan dan ada yang fluktuatif. Tentu anda tidak ingin terjebak di dalamnya bukan? Salah satu biaya yang setiap tahunnya mengalmi kenaikan seiring dengan terjadinya inflasi adalah biaya pendidikan. tabungan pendidikan-anak

Tabungan Pendidikan

Anda sebagai orang tua ataupun calon orang tua tentu menyadari bahwa setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Dan sudah pasti sesuatu yang layak memerlukan biaya yang tidak sedikit. Di Indonesia sendiri tingginya biaya pendidikan terkadang menyebabkan beberapa anak harus kehilangan kesempatan untuk bersekolah. Disinilah peran orang tua dalam menyediakan biaya pendidikan sangat penting. Hal seperti ini akan sangat baik jika jauh-jauh hari anda sudah mulai menyiapkan dana pendidikan untuk anak anda. Anda akan kewalahan jika harus mengeluarkan biaya pendidikan dalam satu helaan nafas.

Apakah anda pernah mendengar tabungan pendidikan? Tabungan pendidikan ini tidak sama dengan asuransi pendidikan. Anda harus tahu bahwa sudah beberapa tahun ini tabungan pendidikan populer di masyarakat. Bahkan lebih populer dibandingkan sarana investasi lain yang sejenis.

Tabungan pendidikan anak memiliki beberapa ciri khas yang membedakan dengan tabungan biasa. Dalam tabungan pendidikan, anda diharuskan untuk rutin menabung dengan target hasil pada waktu yang telah ditentukan.

Untuk target hasil dan waktunya disesuaikan dengan kebutuhan biaya dan waktu masuk sekolah nanti. Apabila dalam pertengahan menabung anda meninggal maka setoran tabungan pendidikan anak akan diteruskan oleh asuransi. Jadi saat anak anda masuk sekolah, biaya pendidikan telah tersedia.

Dibandingkan dengan suku bunga deposito, bunga tabungan pendidikan dapat dikatakan masih bersaing. Namun yang membuat tabungan deposito ini menarik adalah tingkat fleksibilitas untuk ditarik dan persyaratan jumlah minimum investasi yang tidak setinggi deposito. Bayangkan cukup dengan simpanan rutin sebesar Rp. 100 ribu perbulan, anda sudah bisa memulai tabungan pendidikan.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab tabungan pendidikan populer di masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Proses pembukaan tabungan pendidikan sama mudahnya dengan pembukaan tabungan biasa

Tinggal anda datang ke bank, lengkapi dokumen yang dibutuhkan dan fuala tabungan pun siap digunakan. Pengisiannya pun mudah karena anda bisa transfer secara langsung atau bank akan melakukan auto-debit terhadap tabungan personal anda sebanyak nominal yang telah disepakati di awal. Selain itu tabungan ini umumnya memiliki asuransi jiwa dimana jika pemegang tabungan meninggal maka asuransi jiwa akan menyediakan uang pertanggungan sehingga setoran tabungan akan tetap selesai.

2. Produk keuangan yang familiar

Anda tentu tahu bahwa tabungan adalah salah satu produk bank yang paling dikenal dan mendarah daging. Karena masyarakat familiar terhadap tabungan maka mereka dengan mudahnya berani menaruh dananya di bank. Meskipun bunga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi namun faktor safety yang dirasakan oleh masyarakat membuat mereka memilih tabungan pendidikan dibanding dengan instrumen investasi lainnya.

3. Rendahnya resiko yang dimiliki

Tabungan pendidikan menawarkan ketenangan kepada penabung dengan resiko sangat kecil. Anda tentu tahu bahwa tabungan masuk dalam kategori simpanan yang dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sehingga apapun yang terjadi tabungan anda akan tetap aman. Karena biaya pendidikan sangat penting maka para orang tua akan lebih nyaman dan tenang jika menempatkan dananya di bank. Untuk memutuskan perlu atau tidaknya tabungan pendidikan bagi anak, semuanya kembali kepada kebutuhan dan tujuan anda. sebelum mengambil keputusan, ada baiknya jiika anda melakukan riset terhadap beberapa instrument investasi.

Seperti yang dikatakan di ulasan diatas bahwa dana pendidikan itu penting, jadi anda harus berhati-hati dalam menempatkannya. Jangan terlalu terpengaruh terhadap pilihan orang lain. Kebutuhan anda dan keluarga anda adalah sepenuhnya milik anda bukan milik orang lain. Semoga sukses dengan pilihan anda..

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *