Percaya Diri Hadapi Wawancara Kerja

Perasaan tegang, khawatir, dan yang lainnya akan tercampur aduk menjadi satu kesatuan adalah hal yang wajar ketika memasuki dunia kerja terutama bagi Anda yang baru saja hendak memasukinya, terlebih saat menghadapi wawancara kerja. Dan yang lebih membuat tidak merasa percaya diri akan kemampuan anda yaitu ketika anda belum memiliki pengalaman bekerja sama sekali, dan pastinya yang pada awalnya anda telah merasa percaya diri, secara otomatis percaya diri yang anda miliki akan menurun.

Padahal rasa percaya diri yang ada di dalam diri kita merupakan satu faktor penting yang harus dimiliki agar proses wawancara kerja dapat berjalan dengan lancar. Tetapi anda tidak usah khawatir, untuk menumbuhkan rasa percaya diri anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Bersikap positif

Apapun yang nantinya akan terjadi ketika proses wawancara kerja berlangsung, anda harus tetap tenang dan jangan terlalu memikirkan banyak hal yang berada diluar kendali diri anda. Anda harus tetap percaya terhadap kekuatan pikiran anda yang bersifat positif.

2. Jelaskan apa yang anda inginkan

Walaupun saat anda melamar pekerjaan anda belum pernah memiliki pengalaman dalam bekerja, namun anda tetap bisa menjelaskan dengan pasti apa saja yang selama ini ingin anda raih dalam sebuah pekerjaan, dimisalkan anda ingin lebih terlibat secara langsung dalam proyek-proyek yang ada di dalam perusahaan tersebut, sehingga anda akan mendapatkan banyak pengalaman dalam menjalankan proyek tersebut. Selain itu anda juga harus menjelaskan dengan pasti target apa yang ingin anda raih baik dalam jangka pendek atau pun jangka panjang, dan mungkin anda bisa memberikan sedikit gambaran kompetensi kepada pihak pewawancara.

3. Berlatihlah

Ketika anda meningkatkan keterampilan anda untuk menghadapi proses wawancara kerja, itu juga sama halnya dengan anda meningkatkan keterampilan apapun. Oleh karena itu, berlatih merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan guna kelancaran anda saat proses wawancara kerja. Anda bisa mencari tahu beberapa informasi terkait pertanyaan apa saja yang nantinya mungkin diajukan kepada anda oleh pihak pewawancara, setelah itu anda harus berlatih untuk menjawab pertanyaan tersebut sehingga ketika proses wawancara berlangsung anda jauh akan merasa lebih tenang.

4. Jangan meremehkan kekuatan mendengarkan

Ketika proses wawancara kerja berlangsung, anda tidak hanya akan diminta untuk menyampaikan beberapa hal terkait data diri anda, namun pada kesempatan ini anda juga harus mencari tahu informasi sebanyak mungkin terkait pekerjaan serta perusahaan yang tengah anda lamar. Oleh sebab itu, anda harus menjadi seorang pendengar yang baik.

5. Berjalan dengan percaya diri

Pihak pewawancara bukan hanya akan menilai anda dari segi kemampuan yang anda miliki, namun bahasa tubuh serta postur tubuh anda juga akan menandakan rasa percaya diri serta karakter yang anda miliki. Berjalanlah dengan baik, berjabat tangan, atau anda bisa menjawab pertanyaan pihak pewawancara dengan menggunakan kalimat yang tertata dengan suara yang jelas. Dan jangan lupa untuk anda memberikan senyuman untuk menyembunyikan rasa gugup anda.

6. Mereka juga manusia seperti Anda

Kekuatiran saat memasuki dunia pekerjaan baru bisa diakibatkan oleh karena Anda membandingkan diri dengan orang lain dan berpikir bahwa semua orang di sekitar Anda lebih baik dalam beberapa hal ketimbang Anda. Anda merasa mereka tahu lebih banyak atau lebih mampu dibanding Anda.

Meskipun sebagian dari asumsi Anda tersebut ada benarnya, tetapi mengapa Anda kuatir dengan hal itu? Jangan biarkan keberanian Anda lumpuh memikirkan hal-hal yang sama sekali tidak ada gunanya. Setiap orang di sekitar Anda tidak sempurna. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, serta potensi ?sama seperti diri Anda.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *