Perbedaan Menabung dan Investasi

Menabung maupun Investasi telah dikenal oleh masyarakat, bahkan kalangan anak-anakpun sudah diajari untuk melakukan Investasi dengan cara menyisihkan uang saku atau lebih dikenal dengan menabung. Dalam pengartiannya saja sebagian orang menganggap bahwa investasi dan menabung adalah hal yang sama, tapi apakah Anda tahu bahwa kedua hal ini memiliki artian yang berbeda?

Perbedaan Menabung dan Investasi

Alasan yang membedakan investasi dan menabung berbeda adalah besarnya dana yang diperlukan untuk menggapai target yang diharapkan oleh orang tersebut, hasil dari pengumpulannya, penentuan waktu kebutuhan dimana uang atau lainnya dipakai ataupun disimpan dalam waktu tertentu, rencana pencapaian nilai yang dinginkan dan masih banyak lagi hal yang dapat membedakan investasi dan menabung. Untuk memahaminya lebih lanjut, mari simak penjelasan dibawah ini :

1. Secara garis besar Investasi berarti penanaman dana berupa uang/ perusahaan/ proyek/ aset lainnya dengan tujuan memperoleh keuntungan dari penanaman tersebut. Dengan kata lain Investasi ialah pembelian suatu aset dimana pembelinya berharap mendapatkan keuntungan dari hasil produksi/jual tersebut dengan nilai yang lebih tinggi.

2. Di arti lain Investasi juga diartikan sebagai hasil usaha yang ditunda, dan akan dikonsumsi/dipakai dimasa mendatang. Keuntungan yang tertunda ini akan menjadi kompensasi bagi sang penanam atas masa waktu yang ditunggu untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi dalam proses menanam investasi terdapat kekurangan seperti adanya resiko apabila nilai aset yang dibeli/dimiliki jatuh sedangkan jika nilai asetnya naik maka pendapatan yang didapat akan berlipat ganda.

Baca Juga:

3. Dalam investasi ada dua jenis tipe investasi yaitu Riil Investment dan Financial Investment. Riil Investment, berarti penanam investasi memberikan investasi dalam jumlah tertentu dengan aset yang berwujud/dapat dilihat/dipegang seperti emas, bangunan, peternakan, tanah dan sebagainya. Financial Investment berarti penanam memberikan investasi dengan aset yang tak berwujud , seperti deposito, saham, obligasi dan masih banyak lagi. Investasi sangat dipengaruhi oleh naik turunnya inflasi yang ada, karena proses dalam inflasi secara terus-menerus saling berkaitan dengan mekanisme pasar dari berbagai jenis faktor sehingga apabila nilai investasi turun maka kerugian yang didapat juga akan turun secara drastis.

Sumber:http://2.bp.blogspot.com

Sumber:http://2.bp.blogspot.com

Berikut ini perbedaan lain investasi dengan menabung :

Investasi

– Transaksi dilakukan di pasar yang riil dan juga pasar keuangan/pasar saham,

– Objek yang digunakan berupa aset sedangkan uang hanya berperan sebagai pengukur nilai aset tersebut.

– Pihak penanam saham disebut investor.

– Kegiatan usaha dilakukan pada pasar modal/bukan perbankan.

Menabung

Berbeda dengan Investasi yang nilai pertumbuhannya dapat naik dengan cepat tergantung dengan Inflasi saat itu, nikmatnya menabung adalah memiliki pertumbuhan nilai yang lambat akan tetapi memiliki resiko yang sangat sedikit bahkan hampir tidak ada resiko yang dirasakan terhadap hal apapun. Tidak heran banyak masyarakat memilih menabung daripada menanam Investasi.

Dilain hal, jika Anda bingung untuk memilih menabung atau Investasi mungkin akan lebih baik memilih menabung sebagai jalan aman. Karena seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa menanam Investasi mungkin akan sangat beresiko daripada menabung. Apabila Anda lebih suka jalan yang lebih ekstrim dan mendapatkan hasil yang bagus dan cepat mungkin memilih Investasi sebagai pilihan utama adalah hal yang menggiurkan. Perbedaan lain dapat dilihat sebagai berikut :

– Objek yang dipakai hanya uang.

– Pihak penabung disebut nasabah.

– Transaksi hanya dalam perbankan maupun non bank dengan label izin menerima simpanan uang.

– Hasil menabung berupa bunga.

Bagaimana? menurut anda lebih baik menabung atau investasi setelah menyimak penjelasan diatas?

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *