Perbedaan Marketing dan Sales

Jika ditanya apa itu perbedaan marketing dan sales kebanyakan orang pasti bilang sama saja. Nyatanya marketing dan sales merupakan dua profesi yang sangat berbeda. Kebanyakan orang sering salah mengartikan jika dua profesi tersebut sama-sama berjualan suatu produk. Meskipun keduanya sama-sama menghasilkan peningkatan dalam penjualan, namun secara keseluruhan sangatlah berbeda.

Marketing dan Sales

Sebenarnya marketing merupakan keseluruhan dari kegiatan bisnis dimana ditujukan untuk perencanaan produk, penentapan harga, pendistribusian barang dan bagaimana mempromosikan produk untuk memuaskan para konsumen yang membeli. Sales adalah kegiatan yang berfokus hanya pada penjualan suatu produk dimana hal tersebut hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan memenuhi target penjualan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Dilihat dari pengertian tersebut, sudah dijelaskan secara garis besar jika antara marketing dan sales berbeda. Jika diuraikan secara terperinci perbedaan marketing dan sales adalah sebagai berikut ini:

Sumber: http://www.diaryhijaber.com/

Sumber: http://www.diaryhijaber.com/

1. Dilihat Dari Fokusnya

Fokus marketing lebih berat dibanding dengan sales, karena marketing memiliki cangkupan yang lebih luas. Marketing berfokus pada seluruh kegiatan bisnis. Sales hanya berfokus pada penjualan suatu produk guna meningkatkan penjualan, dimana seorang sales biasanya memiliki target penjualan yang harus dipenuhi. Marketing juga memprioritaskan hubungan jangka panjang dengan pelanggan sebagai loyalitas sedangkan sales hanya menjaga target penjualannya, tidak memikirkan bagaimana menjaga hubungan dengan pelanggan kedepannya. Hubungan sales dengan pelanggan hanya sebatas pada waktu proses jual belinya saja, sedangkan marketing hubungannya dengan pelanggan dari awal hingga akhir.

2. Sasaran

Marketing lebih memikirkan dan menentukan siapa sararan yang tepat untuk produknya dan memikirkan bagaimana strategi yang tepat untuk menjangkau sasaran tersebut, sedangkan sales tidak memikirkan apakah dia menjual pada sasaran yang tepat atau tidak, karena sekali lagi fokusnya hanya pada peningkatan penjualan. Sales lebih ke pelaksanaannya semua yang memikirkan siapa dan bagaimana sasaran adalah marketing.

3. Strategi

Marketing memiliki strategi khusus dalam menarik perhatian target pasar. Seorang marketing selalu memperhatikan setiap kemungkinan yang terjadi, sedangkan sales merupakan salah satu bagian dari promosi yang dapat meningkatkan target penjualan dan tidak memikirkan faktor lain yang dapat membantu menunjang pemasarannya. Dalam strategi marketing harus sesuai dengan 4P atau bahkan ada yang hingga 7P yaitu product (produk), price (harga), people (orang), promotion (promosi), process (proses), place (tempat), dan juga physical evidence (bukti fisik).

Marketing melakukan riset pasar, menjaga relasi yang baik dengan publik, membuat iklan, melakukan pelayanan dan kepuasan pelanggan, sedangkan sales hanya bekerja ketika barang atau jasa sudah tersedia dan langsung menawarkannya kepada pembeli, merayu pembeli agar membeli produk yang ditawarkan serta melayani pemesanan. Seorang marketing akan selalu menjaga citra dari merk produk yang akan membuat konsumen memutuskan membeli produk tersebut, karena telah mengetahui bagaimana kualitas produk dan citra dari merk produk yang telah dijelaskan.

Strategi yang dilakukan seorang sales tidak mementingkan hal tersebut, mereka hanya mementingkan bagaimana cara konsumen agar tertarik dengan menginformasikan kelebihan dari produk yang dijual. Seorang sales tidak pernah memikirkan apakah seorang konsumen merasa puas atau tidak, mereka hanya memikirkan produknya laku dijual dan memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Jadi pada dasarnya seorang marketing memiliki tugas yang jauh lebih berat dari pada sales. Meskipun ada beberapa perusahaan yang mengandalkan sales menjadi bagian dari marketing, namun tugas yang dilakuka tetaplah berbeda.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *