Penyebab Kadar Gula Meningkat

Pada umumnya kadar gula darah manusia yang normal berkisar diangka 120mg/dl. Kadar gula adalah suatu acuan , atau tanda dimana sesorang akan menderita penyakit diabetesm atau tidak. Jika kadar gula anda berada bidatas normal, maka kemungkinan anda menderita diabetes. Agar itu tidak terjadi pada anda. sebisa mungkin, anda harus menghindari penyebab yang dapat membuat kadar gula anda naik. Apa saja yang dapat menyebabkan kadar gula naik?berikut penjelasannya:

Penyebab Kadar Gula Naik
1. Kafein

Kafein adalah salah satu penyebab naiknya gula darah. Kadar gula darah dapat meningkat setelah mengkonsumsi kopi. Bahkan kopi hitam yang sama sekali tidak mengandung kalori, karena adanya kafein. Selain itu, teh hitam, teh hijau, dan minuman energi lainnya juga dapat mengganggu kadar gula darah penderita diabetes. Akan tetapi setiap orang memiliki reaksi berbeda-beda. Jadi sebaiknya anda mengenali reaksi tubuh anda terhadap berbagai makanan dan aktivitas. Sebenarnya, berbagai zat lain didalam kopi dapat membantu mencegah terjadinya diabetes, tipe 2 pada orang yang sehat. Namun, jika anda berlebihan mengkonsumsi kopi, tentu ini juga tidak baik untuk kesehatan anda.

2. Pemanis buatan

Sebagian orang mengangap, bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki label sugar-free aman. Atau mereka, mengganti gula mereka dengan gula buatan dengan gula buatan atau artificial sweeteners yang menurut banyak orang lebih aman. Namun nyatanya pemanis buatan tidak sepenuhnya aman untuk dikonsumsi. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan pada 17 orang yang mengalami obesitas. Diketahui bahwa kadar gula darah dalam tubuh mereka, meningkat ketika mengkonsumsi minuman ytang mengandung gula buatan. Dibandingkan dengan ketika mereka mengkonsumsi air mineral. Sama dengan hasil penelitian di the journal nature pada 2014 yang melaporkan bahwa konsumsi minuman dengan gula buatan yang berlabel nol kalori pada orang sehat (bukan penderita diabetes).

Sumber:https://3.bp.blogspot.com/

Dapat menyebabkan intoleransi glukosa, peningkatan kadar gula darah dan beresiko mengalami diabetes mellitus tipe dua. Namun beberapa penelitian lain yang tidak menemukan efek, pada konsumsi minuman dengan dengan gula buatan tersebut. Yang pasti untuk penderita diabetes lebih dianjurkan sering mengkonsumsi air mineral atau air putih. Dibandingkan dengan berbagai minuman yang memiliki rasa dan berkalori. Walaupun sudah menggunakan gula buatan nol kalori.

3. Menstruasi

Saat menstruasi biasanya wanita perubahan hormon. Perubahan hormone ini ternyata mempengaruhi kadar gula darah. Kadar hormone yang tidak stabil pada perempuan yang sedang memasuki masa menstruasi, dapat menurunkan sensitivitas insulin. Hal ini menyebabkan kadar gula darah naik, bagi sebagian perempuan. Biasanya hal ini terjadi seminggu sebelum menstruasi terjadi.

4. Mengkonsumsi obat-obatan

Beberapa obat memiliki efek samping peningkatan kadar gula dalam tubuh. Seperti obat antidepressant, steroid yang berfungsi untuk mengobati asma, penyakit autoimmune serta inflamasi dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis. Mengkonsumsi pil KB juga mempengaruhi kadar gula darah. Pil KB mengandung estrogen yang dapat mempengaruhi respon tubuh anda terhada insulin. Biarpun begitu, wanita penderita diabetes tetap dapat menggunakan pil KB.

KB suntik dan implant juga dapat digunakan oleh penderita diabetes. Walaupun dapat mempengaruhi kadar gula darah anda. penggunaan obat flu seperti dekongestan, yang terdiri dari pseudoefedrin, atau fenilefrin juga dapat meningkatkan kadar gula darah anda. Karena beberapa jenis obet flu kadang mengandung gula atau alkohol

5. Stres

Stres, perasaan tidak bahagia dan lelah juga dapat mempengaruhi peningkatan kadar gula darah anda. Saat stres, tubuh anda akan melepaskan hormone, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Salah satu yang dapat menyebabkan stres, adalah pekerjaan yang tak kunjung selesai. Hal ini lebih sering terjadi pada penderita diabetes tipe 1. Mulailah belajar untuk mengendalikan stres anda. Saat anda merasa stres terhadap pekerjaan atau suatu hal segeralah hentikan pekerjaan anda sejenak. Carilah sesuatu yang dapat merileksasi pikiran anda.

6. Tidak sarapan

Sarapan itu sangat penting, selain berfungsi sebagai energy untuk beraktifitas. Masalah sarapan berpengaruh terhadap kadar gula dalam darah. Sebuah hasil studi menunjukan wanita gemuk ,yang melewati sarapan membuat kadar gula dalam darah meningkat tinggi, setelah selesai makan siang. American journal of clinical nutrition mengungkapkan ,terhadap lelaki yang jarang sarapan, memiliki resiko 21 % lebih tinggi mengalami diabetes. Sarapan dengan makanan yang sehat. Mulai dari tinggi protein dan rendah lemak dapat menjaga kadar gula dalam darah agar tetap normal

7. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab dari naiknya gula darah. Tidur merupakan salah satu cara, untuk membuat organ didalam tubuh beristirahat. The national sleep foundation (NSF) menyatakan, bahwa ketika tidur terjadi penurunan hormone kostisol dan aktivitas sistem saraf, yang dapat menjaga regulasi kadar gula darah dalam tubuh

Itulah beberapa penyebab yang dapat meningkatkan kadar gula darah anda. semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *