Pentingkah Financial Check Up?

Bagi seorang pebisnis pastinya akrab dengan istilah Financial Check Up yang merupakan istilah untuk pemeriksaan keuangan pribadi. Layaknya kesehatan, keuangan juga perlu dilakukan analisa agar terhindar dari resiko keuangan yang biasa terjadi. Pemeriksaan ini bisa dilakukan setiap bulan , per triwulan, per enam bulan bahkan pertahun tergantung kebutuhan. Beberapa poin yang diperiksa diantaranya aset, tabungan, pendapatan dan hutang anda. Untuk memeriksa poin-poin tersebut biasa digunakan rasio yang mempermudah dalam menganalisis.

Financial Check Up

Rasio tersebut diantaranya saving ratio, liquidity ratio dan debt service ratio. Saving ratio biasa digunakan untuk memeriksa tabungan dan investasi yang dimiliki sedangkan liquidity ratio mengenai dana masa depan ketika anda tidak bekerja lagi. Debt service ratio sendiri cenderung untuk memeriksa kesediaan dana guna membayar hutang yang dimiliki.  Financial check up ini bisa digunakan untuk memberi gambaran keuangan anda dimasa sekarang serta masa depan. Financial check up menjadi penting karena beberapa alasan berikut ini :

Sumber:http://www.longliveyourmoney.com/s

Sumber:http://www.longliveyourmoney.com/s

1. Membantu Rencana Masa Depan

Ketika anda hendak berinvestasi pada aset berjalan maupun pasar modal sekalipun tentunya penting untuk menggunakan financial check up sebagai bahan pendukung menentukan keputusan.  Perencanaan yang matang juga akan menjauhkan anda dari resiko kerugian yang besar. Terlebih bila anda sedang memiliki hutang pastinya anda tidak ingin mengalami kredit macet hanya karena berinvestasi tanpa pikir panjang.

2. Aliran Uang Dapat Terdeteksi

Selain itu pemeriksaan keuangan pribadi juga mampu mendeteksi aliran uang yang telah anda gunakan. Hal ini akan membantu anda dalam memilih kebutuhan yang penting dan tidak penting atau kebutuhan yang mana perlu didahulukan. Anda juga bisa mengetahui sumber pendapatan mana saja yang paling menguntungkan serta memiliki pengeluaran yang tidak membebani. 

3. Mendidik Sikap Kehati-hatian

Secara tidak langsung financial check up mengajari anda untuk lebih berhati-hati. Anda akan lebih berhati-hati dan mempertimbangkan secara seksama untuk mengeluarkan uang guna tujuan tertentu. Tentu saja karena hal ini didorong sebuah stigma bahwa untuk menghasilkan beberapa rupiah perlu perjuangan yang tidak mudah.

4. Mencegah Keuangan Tidak Sehat

Adanya pemeriksaan keuangan yang dilakukan secara berkala dapat membuat seseorang terhindar dari masalah kebangkrutan. Beberapa kemungkinan kebangkrutan dan berhutang akan mampu dihindari karena adanya data tentang keuangan anda saat ini.  Selain itu dapat pula digunakan sebagai data prediksi keuangan di masa depan. Bila anda saat ini bekerja sebagai karyawan kantoran tentu saja pekerjaan tersebut tidak selamanya anda geluti. Pasalnya ada masa anda untuk dipensiunkan, oleh sebab itu financial check up sangat membantu dalam hal merencanakan investasi atau tabungan masa depan.

Bila anda hendak menerapkan financial check up tentu saja ada beberapa tips yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut : 

a. Hitunglah gaji bulanan anda terlebih dahulu selama satu bulan bila anda tidak memiliki pendapatan tetap maka hitung rata-ratanya. Anda bisa menjumlah pendapatan yang pasti didapat kemudian membaginya dengan seluruh jumlah pekerjaan yang dimiliki. 

b. Buat daftar belanjaan yang perlu anda belanjakan  dan jangan lupa menyisihkan beberapa rupiah untuk dana darurat. Dana darurat ini akan membantu anda bila terdapat pengeluaran dadakan. Tidak lupa untuk menabung guna dana di masa depan. Anda juga bisa mencoba berinvestasi bila memang masih tersedia dana untuk digunakan berinvestasi.

c. Dahulukan pembayaran hutang yang sudah membebani anda  sebab hal ini merupakan kewajiban dan merupakan pengeluaran yang pasti. Jika memungkinkan hindari menggunakan hutang sebagai sumber pendapatan terlebih bila anda memiliki banyak beban.

Untuk memperoleh financial checkup gratis silakan kunjungi halaman berikut atau untuk fungsi yang lebih lengkap silakan mendaftar di bawah ini

Daftar Financial Check Up Gratis 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *