Penilaian Kredit (Credit Scoring)

Credit scoring atau penilaian kredit adalah sistem/ cara yang digunakan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya yang berguna untuk menentukan apakah anda layak atau tidak mendapatkan pinjaman.

Credit scoring ini merupakan kumpulan data nasabah yang diambil dari data aplikasi pinjaman nasabah selain dengan menggunakan program statistik yang berisi tentang sejarah pinjaman anda yang antara lain mengenai bagaimana siklus pembayaran tagihan anda, apakah anda membayar tagihan anda tepat waktu atau tidak, berapa banyak kredit yang masih atau pernah anda miliki.

Credit scoring membantu bank dalam menganalisa permohonan kredit anda selain faktor-faktor kualitatif lainnya. Selain itu, dengan credit scoring kreditur dapat membandingkan informasi debitur dengan kinerja pinjaman nasabah lain dengan profil yang sama.

Di Indonesia saat ini data credit report debitur dapat dilihat dari data yang dimiliki oleh BI yang dikelola oleh Biro Informasi Kredit. Credit report ini berguna tidak hanya bagi pemberi kredit dalam menganalisa permohonan kredit nasabah, juga bagi penerima kredit khususnya debitur UMKM.

Berikut salah satu contoh credit scoring yang dilakukan oleh bank.

KRITERIA PENILAIAN                                                                      SKOR                     BOBOT                  SKOR X BOBOT

Usia

Status perkawinan

Jumlah tanggungan

Pekerjaan istri/suami

Status tempat tinggal

Status pendidikan

Jabatan/pekerjaan (jenis pekerjaan)

Tempat bekerja (bidang usaha)

Lama bekerja pada pekerjaan saat ini (dengan

jabatan saat ini)

Total lama bekerja (masa kerja)

Pendapatan bersih

Pendapatan lain-lain

Jumlah self financing

Hubungan dengan bank

Jenis jaminan pinjaman

Kredit dengan bank lain (kredit sekarang)

Pemilikan kartu kredit/debit

Pemilikan kendaraan

TOTAL

Setiap informasi memiliki bobot yang berbeda-beda. Informasi penting seperti ketepatan pembayaran pinjaman anda memiliki bobot nilai yang lebih tinggi dibanding yang lainnya.

Fungsi credit scoring selain membantu bank menentukan apakah pinjaman anda disetujui atau tidak, tetapi juga menentukan berapa besarnya pinjaman yang akan anda peroleh, berapa term yang anda dapatkan serta berapa besarnya bunga pinjaman yang dikenai. Jika ternyata hasil credit scoring anda kecil, anda kemungkinan masih dapat memperoleh pinjaman tetapi dengan bunga yang lebih tinggi, atau anda diharuskan memberikan jaminan/ agunan.

Dengan demikian, jika anda ingin proses permohonan kredit anda dapat segera disetujui setiap anda mengajukan permohonan, pelihara credit scoring anda dengan baik. Semakin tinggi nilai anda semakin cepat permohonan kredit anda disetujui. (Elfiesyah Pratiwi)

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *