Peluang Usaha Untuk Mahasiswa

Kamu mahasiswa dan memiliki banyak waktu kosong? ingin membuka usaha tapi takut menganggu jadwal kuliah dan waktu mengerjakan tugas? Kamu tentu harus memikirkan pekerjaan dengan waktu yang fleksibel tanpa menganggu kuliah kamu. Sebagai mahasiswa tentu ada waktu dimana kita tidak banyak aktifitas. Disela sela waktu, terkadang kita juga sangat ingin untuk mulai membuka usaha dan mencari uang sendiri. Ada beberapa peluang usaha yang dapat kamu lakukan dengan statusmu sebagai mahasiswa:

5 Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa 1

Usaha Untuk Mahasiswa

1. Bimbingan belajar

Baca Juga:

Kamu bisa mulai usaha bimbingan belajar, sebagai mahasiswa memberi bimbingan belajar tentu bukan sesuatu yang sulit. Kamu bisa melakukan bimbingan belajar pada sore atau malam hari setelah jadwal perkuliahanmu selesai. Kamu juga bisa menentukan jadwal bimbingan belajar sendiri, misalkan dalam satu minggu hanya dua kali. Kamu tetap bisa melakukan kegiatan kampus jika jadwal bimbingan belajarmu tidak terlalu padat, namun tentu saja kamu harus disiplin dalam mematuhi jadwal yang kamu tentukan sendiri bersama murid bimbinganmu.

2. Konveksi

Seringkali ada kegiatan mahasiswa yang membutuhkan seragam, misalkan saat ospek atau kegiatan lainnya. Nah kamu disini bisa menyediakan yang mereka perlukan, kamu bisa menyediakan kaos dan sablonnya atau pembuatan seragam sesuai dengan desain mereka. Konsumen kamu sesama mahasiswa, jadi akan mudah bagi kamu untuk melakukan promosi. Koneksi sesama mahasiswa yang kamu miliki dapat kamu manfaatkan. 

Promosi yang tepat akan membuat usahamu lebih banyak dikenal dan tentunya konsumenmu juga akan semakin banyak. Kamu tidak harus membuat sendiri produkmu, kamu bisa mencari karyawan untuk mengerjakannya. Tugas kamu hanya mencari klien dan melakukan kesepakatan dengan klien.

3. Bisnis online

Bisnis online jelas dapat kamu kerjakan tanpa batasan waktu dan tempat. Kamu bisa berbisnis online dimana saja dan kapan saja. Bisnis online sangat luas dan tak terbatas, kamu dapat berbisnis apa saja. Kamu dapat mulai dengan berjualan baju, sepatu, tas atau accesories. Kamu bisa memproduksi sendiri produkmu atau menjadi reseler. Jika kamu memutuskan untuk membuat produk sendiri, kamu cukup bekerja sama dengan penjahit atau pembuat sepatu dimana mereka yang melakukan proses produksi. Kamu bisa membuat desain dan melakukan pemasaran.

4. Jasa Pengetikan dan Printing

Jika kamu punya printer dikos atau dirumah. Seringkali print itu tidak kita gunakan untuk mencetak tugas. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis print, kamu bisa mengabari teman-teman kuliahmu. Jadi jika mereka butuh mencetak tugas atau makalah mereka bisa menggunakan jasa kamu

5. Jasa paket wisata

Nah untuk memanfaatkan momen liburan semestermu, kamu bisa membuka jasa paket wisata. Sekalian kamu juga bisa liburan saat liburan semester. Sangat menguntungkan, kamu tidak perlu mengeluarkan uang, kamu malah mendapat bayaran dan tetap bisa jalan-jalan. Kamu perlu menentukan destinasi dan menyusun itinerary. Kamu bisa mulai dari tempat yang pernah kamu datangi, tentu sedikit banyak kamu mengerti tentang transportasi apa yang akan kamu gunakan atau hal lain terkait dengan berwisata kesana. Kamu juga bisa membuat paket wisata menuju tempat yang belum pernah kamu kunjungi, sebelum menawarkannya ke klien tentu kamu perlu melakukan riset kecil. Kamu perlu tahu mengenai biaya yang akan dihabiskan, transportasinya, fasilitas tempat wisata dan sebagainya. Kabari teman-temanmu bahwa kamu membuka jasa wisata. Jika paket wisatamu menarik tentu akan banyak teman-temanmu yang senang dan akhirnya menggunakan jasa paket wisata yang kamu tawarkan.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *