Peluang Usaha Untuk Lulusan SMA

Tags:

Bagi lulusan SMA atau SMK yang tidak kunjung lolos mendaftar kulliah tidak jarang yang akhirnya memilih untuk menunda kuliah atau beralih untuk mencari kerja. Kemudian setelah tak kunjung mendapat kerja ada pula yang akhirnya memutuskan untuk berwirausaha. Begitu pula dengan lulusan SMA atau SMK yang tidak dapat melanjutkan ke jenjang perkuliahan karena alasan ekonomi, tak jarang juga yang berpikiran untuk bekerja atau membuka usaha. Melihat hal itu maka membuka usaha masih menjadi alternatif menghasilkan uang tanpa terkecuali pada remaja lulusan SMA atau SMK.

Untitled-75

Usaha SMA

Permasalahannya, usaha apa yang dapat dilakukan atau dijalankan oleh para lulusan SMA atau SMK ini, seperti yang kita tahu dalam membuka usaha memerlukan modal, tidak semua para lulusan SMA atau SMK memiliki modal yang besar untuk membuka suatu usaha. Nah tidak perlu khawatir, dibawah ini akan dijelaskan beberapa macam usaha yang dapat dipilih oleh para lulusan SMA atau SMK yang beberapa tidak memerlukan banyak modal besar.

1. Reseller

Usaha yang satu ini sedang marak dijalankan, dari kalangan remaja sampai dewasa cukup banyak yang menjalankan usaha ini. Usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, kamu hanya perlu pulsa untuk standby mengontrol media sosialmu sebagai promosi dan menerima pesanan. Kamu dapat mencari toko-toko yang menjual berbagai barang, seperti baju wanita, kaos, jaket, tas, sepatu, case handphone, dan lain sebagainya, baik online maupun offline yang menawarkan reseller. Catat dan perhatikan baik-baik ketentuan untuk menjadi reseller, setelah kamu paham dan telah membuat kesepakatan dengan pihak tangan pertama, maka promosikannya dagangan reseller-mu tersebut. Dengan berbekal pulsa serta promosi yang gencar kamu bisa mendapatkan untung, siapa tahu keuntungan yang kamu dapatkan tersebut dapat ditabung lalu digunakan untuk menjalankan usaha yang lain.

2. Jasa Print

Rumahmu dekat dengan kampus atau kost mahasiswa? Memiliki komputer atau laptop dan juga printer? Aha, hal tersebut dapat kamu jadikan peluang usaha lho. Tidak dapat dipungkiri sebagai seorang mahasiswa tentu tugas kuliah amatlah banyak dan sering kali memerlukan dokumen dalam bentuk cetak untuk dikumpulkan. Jika jawabanmu atas semua pertanyaan yang diajukan sebelumnya adalah iya, maka kamu berpeluang sekali untuk membuka usaha jasa print.

Dengan harga murah tapi kualitas oke dijamin usahamu ini akan laris manis dikunjungi oleh mahasiswa. Kamu juga dapat menambahkan jasa burn CD, penjilidan, atau menjual alat-alat tulis, hal tersebut juga merupakan kebutuhan bagi mahasiswa yang dapat memberikan untung padamu.

3. Jual Barang Online dan Offline

Untuk yang satu ini memang memerlukan budget atau dana yang tidaklah sedikit. Kamu bisa membeli barang-barang tertentu seperti baju wanita, kaos, kerudung, dan lain sebagainya secara grosir. Kemudian kamu jual kembali barang tersebut dengan harga yang telah kamu tetapkan sendiri. Nah pasarkan barang tersebut baik secara online maupun offline. Secara online dapat kamu pasarkan melalui media sosial, sedangkan secara offline kamu dapat menawarkan kepada saudara, teman, tetangga sekitar rumahmu, atau dijual saat ada bazaar di wilayah tertentu. Saat melaksanakan penjualan secara offline kamu juga dapat menawarkan sistem membayar secara menyicil, akan tetapi menggunakan pembayaran sistem ini kamu harus benar-benar mengontrol dan tegas ya agar ditengah jalan nanti tidak malah merugikan usahamu.

4. Kerajinan Bidang Seni

Usaha yang satu ini dapat dipilih jika kamu memilki bakat dalam bidang seni atau telah memiliki keterampilan khusus yang di dapatkan selama sekolah. Memiliki bakat dalam bidang seni ini seperti kamu jago menggambar, membuat kata-kata puitis, atau bahkan melukis. Kamu dapat membuka usaha berupa kaos/sepatu/tas lukis, notebook homemade, atau membuat bingkisan atau souvenir pernikahan maupun ulang tahun. Sedangkan untuk keterampilan khusus dari sekolah biasanya siswa-siswi diberikan mata pelajaran muatan lokal atau tambahan seperti tata boga atau menjahit. Nah jika dari proses pembelajaran saat di sekolah kamu sudah bisa membuat makanan dengan rasa yang yummy atau menghasilkan suatu rajutan dengan bagus, kamu bisa mempromosikan produkmu tersebut lho. Selain itu terkait dengan keterampilan khusus, jika kamu lulusan SMK tentunya berasal dari berbagai jurusan. Jika kamu berasal dari jurusan yang banyak praktik seperti kecantikan atau automotif, maka kamu bisa membuka usaha berupa make up artist untuk pesta maupun wisuda atau menerima jasa servis sepeda motor. Jangan lupa untuk memberikan tester sebagai promosi usahamu juga ya, hal itu salah satunya membantu meyakinkan pelangganmu lhooo.

5. Jasa Desain

Kamu jago desain? Jangan sia-siakan keahlianmu yang satu ini. Di masa sekarang banyak sekali pemilik usaha, khususnya yang online, mencari orang yang dapat membuatkan desain logo perusahaannya. Nah disini kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Tawarkan jasa desain bila perlu sampai pencetakannya. Selain itu kamu juga dapat membuka usaha desain dan cetak undangan, seperti undangan pernikahan atau ulang tahun, kreatifitasmu ditambah dengan promosi yang genjar dijamin akan bisa mendatangkan pundi-pundi uang. Semangat people!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *