Peluang Usaha Kerajinan Bambu

Bambu merupakan tanaman dalam jenis rumput rumputan dengan rongga dan ruas pada bagian batang. Bambu dikenal sebagai tanaman yang paling cepat tumbuh. Dalam sehari bambu dapat tumbuh hingga setinggi 91 cm atau rata-rata hampir 4 cm dalam waktu satu jam. Bambu memiliki banyak nama lain yang dikenal masyarakat seperti pring, buluh, aur dan eru. Bambu dapat dengan mudah kita temukan di Indonesia, karena bambu banyak ditemukan di daerah tropik.

Bambu memiliki banyak jenis bahkan mencapai 1250 jenis didunia, sementara 11 % dari jenis tersebut merupakan spesies asli di Indonesia. Bambu dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, mulai dari bangunan, berbagai perabotan, alat pertanian, alat musik bahkan bambu yang masih muda dapat dijadikan makanan. Pada jaman penjajahan bambu bahkan dimanfaatkan sebagai senjata untuk berperang. Kreatifitas yang anda miliki tentu juga dapat mengubah bambu menjadi barang yang lebih berguna dan bernilai.

PHTO0377.JPG

Baca Juga:

Kerajinan Bambu

Anda dapat mengubah bambu menjadi berbagai kerajinan. Anda dapat menggunakan keseluruhan bagian dari bambu mulai dari akar hingga batang bambu.Kerajinan bambu bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menarik. Bentuk bambu yang unik menjadikan bambu dapat diubah menjadi berbagai benda yang usefull dan bernilai artistik. Bambu mudah didapatkan, selain itu harga bambu tergolong murah sehingga anda tidak memerlukan modal yang besar untuk membuka usaha kerajinan bambu. Berdasarkan beberapa hal tersebut tentu menjadikan kerajinan bambu menjadi usaha memiliki berbagai keuntungan. Sebelum memulai membuat kerajinan dari bambu ada beberapa tips untuk memilih bambu

1. Anda harus memilih bambu yang tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda. Bambu yang terlalu tua akan sulit dibentuk, sementara bambu yang terlalu muda akan memiliki serat yang tajam.

2. Pilihlah bambu yang memiliki ruas sejajar dan panjang

3. Simpan bambu ditempat yang sejuk dan tegakkan selama 5-6 hari

Rasanya anda dapat menggunakan bambu menjadi barang-barang yang ada disekitar anda. Anda bisa menyulap bambu menjadi kursi, tempat tidur, sendok, garpu, gelas dan masih banyak lagi. Berikut beberapa kerajinan bambu yang diminati dunia

1. Virageawie.

Virageawie merupakan inovasi gitar bambu yang berasal dari Bandung. Gitar ini diproduksi oleh Indonesia Bamboo Community (IBC). Virageawie memiliki desain yang unik, sehingga banyak diminati oleh berbagai kalangan mulai dari musisi hingga kolektor. Pemesan gitar ini tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga hingga ke luar negeri. Gitar ini hanya diproduksi berdasarkan pesanan. Satu unit virageawie dibaderol dengan harga 3,5 juta.

2. Rumah Lipat Bambu

Bambang Wiajaya adalah salah satu pengusaha asal Yogyakarta yang sukses mengembangkan bambu menjadi hunian yang dapat dibongkar dan dipasang kembali. Rumah lipat bambu rancangan bambang telah banyak diminati dan dijual di negara-negara Eropa. Rumah lipat tersebut Bambang mengusung konsep Eco friendly. Meskipun hanya berbahan bambu namun dengan treatment khusus rumah lipat tersebut dapat bertahan hingga lima tahun. Satu unit rumah lipat bambu dibaderol 25 juta.

3. Kerajinan akar bambu

Pernahkah anda ke Klaten dan melihat kerajinan dari akar bambu? Tahukah anda bawa kerajinan tersebut telah dipasarkan tidak hanya didalam negeri namun juga luar negeri. Bebek bambu yang berasal dari daerah klaten telah menjadi salah satu komoditi ekspor mancanegara. Selain beberapa contoh diatas tentu masih banyak lagi kerajinan dari bambu yang sukses dipasaran. Indonesia juga sangat lihai dalam membuat kerajinan yang dapat diekspor ke mancanegara yang bisa dihargai jutaan hingga ratusan juta. Tunggu apalagi apakah anda tertarik?

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *