Peluang Bisnis Waralaba Apotek K-24

Apakah anda melihat gerai Apotek K-24 di sekitar tempat tinggal anda? Jika anda melihat, maka memang betul klaim yang disuguhkan oleh perusahaan tersebut bahwa Apotek K-24 adalah jaringan apotek waralaba terbesar di Indonesia. Tentu di samping Apotek K-24 masih ada jaringan apotek waralaba lain yang tak kalah besar, tapi kali ini kami akan membagikan peluang bisnis waralaba pada apotek ini untuk anda.

Sedikit informasi soal Apotek K-24, tanggal 6 April 2005 apotek ini diganjar penghargaan oleh MURI sebagai Apotek yang pertama menyediakan konsep beroperasi selama 24 jam sehari-Non Stop. Mereka memulai program waralaba pada tahun 2005 setelah mereka merasa memiliki konsep yang baik dan reputasi yang mumpuni dalam memberikan pelayanan. Tahun-tahun berikutnya mereka dibanjiri penghargaan lain dari berbagai lembaga.

Pertama-tama yang perlu kita ketahui adalah mengapa bisnis apotek dan bukan yang lain? Pertanyaan ini wajar muncul seiring dengan berbagai kasus memalukan soal bisnis obat. Baiklah, jadi kita jawab pertanyaan itu dengan jawaban yang sederhana. Bukannya mengharapkan akan semakin banyak bermunculan orang sakit, tetapi bisnis ini sudah ada sejak lama sekali, seiring perkembangan dunia kesehatan modern yang juga semakin berkembang. Selama masih ada orang yang terserang penyakit, pengobatan modern masih akan tetap dibutuhkan. Apoteklah yang menyediakan kebutuhan obat tersebut.

Selain itu, dari sisi bisnis, apotek akan selalu menjadi tempat pemenuhan kebutuhan primer (setelah pangan) bagi seluruh lapisan masyarakat. Penyakit tidak akan memilih untuk mendatangi orang kaya ataupun sederhana, tua ataupun muda. Terbukti juga bahwa bisnis kesehatan termasuk bisnis yang tahan terhadap krisis ekonomi. Misalnya, meskipun harga BBM mengalami penaikan, obat tetaplah barang yang dibeli oleh masyarakat.

Baca Juga:

Berikut ringkasan informasi waralaba Apotek K-24

Berdiri: 2002 Industri : Medis/Kesehatan
Website : http://www.apotek-k24.com Kontak : Gideon / Wenny
Telepon : 0274 – 542 024 , 0888 243 0910 Fax : 0274 – 542 025
E-mail : [email protected]
Alamat : Jl. Magelang, Karangwaru Kidul PR 24, Jogjakarta 55241
Perkiraan Investasi : Rp600 juta

 

Setelah kita bahas secara umum, mari kita singgung lebih detail soal waralaba ini. Seperti yang dituliskan, investasi awal yang dibutuhkan untuk membuka satu gerai Apotek K-24 ini adalah sebesar Rp600 juta. Jumlah ini bisa jadi adalah jumlah minimal untuk wilayah Yogyakarta, Semarang, ataupun Surabaya. Ketika anda berencana membuka di kota lain, barangkali jumlahnya bisa berubah bergantung pada biaya sewa lokasi dan daya beli masyarakat di kota tersebut.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, dana investasi sebesar itu digunakan untuk berbagai macam kebutuhan awal, seperti: sewa bangunan (perkiraan sewa Rp35 juta/ tahun; sewa selama 2 tahun), renovasi bangunan, stok obat, meubeler, signase, eksterior, sistem informasi/IT, modal kerja (3 bulan), inventaris gerai (sepeda motor, AC, TV, genset, PABX, alat tulis, peralatan apotek, dll),
perijinan, administrasi, biaya pelatihan awal, dan franchise fee.

Lantas, ketika bisnis sudah berjalan, franchisee perlu membayar beberapa dana kepada franchisor. Paling tidak ada tiga dana yang perlu anda bayarkan: Franchise Fee sebesar Rp80 juta untuk masa waralaba selama 6 tahun (dibayar di muka); Royalty Fee sebesar 1,2% dari omzet/bulan; dan Dana Promosi Bersama sebesar 0,3% dari omzet/bulan.

Pertanyaan penting yang tak boleh anda lewatkan adalah kapan usaha ini bisa balik modal. Menurut informasi yang kami kumpulkan, rata-rata setiap apotek akan balik modal pada tahun ketiga setelah Apotek K-24 beroperasi. Balik modal selama 3 tahun ini terutama dapat dicapai ketika target penjualan terpenuhi. Ada pula gerai yang sudah balik modal sebelum tiga tahun lantaran pertumbuhannya sangat baik.

Profil Apotek

Untuk memulai bisnis waralaba, anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan franchisor ini. Pengetahuan anda soal ini akan memantapkan langkah anda ke depan. Maka rasanya kami perlu memaparkan beberapa informasi ini sebagai bahan pertimbangan bagi anda.

Salah satu sumber informasi menyebutkan paling tidak ada empat keunggulan Apotek K-24. Pertama, mereka memili Brand Awareness yang relatif tinggi. Barangkali hal ini muncul karena mereka menawarkan konsep buka 24 jam non-stop yang membuat masyarakat bisa mudah mencari obat bila sewaktu-waktu membutuhkan. Hal ini terlegitimasi dengan diraihnya 23 penghargaan dari berbagai institusi seperti seperti MURI, AFI, SWA, ISMBEA, dll. Termasuk di antaranya adalah sebagai Waralaba Apotek Terbaik tahun 2010 kategori apotek, dengan penghargaan “Top Of Mind 2010” serta “Franchise Best Seller 2010” juga penghargaan “TOP BRAND 2011”. Tahun 2014 kemarin, Apotek K-24 juga diganjar penghargaan sebagai Franchise Market Leader 2014.

Kedua, mereka disebut sebagai “apotek jaringan waralaba” yang memiliki konsep bisnis khas yang prima. Apa konsep bisnis yang mereka miliki? Mereka menawarkan pelayanan maksimal melalui 5 Jaminan Pasti: Komplit 24 Jam, Pagi Siang Malam Libur Harga Sama, Hanya Menjual Obat Asli, Layanan Konsultasi Apoteker Gratis, dan tersedia Layanan Antar. Konsep ini sangat dibutuhkan dan diterima baik oleh masyarakat. Terbukti dalam waktu 8 tahun ini, Apotek K-24 telah hadir lebih dari 250 gerai dari Aceh sampai Merauke.

Ketiga, mereka buka selama 24 jam. Diyakini bahwa apotek ini adalah pelopor dari sistem operasi apotek yang buka 24 jam. Diceritakan bahwa pada awalnya di Jalan Magelang, Yogyakarta, hanya Apotek K-24 yang memiliki konsep tersebut, tetapi lambat laun muncul juga apotek-apotek lain yang kemudian buka selama 24 jam. Kala anda coba mengetik “apotek buka 24 jam” pun yang muncul adalah apotek ini. Maka tak diragukan lagi, title buka 24 jam adalah milik Apotek K-24 meski apotek lain juga melakukan hal serupa. Sedangkan, keunggulan keempat adalah mereka menawarkan harga jual yang bersaing dan tetap sama pada setiap waktu.

Sebagai penutup, kami akan melampirkan daftar penghargaan yang diterima oleh waralaba Apotek K-24. Tak diragukan lagi, ini adalah peluang bisnis yang menguntungkan bagi anda. Selamat berupaya!

Penghargaan Apotek K-24 dari tahun ke tahun:

2005

Penghargaan MURI Pertama :

  • Apotek Jaringan Pertama di Indonesia Yang Buka 24 Jam Non Stop Setiap Hari     24 April 2005
  • Apotek Asli Indonesia Yang Pertama Kali Diwaralabakan (sekaligus mendapatkan penghargaan MURI yang kedua), 24 Oktober 2005

2008

Penghargaan MURI ke – 11:

  • Pembukaan Gerai Apotek Secara Serentak Dengan Jumlah Terbanyak, 24 Gerai, 24 Agustus 2008

2010

  • Penghargaan Waralaba Terbaik Kategori Apotek “Top of Mind 2010” (Apotek K-24 meraih 68.0%, Kimia Farma 18.8%, Century 11.6% dan Guardian 1.7%)
  • Penghargaan Waralaba Terbaik Kategori Apotek “Franchise Best Seller 2010” (Apotek K-24 meraih 85, Century 40, Kimia Farma 3 dan Malaka 1)

2011

  • Penghargaan “Fastest Growing 2011”
  • Penghargaan “The Best in Marketing Strategy Indonesia Franchisor of The Year 2011”
  • Penghargaan “TOP Brand 2011”

2012

  • Penghargaan “TOP Brand 2012”
  • Penghargaan “Indonesia Original Brand 2012″
  • Penghargaan “Indonesia Brand Champion 2012”
  • Penghargaan “As Potential Winner Indonesia Franchisor of The Year 2012”
  • Penghargaan Kategori Apotek Waralaba Terbaik “Franchise Top of Mind 2012”

2013

  • Penghargaan “ Jogja Marketeers Champion 2013”
  • Penghargaan “Coorporate Image Award 2013”
  • Penghargaan “Indonesia Original Brand 2013” untuk Kategori Apotek (IOB Index Apotek K-24 7.78, Century 7.59, Kimia Farma 7,26)
  • Penghargaan “Franchise TOP of Mind” 2013”
  • Penghargaan “TOP brand 2013”

2014

  • Penghargaan “Indonesia Most Reputable Healthcare Brand 2014” untuk kategori Apotek Chain (Apotek K-24 meraih brand equity index 7.63, Century 7.61, Guardian 7.51, Kimia Farma 7.44, dan Melawai 7.36. Apotek K-24 Denpasar juga meraih total Index tertinggi mengalahkan keempat apotek lainnya)
  • Penghargaan “Fastest Growing 2014”
  • Penghargaan “Pioneer Brand Indonesia 2014”
  • Penghargaan “Market Leader 2014”
  • Penghargaan “Gold Champion of Indonesia WOW Brand Award 2014” untuk kategori Consumer Healthcare Product and Service dengan sub kategori Chain Pharmacy. (Apotek K-24 mengungguli para pesaingnya yaitu Apotek Kimia Farma (silver) dan Apotek Century (bronze).
  • Penghargaan “TOP Brand 2014”
  • Penghargaan “KR Award” dalam ajang Pinasthika Creativestival XV (2014) kepada dr. Gideon Hartono sebagai sosok The Changers.
  • Penghargaan “Franchise Top Of Mind 2014”