Peluang Bisnis Tenaga Surya

Peluang Bisnis Tenaga Surya – Kebutuhan manusia yang tidak bisa lepas dari tenaga listrik membuat berbagai sumber energi tak terbarui seperti batubara semakin menipis. Untuk itulah perbincangan mengenai pemanfaan sumber energi terbarukan sangat perlu ditindak lanjuti. Beberapa sumber energi alternatif sebenarnya sangat layak untuk diteliti dan dikembangkan penggunaannya.

Jenis-Jenis Sumber Energi Alternatif

Sumber: http://dlhk.acehprov.go.id

Untuk tetap menjaga kelestarian alam, penggunaan batubara sebagai sumber energi listrik memang harus diminimalisasi. Karena itulah, sumber daya alam alternatif harus dikenalkan lebih lanjut. Berikut ini adalah beberapa jenis sumber daya alam alternatif yang bisa menunjang kebutuhan energi manusia di masa depan:

Baca Juga:

Energi Nuklir

Apakah anda tahu bahwa proses reaksi nuklir yang terkendai bisa menjadi sumber energi alternatif dengan potensi yang luar biasa. Proses reaksi ini sendiri disebut dengan reaksi fisi. Panas padaproses reaksi ini digunakan untuk menguapkan air. Kemudian air itu akan digunakan untuk menggerakkan generator yang menghasikan listrik.

Survey pada tahun 2007 bahkan menunjukkan bahwa lebih dari 14% pasokan listrik di dunia berasal dari sumber energi aternatif yaitu nunklir. Sayangnya Indonesia masih terus mengkaji kemungkinan untuk menggunakan energi alternatif yang satu ini. kita tidak tahu kapan kajian ini akan selesai dan ditindaklanjuti.

Energi Air

Sumber energi yang satu ini bukanlah energi baru, tapi sudah sangat lama digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia. Sisi positifnya, sumber energi air sangat ramah lingkungan sehingga tidak memiliki dampak buruk jika digunakan. Di Indonesia sendiri, energi air sudah lama digunakan untuk menggerakkan pembangkit listrik.

Energi Biomassa

Materi biologis yang sudah mati ataupun masih hidup ini disebut sebagai biomassa. Nah, energi biomassa merupakan salah satu energi alternatif yang berasal dari bahan bakar yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Pada poin ini seharusnya Indonesia bisa memanfaatkannya dengan baik, mengingat di Indonesia ada banyak sekali tumbuhan atau limbah organik yang bisa dijadikan sumber energi biomassa.

Beberapa contoh dari energi yang sangat ramah lingkungan ini adalah sumber energi biomassa olahan kotoran hewan, olahan gambut dan lain sebagainya. Total sekiar 0.5% listrik di Amerika Serikat dihasilkan dari energi biomassa.

Energi Panas Bumi

Apakah anda tahu bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi panas bumi yang luar biasa besar? Saat ini panas bumi menjadi sumber energi alternatif yang bisa digunakan untuk membangkitkan listrik. Sumber energi yang satu ini ramah lingkungan, ekonomis dan dapat diandalkan serta bebas dari isu kelangkaan lho.

Energi Matahari/Surya

Sumber energi yang satu ini sangat berguna bagi kehidupan makhluk hidup di dunia. Selain untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia, energi matahari juga dibutuhkan untuk kebutuhan tumbuhan dan hewan. Sumber energi yang satu ini adalah matahari yang tentu saja memiliki jumlah energi tak terbatas dan sangat cocok digunakan sebagai sumber energi alternatif.

Energi Angin

Sama halnya dengan energi air, energi angin sudah lama digunakan di Indonesia dan di dunia. Sumber energi yang satu ini cukup penting bagi kehidupan manusia. Selain Belanda, Indonesia jelas menjadi salah satu negara yang ideal untuk pemanfaatan sumber energi ramah lingkungan ini.

Energi dari Gelombang Air Laut

Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah perairan yang begitu luas. Bahkan wilayah perairan di Indonesia lebih luas dibandingkan dengan daratannya lho. Hal ini tentu menjadikan potensi Indonesia dalam menghasilkan sumber energi alternatif dari gelombang air laut begitu besar.

Peluang Bisnis Tenaga Surya

Dari sekian banyak sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan manusia, tenaga surya adalah salah satu yang cukup populer. Bahkan pemanfaatan tenaga surya ini sudah berlangsung beberapa tahun lalu dan hingga saat ini cukup banyak masyarakat yang antusias terhadap produk-produk yang berkaitan dengan tenaga surya.

Di luar pemanfaatan bagi kehidupan manusia, ada sisi lain yang bisa kita lihat dari tenaga surya yaitu peluang bisnis tenaga surya. Mengingat semakin besar atensi masyarakatterhadap pemanfaatan tenaga surya dan juga semakin meningkatnya penggunaan tenaga surya maka tidak ada yang salah jika kita mulai melihat dari sektor peluang bisnis tenaga surya.

Sebagai bentuk rekomendasi dan saran, berikut ini kami cantumkan beberapa ulasan mengenai peluang bisnis tenaga surya khusus untuk anda:

Produk-Produk Berbahan Dasar Tenaga Surya

Salah satu produk dari tenaga surya yang paling populer dan dikenal cukup baik oleh masyarakat adalah solar panel yang bisa dipasang di atap rumah/bangunan dan juga di atas kap mobil. Khusus untuk pemasangan solar panel di atap rumah, ini akan membantu anda mengurangi pemakaian listrik dari PLN.

Dengan begitu, maka secara tidak langsung anda menghemat biaya pengeluaran untuk .listrik setiap bulannya. Kemudian pemasangan solar panel di atas kap mobil bisa ansda manfaatkan untuk mencharger aki sehingga aki mobil atau kendaraan lebih awet dan tahan lama. Hasil akhirnya tentu tetap pada penghematan biaya pengeluaran bulanan.

Atau mungkin anda ingin melihat peluang yang lebih luas lagi? saat ini tidak hanya produk utama tenaga surya berupa solar panel yang bisa anda jadikan ladang bisnis. Lebih dari itu anda bisa juga menjual sistem penghangat, solar attic fans, sistem pendingin, pompa solar, solar gadgets, charger solar, lampu emergency dan lain sebagainya. Semua produk-produk yang disebutkan tadi sudah memanfaatkan tenaga solar sebagai sumber energi.

Sebagai pengusaha atau calon pengusaha, anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi distributor produk-produk tersebut. Modal yang dibutuhkan memang tidak sedikit, tapi produk yang tahan lama dan peminat di masa depan yang diperkirakan semakin meningkat tentu membuat peluang bisnis tenaga surya yang satu ini sangat menjanjikan. Anda berminat?

Produk-Produk Sekunder (Aftermarket Solar Product)

Selain mencoba peruntungan dalam peluang usaha tenaga surya melalui jual-beli produk primer. Maka anda juga bisa mencoba memperjual-belikan produk-produk sekunder dari tenaga surya. Jika target pasar dari produk primer tadi sangat luas, berbeda dengan target pasar produk sekunder ini. Pemasaran produk sekunder dari tenaga surya ini lebih menyasar pihak-pihak yang telah memasang produk primer sebelumnya.

Jadi secara tidak langsung, produk-produk sekunder ini berfungsi sebagai pelengkap. Salah satu contoh produk sekunder ini adalah solar backup generator. Produk yang satu ini merupakan sebuah teknologi yang mampu membantu sistem solar memproduksi listrik lebih banyak lagi.

Meskipun target pasar dari peluang bisnis tenaga surya yang kedua ini tidak terlalu luas, tapi mengingat ke depannya akan semakin banyak pengguna produk dengan tenaga surya maka jelas peluang ini juga menjanjikan.

Layanan Pihak Ketiga

Peluang bisnis tenaga surya yang ketiga ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin nomor 1 dan 2. Entah anda tahu ataupun tidak, tapi faktanya biaya yang berkaitan dengan pemasangan, pemeliharaan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan tenaga surya ini cukup mahal lho. Mahalnya biaya untuk investasi di sektor ini bisa anda manfaatkan sebagai sebuah peluang bisnis tenaga surya.

Banyak kalangan yang berusaha mencari alternatif untuk pembiayaan proyek solar. Tentunya anda harus jeli dan berani menginvestasikan uang anda untuk menyediakan layanan yang berkaitan dengan hal ini. Salah satunya adalah solar financing, di mana layanan ini memberikan pilihan bagi developer solar untuk membiayai proyek dengan resiko terkecil serta penawaran kemudahan bagi pelanggan.

Kemudian selain solar financing, anda juga bisa membaca peluang bisnis tenaga surya yang lain seperti asuransi produk tenaga surya, jasa pemeliharaan produk tenaga surya, dan jasa perbaikan produk tenaga surya. Atau bahkan jika anda kredibel, jasa solar appraisal yang menilai kelayakan suatu proyek solar sangat bisa anda tekuni.

Khusus untuk jasa perbaikan produk tenaga surya, jelas jasa ini sangat dibutuhkan di masa awal booming produk dan tetap akan dibutuhkan di masa depan mengingat garansi produk tidak akan berlaku selamanya. Jasa pemeliharaan produk tenaga surya juga menjanjikan karena tidak semua pemilik produk tahu dan paham bagaimana cara merawat dan memperlakukan produk tenaga surya dengan benar.

Investor di Proyek Tenaga Surya

Nah, peluang bisnis tenaga surya yang keempat ini sepertinya sangat cocok untuk anda yang memiliki dana lebih tapi tidak ingin terlibat dalam aspek teknis dan operasional yang rumit. Tentunya untuk menjadi investor dalam proyek tenaga surya, uang saja tidak akan cukup.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan dan penggelapan dana atau modal, maka anda juga harus membekali diri dengan pengetahuan tentang bisnis yang satu ini. tidak perlu pengetahuan yang menyeluruh, tapi mungkin saja anda bisa mencari informasi tentang dasar-dasar proyek tenaga surya yang akan anda jadikan lahan investasi.

Kembali lagi, jika anda tidak ingin direpotkan dengan berbagai hal dalam investasi proyek ini. Maka anda bisa meminta bantuan penyedia jasa solar appraisal. Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa layanan jasa yang satu ini akan sangat berguna untuk pihak-pihak yang ingin terjun dalam bisnis investasi proyek tenaga surya.

Sebagai informasi tambahan saja, peluang bisnis tenaga surya yang satu ini cukup menjanjikan jika dilakukan di Indonesia. Ini karena proyek-proyek tenaga surya di Indonesia masih baru berkembang dan masih memiliki masa depan yang cukup panjang ke depannya.

Layanan Produk Tenaga Surya Non-Rumah Tangga

Semakin luasnya kalangan yang mengenal produk tenaga surya tentu membuat pangsa pasar produk ini semakin luas. Jika di poin-poin sebelumnya kita lebih fokus pada pemanfaatan produk tenaga surya skala kecil, maka pada peluang bisnis tenaga surya kelima ini kita akan menyasar pasar yang lebih besar.

Tentunya anda tahu bahwa produk tenaga surya tidak hanya bisa diaplikasikan pada hunian ataupun gedung dan juga kendaraan seperti mobil. Lebih dari itu produk ataupun teknologi tenaga surya bisa diaplikasikan pada sistem-sistem lain seperti kapal, area pertanian, aplikasi mobile dan sistem lainnya.

Untuk sistem kapal, penerapan teknologi tenaga surya ini sangatlah tepat karena kondisinya sebuah kapal akan berlayar di lautan yang notabene langsung terkena sinar matahari. Jadi penyerapan sinar matahari bisa sangat maksimal. Untuk penggunaannya, solar panel di kapal bisa digunakan sebagai sumber energi listrik yang tidak terbatas.

Lalu untuk area pertanian, penggunaan solar panel juga bisa membantu khususnya untuk pertanian yang membutuhkan pencahayaan ekstra. Pertanian di rumah kaca juga bisa menggunakan solar panel sebagai sumber energinya. Dari ulasan ini, jelas terlihat prospek bisnis yang satu ini sangat menjanjikan.

Penelitian dan Penemuan Produk Tenaga Surya

Jika anda berkompeten di bidang riset dan sains, tentu peluang bisnis tenaga surya yang satu ini sangat cocok untuk anda. Sebagai contoh, anda bisa melakukan penelitian terhadap bahan-bahan yang mungkin akan mendukung peningkatan efisiensi output tenaga surya sehingga anda bisa menyempurnakan produk sebelumnya atau menemukan produk baru yang luas penggunaannya.

Salah satu penemuan yang cukup populer adalah jendela solar dari Los Alamos National Laboratory. Jendela solar yang satu ini bisa menggantikan peran panel surya yang biasa dipasang di atap rumah. Jadi dengan menggunakan jendela solar, anda tidak perlu kesulitan untuk memasang panel di atap. Sebaliknya, anda cukup mengganti jendela rumah anda dengan jendela solar ini.

Jadi apakah anda siap menjadi penemu produk tenaga surya selanjutnya?

Produk-Produk Informasi Tentang Tenaga Surya

Meskipun saat ini internet telah memudahkan kita semua untuk memperoleh informasi, tapi tetap saja ada beberapa aspek yang tidak tergantikan. Ada kalanya, jika anda harus mencari buku atau panduan yang benar-benar kredibel dalam melakukan sesuatu, dalam hal ini tentu berhubungan dengan tenaga surya.

Salah satu contoh produk informasi adalah layanan training ataupun sosialiasi tentang desain dan instalasi sistem tenaga surya. Hal ini tentu membutuhkan keahlian khusus bukan? Baca peluang ini dan jadilah trainer berpengalaman terhadap produk-produk tenaga surya. Selain memberikan pengarahan secara langsung melalui kelas atau workshop, anda juga bisa membuat video tutorial atau instruksi dan juga menerbitkan buku ataupun e-book.

Selain menhasilkan uang, bisnis ini juga membuat anda bisa membantu orang lain dengan pengetahuan yang anda miliki. Peluang bisnis tenaga surya yang satu ini cukup menjanjikan bukan?

Portal Karir di Bidang Solar

Berkembangnya proyek-proyek tenaga surya di Indonesia dan juga di dunia tentu membuat permintaan tenaga kerja ahli semakin meningkat. Untuk menjawab peluang bisnis tenaga surya yang satu ini anda bisa membuat platform online yang mewadahi para pekerja di bidang ini.

Atau sebaliknya anda bisa memfasilitasi perusahaan-perusahaan untuk memperoleh karyawan ahli di bidang tenaga surya. Inti dari pekerjaan ini adalah anda sebagai pihak perantara atau penyambung antara karyawan dan perusahaan.

Apakah bisnis ini menguntungkan? Jawabannya jelas iya!!

Solar Retailer

Nah, peluang bisnis tenaga surya yang satu ini cocok untuk anda yang suka berjualan tapi tidak ingin direpotkan dengan stock produk, alur supply dan urusan-urusan teknis penjualan lainnya. Cukup luangkan waktu dan uang anda untuk menjadi solar retailer. Sebagai informasi tambahan saja, anda mungkin bisa bergabung dengan Australia Indonesia Quality Solar Collaboration (AIQSC) yang merupakan salah satu penyedia franchise retailer solar.

Tentunya, dengan berbisnis retail anda tidak akan serepot bekerja menjual sendiri bukan? Jadi apakah anda tertarik dengan bisnis yang satu ini?

Di luar beberapa peluang bisnis tenaga surya di atas, sebenarnya masih ada lagi beberapa kegiatan yang berkaitan dengan tenaga surya. Namun kegiatan-kegiatan ini merupakan non-profit sehingga tidak akan menghasilkan uang untuk anda.

Beberapa contoh kegiatan non-profit ini adalah membuat yayasan yang secara khusus menyediakan listrik yang berbasis tenaga surya. Salah satu tujuan utama yayasan-yayasan seperti ini adalah untuk mengenalkan dan mendukung pemanfaatan tenaga surya di Indonesia.

Ayo tingkatkan kesadaran anda tentang sisi positif pemanfaatan tenaga surya ini..

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *