Peluang Bisnis Menulis Artikel

Apakah anda ahli atau memiliki hobi dalam bidang tulis menulis? Tahukah anda, selain memberikan kesenangan bagi anda yang memang ahli atau memiliki hobi dalam menulis, ternyata menulis dapat menjadi ladang usaha lho. Yap, menulis dapat memberikan anda uang. Caranya bagaimana? Salah satunya yakni dengan membuat naskah atau cerita kemudian mengirimkannya pada penerbit, jika naskah atau cerita anda tersebut menarik maka selanjutnya dapat dipublikasikan dan uang pun akan berada di tangan anda.

Selain cara tersebut apakah ada cara lainnya? Ternyata ada lho, yakni melalui media internet. Menjamurnya internet pada setiap orang memunculkan peluang bisnis bagi anda yang memiliki hobi atau keahlian dalam bidang menulis, bisnis tersebut yakni menulis artikel. Banyaknya website dan blog di internet menciptakan peluang bisnis pada bidang menulis. Agar suatu laman website atau blog di internet ramai dikunjungi oleh para peselancar internet, tentunya laman tersebut memerlukan konten yang menarik, kreatif, informatif, dan juga up to date. Akan tetapi tidak semua para pemilik laman mampu membuat artikel atau konten yang menarik, kreatif, informatif, dan juga up to date tersebut.

Article-Writing

Peluang Bisnis

Alasannya pun beragam, mulai dari tidak memiliki banyak waktu untuk menulis, ide yang dimiliki dalam menulis kurang, atau bahkan memang benar-benar tidak memiliki bakat dalam bidang menulis. Akhirnya mau tidak mau para pemilik laman tersebut perlu mencari para penulis lepas yang dapat membuat laman mereka hidup dengan artikel-artikel yang menarik, kreatif, informatif, serta up to date. Penulis artikel lepas ini sering dikenal juga dengan sebutan pembuat artikel, content writer, atau freelancer.

Lalu bagaimana caranya untuk dapat menjadi penulis artikel tersebut? Untuk menjadi seorang penulis artikel lepas atau freelancer tidak diperlukan anda berasal dari latar belakang pendidikan tertentu, namun memang akan lebih baik jika anda berasal dari pendidikan terkait dunia tulis menulis karena tentunya anda telah memiliki bekal bagaimana menulis yang kreatif dan berkualitas.

Namun jika anda bukan berasal dari pendidikan terkait bidang tulis menulis, anda tetap bisa kok menjadi penulis artikel lepas. Caranya bagaimana? Paling tidak anda harus belajar bagaimana caranya menulis artikel yang baik kualitasnya.

Kualitas tersebut bisa didapatkan melalui tata bahasa, enak untuk dibaca, kaya akan informasi, menguasai beragam model dan karakter penulisan sehingga tidak sama dengan penulis yang lain, menguasai banyak pengetahuan maupun tema-tema unik, serta memberikan informasi yang tidak menyesatkan para pembaca.

Selanjutnya jika kita sudah belajar akan hal-hal diatas, bagaimana cara anda menjual serta berapa biasanya fee yang akan didapatkan dari menulis artikel tersebut? Mari kita bahas satu-per satu. Terkait dengan bagaimana cara menjual artikel anda, langkah yang dapat diambil adalah dengan melakukan promosi hasil tulisan anda. Anda bisa mempromosikan artikel yang anda buat secara online melalui laman facebook, twitter, atau Google + pribadi anda. Anda juga dapat bertanya pada teman-teman yang sebelumnya sudah terjun lebih dulu dalam bidang menulis artikel online, siapa tahu anda bisa mendapatkan tawaran atau job menulis tersebut dari link teman anda.

Nah selanjutnya untuk tarif, antara satu pemesan dengan pemesan lainnya bisa beragam, namun biasanya akan berpatokan dari jumlah kata yang ditulis serta bahasa dari artikel yang ditulis. Antara artikel berbahasa Indonesia dengan artikel berbahasa Inggris biasanya terdapat perbedaan harga lho.  Umumnya artikel berbahasa Inggris lebih mahal ketimbang berbahasa Indonesia sebab perlu ketelitian ekstra dalam hal grammar dan structure setiap kalimatnya.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *