Peluang Bisnis Kerajinan Bambu

Kekayaan alam Indonesia dikenal sangat luar biasa sehingga tidak heran produk kerajinan banyak yang menyukainya. Salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia adalah melimpahnya tumbuhan bambu sehingga bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal. Meskipun pada beberapa wilayah di Indonesia tanaman bambu sulit untuk tumbuh, namun sebagian besar wilayah Indonesia tumbuhan bambu sangat melimpah.

Bisnis Kerajinan Bambu

Selama ini masyarakat hanya memanfatkan tumbuhan bambu untuk bahan bangunan saja, namun sekarang tanaman bambu bisa diubah menjadi berbagai macam kerajinan yang unik dan memiliki nilai seni dan bahkan nilai jual yang tinggi. Banyak kerajinan yang dapat dibuat dari batang bambu, mulai dari yang sangat sederhana hingga yang memiliki kerumitan yang sangat.

Sumber:http://www.apwi-pwu.com

Sumber:http://www.apwi-pwu.com

Berikut ini beberapa kerajinan yang dapat dibuat dari batang bambu:

1. Tusuk sate dan batang dupa

Makanan khas Madura yang saat ini sudah dijajakan diberbagai wilayah Indonesia merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Tentu saja sate tidak akan menjadi sate jika tidak ada tusuknya, oleh karena itu tusuk sate merupakan usaha yang cukup menjanjikan, karena kebanyakan penjual sate akan lebih memilih membeli tusuk dari pada membuat sendiri.

Baca Juga:

Pemilihan bambu juga sangat menentukan, pilihlah bambu yang tidak mudah terbakar. Pemasaran tusuk sate juga cenderung mudah, cukup menitipkan pada pusat perbelanjaan dan toko yang menyediakan bahan roti dan kue. Batang dupa juga terbuat dari bahan bambu yang memiliki ukuran panjang beberapa jenis. Bambu yang digunakan adalah bambu pilihan yang di perhalus dengan dibalut serbuk kayu jati.

2. Mebel

Perabotan rumah tangga yang terbuat dari bambu sangat laris dipasaran karena harganya yang lebih terjangkau. Dibandingkan dengan mebel kayu yang cenderung lebih mahal namum memiliki fungsi yang sama, perabotan yang terbuat dari bambu akan menjadi pilihan yang sangat pas. Beberapa jenis bambu memiliki kekuatan yang sama dengan kayu, apalagi jika bambu di awetkan terlebih dahulu. Anda bisa membuat berbagai perabotan rumah tangga dari batang bambu seperti, meja, kursi, tempat sampah, dan lain sebagainya.

3. Kerajinan tangan

Bagi seseorang yang memiliki kreatifitas yang tinggi dapat menyulap batang bambu menjadi berbagai macam kerajinan yang memiliki nilai ekonomis dan seni yang tinggi. Bahkan sekarang ini daya tarik yang dimiliki oleh kerajinan bambu tidak hanya dalam negeri saja, akan tetapi banyak orang luar negeri yang tertarik akan kerajinan yang terbuat dari bambu. Contoh kerajinan yang terbuat dari bambu adalah lampu hias, berbagai miniature, berbagai anyaman, dan masih banyak yang lainnya.

4. Dekorasi ruangan

Dekorasi ruangan banyak yang menggunakan kerajian bambu sebagai penghiasnya. Seperti pada dekorasi dapur banyak sudah banyak orang yang menggunakan berbagai macam kerajinan bambu. Oleh karena itu prospek berbisnis kerajinan bambu sangatlah menjanjikan. Apalagi sekarang ini banyak rumah makan yang menggunakan bambu sebagai dekorasi utamanya. Penggunaan bambu pada dekorasi kafe memberikan kesan yang asri dan juga memiliki nilai artistic yang tinggi.

Bisnis kerajinan bambu masih memiliki pasar yang terbuka lebar. Menjalankan bisnis kerajinan bambu akan sangat menguntungkan bagi pelaku usaha yang menjalankannya. Melimpahnya tanaman bambu yang ada di Indonesia memberikan keuntungan bagi pengrajin, karena harga bambu akan lebih murah karena melimpahnya tanaman bambu. Bisnis kerajinan bambu juga merupakan bisnis yang ramah lingkungan, sehingga lingkungan tidak akan tercemar jika limbah bambu langsung dibuang.

Untuk memasarkan kerajinan bambu juga cenderung mudah, anda bisa memanfaatkan media internet untuk media promosi. Peluang bisnis kerajianan bambu masih sangat terbuka lebar. Jika anda berniat untuk memulai bisnis kerajinan bambu, tentukan kerajian bambu seperti apa yang akan anda pilih. Mungkin awalnya akan terasa sulit namun anda harus terus berusaha dan jangan pernah berputus asa dalam menjalankan bisnis anda.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *