Pelajar Juga Dapat Berwirausaha

Di negara-negara maju, merupakan hal yang lumrah jika seorang mahasiswa mencari uang selain menjalankan pendidikannya. Di negara kita sendiri pun sebenarnya seorang pelajar/mahasiswa dapat dengan mudah menjalankan sebuah bisnis.

Para sarjana, mahasiswa, maupun pelajar perlu dipersiapkan menghadapi tantangan di dunia kerja dan akan lebih baik jika mereka memiliki penghasilan tambahan. Dari berwirausaha inilah, seorang pelajar/ mahasiswa akan dapat lebih gesit menghadapi tantangan yang akan muncul di masa mendatang seperti kompetisi di dunia bisnis, segmen pasar yang selalu berubah, dll

Dengan berlatih bisnis diusia belia, maka bukan tidak mungkin jika kamu bisa menjadi soerang pengusaha muda atau wirausaha muda mandiri yang sukses dengan penghasilan melebihi orang dewasa pada umumnya.

Salah satu contoh pelajar yang berwirausaha adalah Debora Putri Ardityanti. Seorang pelajar yang duduk di bangku 12 salah satu sekolah swasta di Mojokerto. Gadis kelahiran 6 Agustus 1997 ini membangun usaha online dengan bermodalkan 0 rupiah saja. Usaha yang sudah dibangun selama 3 tahun ini, ia namakan Lapak Baju. Ya, Dia berkecimpung di bisnis online fashion perempuan. Menurutnya tak sulit bagi seorang pelajar untuk membagi waktu antara belajar dan berwirausaha.

Banyak sekali ide bisnis mahasiswa atau bisnis pelajar yang dapat dimulai dengan modal 0 rupiah sampai dua juta rupiah atau bahkan kurang. Saran bagi anda para pelajar/ mahasiswa, pilihlah yang sesuai dengan minat dan yang anda kuasai. Anda akan sangat menikmatinya sebagai hobi dan tidak akan menganggu proses belajar anda. Berikut contoh peluang bisnis yang dapat dijalankan pelajar/ mahasiswa:

  1. Bisnis isi ulang pulsa elektrik

Sudah banyak orang yang menggunakan ponsel dan terkadang mereka kehabisan pulsa dan harus mencari tempat yang berjualan pulsa. Bagi kamu pelajar/mahasiswa dapat memanfaatkan moment ini. Mungkin saja disekitarmu atau temn-temanmu sendiri memerlukan jasa bisnis ini.

  1. Les Privat

Untuk pelajar yang sudah SMA, bisa membuka les privat untuk bidang-bidang studi yang penting bagi murid SMP atau SD. Bidang studi yang bisa dijadikan sebagai lahan les privat adalah matematika, bahasa inggris, Science, dan sebagainya. Syarat untuk membuka les privat adalah otak yang encer, sabar dan telaten, serta komunikatif. Peserta les privat ini bisa diajak dari tetangga-tetangga sekitar, terutama yang akan mendekati ujian.

  1. Bisnis online

Anda bisa memulai bisnis online dari kamar tidur. Anda bisa membuat situs, blog atau toko e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif meski Anda harus mengikuti proses pendidikan.

Jika situs atau blog Anda sudah mendapat tempat di hati pembaca dan banyak dikunjungi, coba tawarkan ruang untuk beriklan di halaman utamanya, atau iklan dalam berbagai bentuk kepada perusahaan besar yang memiliki relevansi dengan konten yang Anda muat. Dengan demikian, perusahaan tersebut bisa dikenal oleh pembaca situs/ blog dan Anda bisa menikmati keuntungan.

  1. Jasa Ketik

Keterampilan yang harus Anda miliki adalah kemampuan mengolah Ms.Word, Ms.Excel, Ms.Power Point, dan Ms. Office lainnya. Sasaran pelanggan, seperti pegawai kantoran, mahasiswa, dan pelajar. Pastinya kamu sudah memperoleh pengetahuan ini dari sekolah bukan? Anda hanya tinggal menerapkannya

  1. Jasa Penulis Artikel

Menulis artikel ketika dipikirkan tanpa praktek akan terasa susah, namun jika Anda rajin berlatih menulis artikel Anda pasti bisa.

Jadi bagi anda para pelajar/mahasiswa gunakan kesempatan ini. Selain contoh diatas, anda dapat menemukan ide bisnis yang lain. Gunakan kreativitasmu dan jangan batasi kemampuanmu.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *