Pedoman Memilih Investasi

Investasi pasti selalu berkaitan dengan risiko.  Pasti anda sering mendengar istilah “high risk high return”.  Setiap orang pasti ingin memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dari berinvestasi. Ada beberapa hal yang menjadi pedoman untuk memilih investasi, agar tidak salah pilih yang dapat menyebabkan kita rugi.

Diantaranya yaitu:
• Ketahui tingkat resiko yang Anda tanggung.
Setiap keputusan investasi harus mempertimbangkan resiko dan keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Anda harus siap untuk menanggung resiko yang besar juga. Sebaliknya, semakin rendah resiko yang ditanggung, semakin rendah pula tingkat keuntungan yang dapat diharapkan.

• Ketahui jangka Waktu Investasi Anda
Jangka waktu investasi anda dapat membantu Anda dalam menentukan beberapa besar resiko yang dapat ditanggung. Pada umumnya, orang yang berinvestasi untuk jangka panjang dapat menanggung resiko yang lebih besar. Hal ini disebabkan investasi saham mengalami fluktuasi yang tinggi dari tahun ke tahun. Tetapi tingkat keuntungan rata-ratanya stabil untuk jangka panjang.

• Kenalilah diri Anda
Mengetahui jangka waktu investasi anda hanyalah sebagian dari proses untuk memilih investasi yang tepat. Anda juga harus memahami perusahaan anda tentang investasi dan apakah anda merasa tenteram dengan resiko yang dihadapi. Ajukan pertanyaan-pertanyaan seperti berikut ini: Dapatkah saya menanggung resiko atas berkurangnya nilaki pokok investasi saya, walaupun hanya untuk sementara waktu?
Jika nilai investasi saya menurun drastic, dapatkah saya bertahan dan berharap nilainya akan kembali meningkat?
Sekali saya berinvestasi, akankah saya memeriksanya tanpa membuat perubahan besar?
Bila kebanyak jawaban anda adalah “tidak”, anda mungkin tidak dapat merasa enteram jika berinvestasi dalam saham. Apabila anda berinvestasi langsung dalam bursa saham anda harus dapat menanggung ketidakpastian dan fluktuasi pasar. Dengan kata lain, investasi dalam saham memerlukan daya tahan tinggi. Semakin panjang jangka waktu anda berinvestasi di saham, semakin besar kemungkinan pasar saham akan memberikan keuntungan yang anda harapkan. Kesimpulannya, jangka waktu akan memberikan kesempatan untuk merubah situasi pasar yang kurang menguntungkan.

• Pelajari keuangan Anda
Untuk kebanyakan orang, investasi di reksa dana hanyalah sebagian dari total asetnya. JIka investasi anda lebih banyak pada deposito berjangka, anda mungkin dapat mengambil resiko lebih besar untuk tingkat keuntungan yang lebih besar pula dari investasi pada reksa dana.

• Evaluasi kinerja investasi Anda
Banyak orang memilih reksa dana berdasarkan keuntungan yang tinggi. Data histories membuktikan bahwa reksa dana yang mempunyai kinerja bagus pada masa lalu tidak selalu memberikan kinerja sama pada masa yng akan dating. Kinerja masa lalu hanya menunjukan bagaimana manajer investasi dapat mencapai tujuannya.

• Diversifikasi
Pemodal yang professional setuju bahwa salah satu rahasia untuk mencapai tingkat keuntungan yang lebih baik secara konsisten adalah diversifikasi atau berinvestasi pada lebih dari satu reksa dana. Diversifikasi adalah sebuah cara untuk mengendalikan resiko karena walaupun anda berinvestasi pada bberapa reksa dana beresiko tinggi, bila nilai dari salah satu investasi tersebut menurun, nilai invstasi yang lain mungkin naik.

• Periksa ulang pilihan investasi Anda
Menikah, pensiun, mempunya bayi adalah tahap siklus kehidupan yang dapat merubah kondisi keuangan anda. Periksa ulang pilihan anda agar tetap sesuai dengan perubahan siklus anda. (Ratih Handayani)

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *