Pedoman Berinvestasi

 Kebanyakan orang akan terlena dengan cerita orang-orang di bursa efek, ataupun di sekuritas (perusahaan keuangan) atau reksadana mengenai sebuah tabungan fantastis yang berbunga ekstra tinggi, 100 % aman dan cepat berlipat ganda dalam waktu singkat. Apa ada tabungan yang seperti ini? Jawabnya Ada… dimana? Di Surga.  Selain investasi kekal kita, jika kita masih ingin menginvestasikan atau menabung sebagian penghasilan kita untuk hari depan kita di dunia ini, maka pikirkanlah prinsip ini: “Pada masa umumnya tingkat pengembalian suku bunga sding dengan resiko dan berbanding terbalik dengan waktu”. Maksudnya jika bunga tinggi ya resiko tinggi dan jika kita ingin menbung sebentar tentunya bunganya sedikit. Sedangkan jika kita berani menaruh uang kita untuk jangka panjang maka returm atau interestnya dapat lebih baik.  Dalam memilih jenis instrumen tabungan dan investasi ada beberapa panduan yang harus kita cermati diantaranya: 

  1. Tentukan tujuan penyimpanan Anda

Seorang yang menyimpan uang untuk pensiun tentunya akan memiliki perilaku yang berbeda dengan orang yang hendak menyimpan uang untuk keperluan pendidikan misalnya. Tujuan penyimpanan uang biasanya sangat terkait erat dengan jangka waktu penyimpanan dan tingkat resiko yang dapat kita tanggung.  

  1. Tentukan jangka waktu penyimpanan kita.

Ada orang yang hendak menyimpan dalam jangka waktu singkat. Sementara orang lain memiliki waktu yang lebih panjang dalam melakukan wealth accumulation.

 

Seorang manajer muda berumur 28 tahun mungkin memiliki waktu 20-30 tahun untuk merencanakan masa pensiunnya dibandingkan dengan seorang direktur yag berumur 58 tahun. Secara umum jangka waktu penyimpanan akan menentukan jenis tabungan dan investasi yang terbaik bagi kita.

 

  1. Tentukan tingkat resiko yang berani Anda tanggung

High return high risk, low return low risk.

 

Beberapa dari kita memiliki mental setengah penjudi. Sementara yang lain memiliki mental safe player.Seorang yang memiliki keberanian untuk menanggung tingkat resiko tinggi biasanya memiliki karakteristik masih muda, singgle, ingin cepat kaya dan belum memiliki tanggungan. Sedangkan orang yang safe player biasanya adalah orang yang lebih dewasa, sudah mendekati masa pensiun namun masih memiliki beban finansial yang harus diselesaikan.
 

Selain usia, mungkin saja kepribadian kita masing masing akan menentukan tingkat resiko yang dapat kita tanggung. Seseorang yang ambisius tentunya akan berani menyimpan uangnya ke dalam instrument yang lebih beresiko untuk mendapatkan return yang lebih baik dan seterusnya.

 

  1. Hitung target simpanan Anda.

Menabung tanpa target yang jelas adalah suatu kesia-siaan. (essay penulis). Jika kita menabung tentu kita harus menghitung dengan pasti berapa uang yang hendak kita kumpulkan, berapa lama dan untuk apa. Dengan demikian kita bisa menentukan dengan lebih tepat  jenis tabungan yang dapat kita pilih. Selamat menabung. (romandito)

     

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *