PayPal Aman Atau Tidak?

Tags:

Bagi Anda yang berkecimpung di bisnis online pasti mengenal dengan baik tentang PayPal. Situs yang dapat digunakan untuk bertransaksi sekaligus menyimpan uang secara online ini memang cukup populer jika dibandingkan dengan situs-situs sejenis. PayPal akan membantu Anda untuk bertransaksi secara aman di dunia maya. Dengan misi mendukung perubahan gaya hidup online yang lebih cepat dan efektif, PayPal berusaha menjadi tempat bertransaksi yang aman sepenuhnya untuk pengguna. Namun seaman apapun sebuah sistem masih saja ada yang mampu meretasnya.

Paypal

Hal inilah yang seringkali menjadi ketakutan tersendiri bagi pengguna PayPal. Mengingat akun PayPal setiap pengguna diharuskan terhubung dengan kartu kredit yang dimiliki. Memang kekhawatiran para pengguna ini beralasan, karena ada beberapa pengguna PayPal yang akunnya diretas oleh orang lain. Khawatir boleh namun jangan terlalu paranoid karena faktanya PayPal memiliki banyak fungsi untuk kehidupan manusia modern saat ini. Anda bisa berbelanja dimanapun, membayar atau mengirim uang kepada siapapun dan juga menerima pembayaran atau menerima uang dari sesama pengguna PayPal. Bahkan untuk mempermudah dan mengamankan transaksi Anda, PayPal kini memiliki menu untuk cash back guarantee, dimana Anda sebagai pembeli dapat meminta dana atau uang yang sudah Anda belanjakan jika memang produk yang Anda peroleh tidak sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu PayPal juga sangat familiar digunakan oleh para freelancer.

Sumber:http://loperonline.com/

Sumber:http://loperonline.com/

PayPal dengan serius mendukung para freelancer untuk menggunakan PayPal sebagai penyimpan dana atau fee yang diperoleh oleh mereka. Secara rutin PayPal mengadakan event atau campaign untuk para freelancer dan menyediakan hadiah uang tunai yang bervariatif. Campaign-campaign tersebut adalah seperti kontes foto ruang kerja freelancer, kontes kegiatan sehari-hari freelancer saat bekerja, pemberian rebate untuk setiap payment yang masuk untuk freelancer dan lain-lain. Campaign-campaign tersebut tentu membuat para freelancer merasa termotivasi untuk menggunakan PayPal dalam bertransaksi Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa cukup banyak orang yang meragukan keamanan PayPal, maka Anda sebagai pengguna juga dituntut untuk mencegah kemungkinan akun Anda diretas. Percuma saja jika sistem PayPal sudah kuat namun Anda sebagai pengguna tidak berhati-hati dan teledor.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada akun PayPal Anda, berikut ini adalah tips-tips dapat Anda lakukan :

1. Rutin Ganti Password

Sebagai antisipasi untuk keamanan akun PayPal Anda pastikan untuk rutin mengganti password. Hal ini akan membantu akun Anda aman dari peretasan. Memang tidak aman sepenuhnya namun setidaknya orang lain atau hacker akan sulit melakukan peretasan.

2. Hati-Hati Dengan Pishing Email

Pishing email memang agak sulit untuk menipu orang yang sudah mengerti dengan hal ini. Namun bagi Anda yang tidak terlalu mengerti tentang teknologi dan sistemnya, pasti dengan mudah Anda bisa menghindarinya. Pishing email ini adalah email yang dikirimkan kepada Anda atas nama orang atau organisasi (dalam hal ini kita sedang membahas tentang PayPal). Dimana email ini dibuat agar Anda menge-klik tautan yang ada dalam email atau membagi informasi berupa identitas dan hal penting lain.

Inti dari email ini adalah pihak lain berusaha menggali informasi pribadi Anda untuk meretas akun PayPal Anda. Sebagai pencegahan, pihak PayPal sudah menginfokan bahwa pengguna bisa membedakan email asli atau pishing email yaitu dengan cara melihat bagaimana sapaan di awal email. Untuk email resmi dari PayPal pasti akan diawali dengan sapaan plus nama pengguna. Misalkan Dear Budi Susanto.. Nah pishing email selalu menggeneralkan sapaan ini, seperti Dear PayPal User dll. Jadi wasapadalah dengan pishing email.

3. Hindari Membagi Info

Hal ini terkadang terjadi secara tidak sengaja dan bahkan Anda tidak menyadarinya. Banyak diantara Anda yang seringkali menyimpan username dan password (email atau akun apapun), di buku catatan atau mungkin di handphone. Kebiasaan ini bisa saja dimanfaatkan oleh orang yang memiliki niat jahat. Jadi sebagai langkah antisipasi sebaiknya Anda tidak menyimpan hal-hal penting seperti ini di tempat yang mungkin bisa diakses oleh orang lain. Nah dengan tips diatas setidaknya akun PayPal Anda akan aman meskipun kita tidak pernah tahu seberapa besar kemampuan hacker untuk meretas sebuah akun atau sistem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *