Pay-Per-Click (PPC): Hal yang Perlu Kita Tahu

Anda pasti pernah mendengar istilah iklan PPC ketika anda sedang membaca hal-hal yang berkaitan dengan iklan di blog atau website. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan iklan PPC itu? Apa saja poin penting yang perlu kita tahu? Mari kita simak ulasan berikut.

Iklan PPC adalah sebuah bentuk pemasaran online yang bertujuan untuk mengarahkan ?alu lintas?orang yang sedang berselancara di dunia maya ke situs web yang ditargetkan untuk mereka. secara ringkas, pengiklan membayar sejumlah tertentu kepada penerbit website untuk setiap klik pengunjung ke website yang telah ditentukan oleh pengiklan tersebut. Kita mengenal Google Adwords yang telah dianggap sebagai program iklan PPC terbaik saat ini. Program tersebut membuat formulasi periklanan belakangan ini, sebaliknya, perusahaan mesin pencari lainnya dan jaringan afiliasi juga menawarkan rencana PPC menarik bagi pedagang, pengusaha dan start-up mencari untuk mendapatkan eksposur atau hanya mendapatkan uang.

Maka dapat dikatakan bahwa iklan PPC ini adalah sebuah langkah yang baik untuk mengukur efektivitas dari pemasaran online untuk produk atau sebuah layanan. Dikatakan demikian karena ?lik?adalah sebuah ukuran yang tak lagi terbantahkan untuk mengevaluasi performa sebuah website. Ketika sebuah penerbit website memproduksi konten yang bernilai dan relevan bagi pengunjung, peluang sebuah pembaca untuk melihat link atau banner serta mengkliknya akan lebih besar.

Baca Juga:

:: Dasar Iklan Pay-Per-Click

Formula dasar dari iklan PPC adalah sebagai berikut:

Pay-per-click ($) = Total Advertising Cost ($) ??mber of Ads clicked.

Contohnya begini, ketika anda memiliki dana sebanyak $100 untuk untuk kegiatan pengiklanan yang spesifik, lantas dengan dana tersebut anda bisa mendapatkan 50 kunjungan atas situs anda dari penyedia klik, maka rata-rata per klik menjadi bernilai dua dolar. Hal tersebut berarti bahwa semakin banyak anda membuat klik pada sebuah kegiatan iklan, anda akan mendapatkan nilai iklan PPC yang lebih rendah.

:: Click Through Rate

Cara pengukuran lain yang menarik bagi pihak yang berkecimpung dalam pemasaran adalah Click Through Rate (CTR), yang didefinisikan sebagai jumlah klik yang dilakukan pada iklan anda (klik-through), dibagi dengan jumlah total tayangan (beberapa kesempatan bahwa iklan Anda ditampilkan pada situs penerbit):

Click-through rate (%) = (Number of Click-throughs/Total Number of Impressions) * 100%

Kampanye PPC biasanya memang mencapai tingkat klik antara satu dan empat persen, meskipun kinerja aktual bervariasi tergantung pada apa dan di mana pasar yang sedang coba anda raih, produk aktual atau jasa yang dijual, dan berbagai faktor lainnya. Manfaat CTR sebenarnya bisa lebih didiskusikan dengan lebih rinci, seperti halnya konsep pendapatan per klik, yang bagi kebanyakan orang bisnis adalah ladang emas bagi efektivitas pengiklanan secara online.

:: Mengukur Kinerja Iklan PPC

Pertanyaan yang seringkali muncul soal ini adalah bagaimana cara mengukur nilai sebuah klik yang datang dari sumber yang tidak langsung? Ini semua tergantung pada jenis orang yang tertarik pada iklan, dan tujuan PPC anda, seperti:
?Apa yang akan Anda dapatkan dari setiap kunjungan? Sebuah gagasan baru untuk newsletter, sebuah ‘Like’ atau ‘share’, memimpin dalam persepsi pasar, atau penjualan yang sebenarnya?
?Apakah kampanye iklan PPC ini untuk memenuhi tujuan jangka pendek dan jangka panjang anda?
Adapun prospek umum, pilihan Anda kata kunci dan / atau kualitas penempatan iklan dengan jaringan afiliasi harus mengikuti dari kriteria penargetan yang tepat:
?Apakah peng-klik paling ideal yang akan anda sasar?
?Apakah anda lebih termotivasi untuk meningkatkan penjualan, atau Anda ingin menumbuhkan “penggemar” dasar?
?Apakah Anda ingin mendapatkan klik dari orang-orang dari wilayah tertentu/berorientasi pada wilayah peng-klik?
?Kapan waktu yang tepat bagi anda untuk mendapatkan klik?

:: Model Umum Iklan Pay-Per-Click

Setidaknya ada dua (2) model dominan PPC belakangan ini. Flat rate yang dibayar per klik berarti bahwa pengiklan dan penerbit web setuju untuk jumlah yang tetap yang akan dibayarkan untuk setiap klik. Penerbit website seringkali memiliki kartu yang menunjukkan tingkat, yang memungkinkan untuk tingkat yang berbeda untuk bagian yang berbeda dari situs web berdasarkan daya tarik konten atau kriteria lainnya.

Pilihan kedua, per klik berbasis tawaran. Biasanya model ini paling erat terkait dengan Google Adwords, Microsoft adCenter (Bing), dan perusahaan mesin pencari lainnya. Jaringan ini menjalankan lelang real-time yang menentukan biaya klik iklan yang dihasilkan oleh pencarian kata kunci.

Iklan PPC ini dengan demikian dapat membantu perusahaan anda menumbuhkan basis pelanggan, tak hanya mendatangkan uang saja bagi penerbit website. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan jangkauan pemasaran anda ke khalayak yang sebelumnya tidak dapat diakses. Untuk terus memanfaatkan dan mencari celah baru dari peluang ini, anda layak untuk mencari dan meneliti berbagai pilihan PPC yang tersedia dan menguji mereka untuk melihat mana yang paling menunjukkan performa terbaik.