Mungkinkah Meminta Kenaikan Gaji?

Setiap tahun biasanya karyawan akan mendapatkan kenaikan gaji sesuai dengan standar pada umumnya. Kenaikan gaji biasanya dilihat dari nilai karyawan selama bekerja di perusahaan. Namun beberapa tahun bekerja, anda mendapatkan kenaikan gaji yang tidak sesuai yang diharapkan. Selama bekerja, anda sudah melakukan hal yang terbaik dan anda merasa pantas untuk mendapatkan kenaikan gaji yang diharapkan. Apalagi anda sudah membuat prestasi secara pribadi untuk perusahaan.

Tak banyak karyawan yang berani untuk meminta kenaikan gaji karena mengandung resiko yang tinggi. Sebenarnya anda pantas untuk meminta kenaikan gaji karena itu adalah hak anda. Namun sebelum meminta kenaikan gaji, anda harus berpikir dengan matang. Ada baiknya jika anda telusuri lebih lanjut lagi karena tindakan ini penuh dengan resiko. Resikonya seperti dapat membuat nilai yang kurang baik di mata atasan atau dapat meningkatkan kecemburuan di mata karyawan lain.

Anda harus meyakinkan diri dulu untuk melakukan hal ini. Saya sampaikan beberapa pertimbangan yang perlu anda pikirkan sebelum meminta kenaikan gaji.

1. Anda harus mencari informasi mengenai standar gaji yang seharusnya anda terima. Carilah info mengenai gaji dengan bidang yang sama dengan perusahaan lain. Telusuri lebih lanjut apakah deskripsi kerja mereka sama yang dengan anda kerjakan.

2. Pastikan atau cek kondisi keuangan perusahaan anda. Mungkin saja saat-saat ini kondisi keuangan perusahaan anda sedang menurun. Perusahaan juga membutuhkan budget yang besar untuk projek kerja yang besar. Anda juga harus mengerti apakah mungkin perusahaan menaikkan gaji karyawannya lagi. Jika kondisi keuangan sedang tidak baik, maka sebaiknya anda tunda dulu untuk meminta kenaikan gaji. Mungkin saja ini dapat berujung kepada pemecatan.

3. Ketahuilah lebih lanjut seberapa besar atau banyaknya anda telah berkontribusi kepada perusahaan. Selama ini berapa banyak prestasi yang anda telah capai untuk meningkatkan kemajuan perusahaan?

Saran saya anda harus membuktikan performa terbaik anda selama bekerja. Itu merupakan poin penting untuk mengajukan kenaikan gaji.

Anda dapat menunjukkan dokumentasi pencapaian kepada atasan. Anda dapat menunjukkan bukti seberapa banyak anda lembur atau bekerja melebihi jam kerja. Seberapa banyak projek kerja yang selesai sebelum deadline. Jika anda beruntung dan menarik bagi perusahaan, klien dari perusahaan anda juga dapat membantu mereferensikan anda sebagai karyawan teladan karena anda yang selalu siap sedia membantu mereka kapan pun.

Tunjukkan juga bahwa anda bukan seorang karyawan saja namun anda juga salah satu aset yang berharga bagi perusahaan. Anda adalah karyawan yang meraih prestasi dan menarik banyak keuntungan bagi perusahaan.

4. Anda harus melihat situasi dan kondisi yang tepat saat mengajukan kenaikan gaji. Pilihlah waktu misalnya menjelang penilaian karyawan atau saat anda sudah menyelesaikan projek perusahaan yang besar. Anda juga dapat mengajukan di saat anda meraih gelar pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini diperlukan karena anda akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk meraih gaji yang anda inginkan.

5. Jika anda sudah yakin, maka persiapkan diri anda untuk berhadapan dengan atasan anda. Anda harus mengungkapkan dengan halus kepada atasan mengapa anda meminta kenaikan gaji. Sebelumnya lakukan latihan untuk memulai pembicaraan. Sampaikan sesuai dengan fakta yang ada.

Dengarkan juga pendapat dari atasan anda. Jika ada yang kurang berkenan, jangan anda tanggapi dengan emosi.

Semoga dengan beberapa hal diatas yang telah saya sampaikan, anda akan lebih bijak untuk mempertimbangkan pengajuan kenaikan gaji.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *