Mompreuneur : Menjadi Ibu dan Menghasilkan Uang

Pernah mendengar istilah tersebut? Tentu saja, istilah tersebut sekarang semakin populer terlebih ketika internet juga mulai populer diberbagai kalangan termasuk kalangan ibu-ibu yang telah menikah. Mengapa? Apa kaitannya? Ibu yang notabenenya bekerja sehari-hari dirumah memilih memanfaatkan fasilitas internet yang juga membuka berbagai peluang usaha dan mempermudah segalanya. Termasuk untuk dilakukan seorang ibu di rumah.

Berbagai jenis usaha direkomendasikan untuk para ibu yang memiliki banyak pekerjaan untuk mengurusi rumah tetapi bisa juga melakukan usaha meskipun kecil-kecilan dan tidak terlalu memberatkan. Apa sajakah? Berikut beberapa usaha yang direkomendasikan tersebut.

Menjahit Pakaian. 
Bisnis ini memang tidak asing lagi bagi kita semua. Bisnis menjahit pakaian memang menuntut anda setidaknya untuk bisa menjahit. Namun bagaimana jika kita tidak bisa menjahit.??
Tenang saja, anda juga bisa melakukan bisnis menjahit ini apabila tidak bisa melakukannya sendiri yaitu dengan merekrut para pekerja jahit yang bisa anda bayar berdasarkan omset kerjaan ataupun gaji setiap bulannya.

Disini anda harus kreatif dalam pemasaran, buatlah strategi marketing yang cukup efektif, sebarkan brosur ke setiap perumahan, toko kelontong, iklan baris koran, dan tempat strategis lainnya, dan andapun juga bisa sediakan servis jemput bola, yaitu bagi siapa saaja yang ingin membuat pakaian, anda bisa datang kesana dan mengukur ditempat konsumen diskusi disana dan deal disana juga.

Berjualan Busana Muslimah Online
Masih berkutat di dunia fahsion. Anda bisa berjualan jenis pakaian yang satu ini yaitu busana muslim. Selain anda memiliki butik (perlu modal tempat dan stock barang) jika ingin jualan dengan minim modal, jualanlah secara online. Kerjasama dengan produsen atau toko busana musim dengan harga kulakan diskon lalu bisa anda naikan berapa persen setiap item yang anda jual.

Sedikit informasi dari teman saya yang juga berbisnis online jualan busana muslim, sebagai contoh dia kulakan pakaian satu pasang dengan harga Rp.130.000 dan dijual Online di harga Rp.200.000 diskon 10% belum termasuk ongkos kirim. Dia tidak usah stok barang, begitu ada orderan langsung pesan ke produsen yang sudah diajak kerjasama sebelumnya.

Ini salah satu peluang bisnis yang mudah dilakukan dan kreatifitaslah yang diperlukan untuk membuat bisnis usaha ini bisa berkembang lebih luas lagi. Aktiflah di sosial media facebook, twitter dan sejenisnya, iklankan produk anda di web dan forum jual beli seperti kaskus, tokobagus, indonetwork, berniaga dan beberapa situs jual beli online lainnya untuk menunjang marketing anda. Respon setiap pertanyaan konsumen dengan cepat dan baik akan sangat membantu meningkakan brand anda dalam berjualan.

Bisnis Usaha Mengelola Butik
Sebuah kesempatan usaha yang berkaitan dengan pakaian saya rasa juga banyak digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Apalagi jika anda membuat lebih eklusif dan khusus seperti butik, bisa butik busana muslim, butik batik dan sejenisnya. Memang diperlukan modal tempat disini, namun bagi ibu rumah tangga yang memiliki space kosong dirumahnya, bisa juga lho dimanfaatkan untuk buka usaha ini.

Kunci dari butik ini adalah strategi marketing yang bagus dan kreatif. Anda harus rajin berpromosi entah itu lokal maupun online. Tentukan usia market konsumen, saya rasa usia muda menjadi target yang cukup bagus mengingat dunia fashion bagi kaum muda terus berkembang dan up to date. Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan konveksi atau perajin batik/busana wanita untuk mensuplai kebutuhan butik anda nantinya. Intinya ini salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga disela-sela kegiatan rutinitas harian mereka.

Bisnis Katering 
Nah untuk bisnis kuliner yang satu ini memang seakan tidak ada habisnya. Anda bisa terjun ke bisnis katering jika anda bisa atau hobi memasak berbagai macam menu masakan. Saya rasa ini merupakan ide bisnis yang cocok juga untuk ibu rumah tangga karena kebanyakan dari beliau-beliau ini memang ahli di bidang ini walau tidak semua.

Yang perlu diperhatikan dibisnis ini adalah anda harus memberikan layanan menu yang beragam, dan juga bisa memberikan servis antar jemput katering ke konsumen (ini untuk personal atau rumah tangga) sehingga konsumen serasa diberikan servis personal. Jika skala bisnis anda lebih besar, anda seharusnya berani juga membuka katering untuk acara-acara ulang tahun, pernikahan, dan sejenisnya. Mulailah dari yang kecil dan jika anda tetap semangat dan kreatif insyaAllah bisa menjadi yang lebih besar lagi suatu saat nanti.

Bisnis Produsen Kue 
Jenis ide peluang bisnis yang satu ini tentunya diminati juga dong buat anda ibu rumah tangga. Hobi memasak atau membikin berbagai jenis kue memang asik ya. Selain menyenangkan, membuat kue bisa dibisniskan juga. Sangat terbuka lebar pasar kue ini, dan jika anda bisa kreatif dan cerdik dalam marketing mudah2an anda bisa mengisi pasar bisnis kue yang ada di masyarakat. Anda bisa memulainya dengan membuat berbagai macam resep kue, sudah banyak buku resep yang dijual umum, atau anda juga bisa ikut kursus singkat membuat kue.

Intinya banyak cara jika kita ingin memanfaatkan ide bisnis menjadi produsen kue ini. Marketing yang bagus, sebarkan banyak brosur ke area perumahan, iklan baris di koran, dan kerjasama dengan beberapa swalayan untuk menitipkan kue buatan anda menjadi beberapa opsi strategi marketing yang bisa diambil. Saya yakin mudah2an pasar bisnis kue ini masih sangat diminati dan akan terus berkembang nantinya.

Bisnis Pulsa
Ingat selalu kata atau kalimat peluang usaha bagi ibu rumah tangga. Memulai bisnis yang masih baru akan sering menyita waktu, pikiran dan uang tentunya. Tapi akan sangat berbeda dengan bisnis pulsa. Bisnis pulsa tidak akan pernah mati. Oleh karena itu tidak sulit menjual ulang produk pulsa. Karena merupakan kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Jika saja anda tahu caranya untuk mengembangkannya, bisnis pulsa anda akan berkembang dengan demikian cepat.

Atau bisnis-bisnis ringan lain yang sesuai dengan kepribadian atau mungkin keadaan disekitar rumah hingga keadaan keuangan keluarga Anda. Tapi tetap, untuk seorang ibu, kuncinya hanyalah Anda harus pandai-pandai mengatur waktu dan tidak terjerumus hingga harus lebih mementingkan bisnis dibanding keluarga. Selamat berbisnis 😉

|

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *