Miliki Ciri-Ciri Pebisnis Sukses Berikut

Menjadi sukses barangkali bisa didefinisikan dengan berbeda pada setiap orang. Kendati begitu tetap ada setidaknya beberapa ciri-ciri yang ditunjukkan oleh mereka yang sudah mencapai sukses, terutama dalam dunia bisnis. Maka yang perlu kita lakukan sekarang adalah nyamankan diri kita ketika membaca artikel ini, sambil mencentang mana saja ciri yang sudah kita miliki. Sekiranya masih sedikit ciri yang kita miliki, janganlah khawatir, karena ciri-ciri orang sukses bisa diperjuangkan dengan usaha yang keras dan mental baja.

#1 Mengerjakan Hal Yang Kita Nikmati Banyak orang percaya bahwa apa yang kita peroleh dari bisnis kita adalah cerminan dari apa yang kita berikan ke dalam bisnis kita. Misalnya, dari bisnis itu kita merasa mendapatkan perubahan positif dalam diri, kehidupan keuangan yang membaik, serta kenikmatan ketika melakukannya. Maka ketika tidak menikmati apa yang kita lakukan, pasti kita tidak akan memberikan banyak dalam bisnis kita, dan bisnis itu juga tidak akan mendatangkan kebaikan dalam hidup kita. Bisa jadi bisnis tersebut memang menguntungkan, tetapi bila tak ada kenikmatan, kita tak akan pernah bisa berkembang lebih dari ini.

Baca Juga:

#2 Melakukan Suatu Hal Dengan Serius Seringkali kita terjebak pada sikap menyepelekan atau menggampangkan persoalan ketika mengerjakan hal-hal kecil. Rupanya ini bukanlah salah satu ciri dari pebisnis sukses. Ketika kita berbisnis, pasti kita mengharapkan hasil kerja yang efektif dan sukses. Semua itu tak bisa dilakukan bila kita tidak percaya sepenuhnya pada bisnis kita. Sering terjadi pengusaha yang gagal sebelum berkembang hanya karena mereka tidak serius dan gagal menjaga motivasi. Maka apapun yang kita awali, sekalipun itu bisnis kecil di rumah sekalipun, tetaplah jaga motivasi kita. Bakar selalu semangat dengan tujuan besar, dan jangan sekali-kali tak serius dalam mengerjakan hal kecil tersebut.

#3 Rencanakan Setiap Hal Merencanakan setiap hal dari bisnis anda bukanlah hanya sebuah keharusan, ini juga sebuah kebiasaan yang harus dibangun oleh setiap pemilik bisnis. Kebiasaan tersebut harus selalu dibangun, diimplementasikan, dan dijaga kualitasnya. Merencanakan bisnis itu sangat penting karena memaksa anda untuk menganalisa tiap kondisi bisnis, upaya pencarian data, dan membuat kesimpulan dari ragam fakta yang anda temukan dalam riset kecil tersebut. Sebuah business plan juga hal bagus yang anda miliki. Untuk membuatnya anda memang harus menuliskan tujuan dan cara mencapainya dalam selembar kertas. Dengan membuat perencanaan yang detil, anda juga bisa menggunakannya sebagai cara mengontrol atau evaluasi nilai pekerjaan kita atau karyawan kita lakukan.

#4 Mengatur Keuangan Dengan Bijak Banyak orang bilang jantung dari bisnis adalah aliran keuangan. Kita tetap harus mengeluarkan uang untuk beli perlengkapan, bayar orang, promosi dan iklan, memperbaiki peralatan, serta pengeluaran lain yang membuat anda bisa meneruskan kerja anda. Maka, tidak bisa tidak, setiap pebisnis mesti bisa menjadi pengatur keuangan yang baik untuk memastikan uang tetap mengalir mengisi kebutuhan-kebutuhan tanpa kurang satu apapun.

#5 Bergerak Langsung Pada Penjualan Seorang pebisnis yang memulai dari awal sebaiknya bergerak langsung pada penjualan. Segala macam aktivitas pemasaran, iklan, ataupun promosi menjadi tidak akan berguna ketika tidak berujung pada penjualan produk yang anda miliki. Tentu saja yang dimaksud dari poin ini bukanlah kemampuan pengiklanan adalah hal yang tak berguna, bagaimanapun kemampuan dan aktivitas itu berguna untuk meletakkan merek dalam benak publik. Namun sekali lagi, ujung dari semuanya adalah anda sendiri harus aktif bergerak pada penjualan.

#6 Prioritaskan Pada Kepuasan Pelanggan Bisnis anda bukanlah soal produk barang atau jasa yang anda jual. Bisnis ini bukanlah soal harga yang anda tetapkan pada barang dan jasa. Bisnis anda juga bukanlah soal berkompetisi dan cara memenangkannya. Bisnis anda adalah semua yang terkait dengan pelanggan anda itu sendiri. Mengapa? Bagaimanapun, setiap pelanggan anda adalah seseorang yang menentukan apakah bisnis anda akan meledak atau tidak. Maka setiap yang anda lakukan di bisnis haruslah berfokus pada pelanggan, termasuk kebijakan, garanasi, pilihan pembayaran, jam pelayanan, dan sebagainya. Untuk itu anda memang harus mengenal karakteristik pelanggan anda luar dan dalam.

#7 Cukup Percaya Diri Untuk Melakukan Self-Promotion Anda yang berbisnis dalam produk barang mungkin bisa saja bisa meraih kesuksesan tanpa harus mempromosikan diri anda sendiri. Asal barang anda berkualitas bagus, harga bersaing, kebutuhan masyarakat akan barang itu tinggi dan spesifik, serta didukung dengna pelayanan yang prima, bisa jadi bisnis anda akan meraih sukses. Namun bagaimana dengan anda yang berbisnis di bidang jasa? Tentu saja sedikit berbeda. Paling tidak mereka harus mengerti siapa anda, jasa apa yang anda tawarkan, dan mengapa mereka membutuhkan anda. Untuk itu anda harus punya kepercayaan diri yang tinggi untuk melakukan self-promotion. Dengan catatan, anda harus melakukannya dengan proporsional. Kalau berlebihan itu justru bisa jadi bumerang untuk anda sendiri.

#8 Memberikan Kesan Baik Pada Bisnis Anda Istilah yang sering digunakan dalam politik dewasa ini adalah “pencitraan.” Pastikan ketika ada orang yang bersentuhan dengan bisnis anda, baik sebagai calon rekan bisnis ataupun pelanggan, mereka selalu mendapatkan kesan yang terbaik. Maka memang butuh upaya untuk memberikan sentuhan-sentuhan lebih kepada ruangan tempat anda berbisnis, tempat display produk barang anda, serta detil-detil lain yang akan membuat mereka tertarik. Imajinasi, kreativitas, dan perhatian anda pada hal kecil akan memengaruhi keberhasilan upaya ini.

#9 Mengenal Konsumen Secara Personal Seorang pebisnis yang sukses biasanya mengenal secara baik konsumen mereka. Tentu saja tidak akan selalu demikian karena tergantung skalanya. Jika kita adalah seorang pebisnis kecil dengan skala bisnis rumahan, sudah jadi barang wajib bagi kita untuk mengenal pelanggan kita. Dengan mengenalnya, kita bisa menjadi seperti teman dekat yang bisa memberikan perhatian personal. Namun jika kita adalah pebisnis besar yang berskala besar, paling tidak kita mengetahui secara garis besar latar belakang budaya, pola pikir, serta ketertarikan pelanggan kita. Sudah pasti anda akan diapresiasi oleh pelanggan ketika memiliki kemampuan ini.

#10 Kembangkanlah Bisnis Anda Dengan Memanfaatkan Teknologi Di era teknologi informasi yang sedemikian pesat, kita memang perlu berhati-hati supaya tak mudah hanyut. Tak hanya itu, kita juga harus mampu memanfaatkan teknologi tersebut dalam bisnis kita. Contoh paling besar adalah cukup dengan sebuah komputer dan jaringan internet di dalam rumah saja, seseorang bisa memperoleh penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya bila dia memiliki website yang sangat laris. Atau bisa juga menggunakan internet sebagai alat promosi produk anda.

#11 Bangunlah Tim Bisnis Yang Solid Sangat sedikit orang yang bisa membangun bisnis sendirian. Selain karena karakter dan tekad, sudah pasti itu karena ada keberuntungan. Maka tugas anda adalah mencari partner yang memiliki visi bisnis yang sama dengan anda. Dengan begitu anda bisa saling memahami. Selain itu pula bentuklah jaringan bisnis yang baik, yang terdiri dari keluarga, teman, supplier, organisasi pengusaha, pekerja, industri, asosiasi bisnis, pemerintah lokal, dan sebagainya. Bagaimanapun, setiap mata rantai pada jaringan itu turut menentukan keberhasilan bisnis anda.

#12 Dikenal Sebagai Seorang Yang Ahli Ketika anda sedang mengalami masalah yang tak bisa anda tangani, sudah hampir pasti anda akan bertanya atau meminta bantuan kepada orang lain. Tentu saja anda membutuhkan informasi yang paling akurat dan bantuan paling baik, maka secara alamiah anda akan mencari seorang yang ahli untuk merampungkan permasalahan anda. Ketika atap rumah bocor, anda akan memanggil tukang. Ketika pipa rumah anda bocor, anda panggil tukang pipa. Nah, itulah alasan kita harus menjadi ahli dalam bidang kita masing-masing. Hal ini akan membuat orang-orang akan mengingat kita setiap bertemu dengan bidang yang kita tekuni. Tentu saja keahlian ini harus dibangun dengan upaya yang luar biasa yang membuat kita menonjol dibandingkan kompetitor bisnis kita.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *