Merencanakan Biaya Liburan

Seringkali, liburan yang idealnya dirasakan setiap manusia terhambat masalah biaya. Liburan, baik dekat maupun jauh tetap akan membutuhkan biaya. Maka dari itu diperlukan perencanaan terutama dari segi biaya yang harus dikeluarkan ketika melaksanakan kegiatan liburan tersebut. Jangan sampai pulang dari liburan, kesenangan yang didapat hanya sebentar dirasakan dan kembali merasa stress akibat pengeluaran yang terlalu besar ketika liburan karena tidak direncanakan sebelumnya. Lantas, bagaimana caranya agar liburan Anda tetap happy tanpa beban setelahnya? Berikut tipsnya.

Pada saat merencanakan biaya liburan ada beberapa item pengeluaran yang utama, yaitu: Hotel atau penginapan, anggaran untuk aktivitas atau main, transportasi dan makan. Nah pada bagian ini kita akan membahas mengenai pengeluaran-pengeluaran tersebut.

Penginapan/Hotel

Hotel adalah salah satu jenis tempat penginapan. Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya kita memilih jenis tempat penginapan yang akan kita pilih. Pilih hotel yang mana ni? Tergantung tujuan liburan kita. Misal kita ingin berlibur di suatu tempat untuk relaksasi, menjernihkan pikiran (lebih kea rah untuk istirahat). Maka anggaran untuk hotel sebaiknya diperbesar.

Hotel pun ada beberapa pilihan harganya, biasanya sesuai dengan bintang. Semakin tinggi bintangnya biasanya harga semakin mahal. Tips untuk mencari hotel dengan biaya murah adalah, cari kupon dari situs deal-deal harian (daily deals), ikut tur operator, tanya-tanya sama teman-teman komunitas travelling dan gunakan kartu kredit (ingat gunakan kartu kredit bukan utang kartu kredit).

Aktivitas untuk Main

Pada saat berwisata mungkin juga Anda akan berencana untuk ikut olahraga air (water sport) atau jalan-jalan ke tempat wisata ini itu. Nah kalo tujuan wisata Anda untuk bermain, anggaran untuk hotel sebaiknya dikurangi (cari hotel yang layak untuk tempat tidur, bersih, aman dan nyaman). Gunakan sisa uang untuk aktivitas main. Cara untuk mendapatkan harga murah saat main adalah: Anda bisa bergabung pada komunitas traveling cari tur operator. Tur operator biasanya (tidak selalu) adalah orang sekitar yang menawarkan jasa pariwisata.

Apabila kita pergi ke negera atau tempat khusus untuk berbelanja, misal negara Singapura, Hongkong dan lain-lain. Ada baiknya kita siapkan terlebih dahulu anggaran khusus untuk berbelanja. Jangan sampai kita kebablasan (kelewatan) menggunakan kartu kredit.

Transportasi dan Makan

Ini adalah pengeluaran yang pasti keluar dan biasanya kecil-kecil tapi sering. Ketika kita merencanakan biaya liburan, pada bagian ini jangan dianggarkan mepet. Lebihkan anggaran untuk transportasi dan makan. Terkadang kita ingin coba makan ini itu, coba ini itu di tempat wisata. O ya kalo bisa setelah merancang biaya perjalanan langsung booking pesawat atau alat transportasi umum, agar kita pasti dapat kursi atau seat dan tentu saja harganya.

Intinya usahakan ketika merencanakan biaya liburan jangan sampai berutang (baca: menggunakan kartu kredit). Berliburlah dengan menggunakan dana yang telah kita persiapkan untuk berlibur.

Oleh-Oleh

Jangan lupakan keluarga dirumah yang kebetulan tidak bisa ikut dalam liburan kali itu. Sekedar oleh-oleh khas tempat Anda berwisata akan sangat menyembuhkan perasaan mereka yang tidak berkesempatan menikmati liburan. Rencanakan dari awal budget untuk membeli oleh-oleh. Jangan sampai Anda lapar mata dan membeli barang yang sebenarnya tidak dibuuhkan. Jika tidak, nantinya Anda menyesal karena ternyata barang yang Anda beli tersebut tidak dipakai. Pisahkan budget untuk membeli oleh-oleh berdasarkan yang Anda inginkan. Misalnya, untuk keluarga yang masih anak-anak, remaja hingga dewasa agar semua sesuai budget dan berbelanja pun akan semakin mudah dengan list yang tersedia dari mulai jenis barang hingga perkiraan harganya.

Selamat berlibur!

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *