Menjadi Kaya Lewat Hutang, Mengapa Tidak?

Ada kalanya dimana pengguna kartu kredit berniat mematahkan kartu kredit tersebut ketika penggunaannya diluar kontrol dan mengakibatkan keuangan keluarga menjadi lebih besar pasak daripada tiang. Baiknya, Anda jangan langsung mengambil keputusan tersebut jika belum mencoba segala cara untuk akhirnya dapat menggunakan kartu kredit dengan baik dan benar-benar bermanfaat bagi Anda dan keluarga terutama dalam hal keuangan.

Karena pada dasarnya, kartu kredit akan sangat membantu keuangan setiap penggunanya jika dapat mengatur dan menggunakannya dengan sebaik dan sebijak mungkin. Tapi memang akan menjadi musibah ketika pengguna kartu kredit tidak menggunakannya sebijak mungkin.

Salah satu cara agar Anda dapat menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah dengan menginvestasikannya lewat emas. Anda bisa membeli emas dengan fasilitas cicilan yang disediakan toko-toko emas tertentu dengan menggunakan kartu kredit yang Anda miliki. Contoh saja. Jika kartu kredit Anda memiliki limit sebesar Rp. 5Juta Rupiah, maka gunakan jumlah tersebut untuk membeli 10gram emas dan cicilkan dalam waktu 12 bulan. Hal tersebut bisa juga digunakan sebagai latihan Anda untuk menabung dan berinvestasi dengan pendapatan yang Anda miliki tiap bulannya. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sulit untuk menabung apalagi berinvestasi sebelumnya. Dengan begitu juga, kartu kredit Anda dapat tetap berfungsi tetapi Anda tidak dapat menggunakannya semaunya karena sudah diinvestasikan lewat emas tersebut.

Bayarkan cicilan per-bulannya melalui kartu kredit yang Anda miliki tersebut. Dengan kesulitan penggunaan kartu kredit, dipercaya akan menjadikan Anda lebih menahan diri dari penggunaan kartu kredit apalagi untuk hal yang kurang diperlukan. Dan Andapun memiliki tabungan berupa emas yang juga dipercaya akan mengalami kenaikan dari waktu ke waktunya yang sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk berinvestasi. Jika ada sesuatu yang darurat pun, emas tersebut masih bisa dicairkan menjadi uang kembali melalui pegadaian misalnya, atau bisa langsung dijual kembali.

Berhati-hati ketika mengimplementasikan investasi melalui kartu kredit tersebut merupakan hal yang sama pentingnya. Misalnya, Anda bermaksud berinvestasi tetapi menggunakan kartu kredit tersebut untuk membeli gadget. Gadget memang termasuk barang berharga, tetapi penurunan harga ketika telah digunakannya sangat drastis sehingga bisa dikatakan Anda merugi. Apalagi jika pembelian gadget tersebut digunakan untuk keperluan pribadi.

Ada baiknya jika Anda memutuskan untuk membeli gadget, gunakanlah sebagai barang untuk dijual kembali. Biasanya akan menarik minat konsumen jika penjualannya dilakukan dengan cara kredit. Seperti Anda ketahui, ketika menjual barang dengan cara kredit kepada orang lain, tentunya kita akan mendapat keuntungan dari penjualan secara kredit tersebut.

Atau, Anda bisa juga menggunakan kartu kredit tersebut untuk membuka usaha baru meskipun bersifat kecil-kecilan. Intinya adalah menggunakan utang yang kita miliki menjadi utang yang produktif. Dimana utang tersebut berputar keberadaannya dan menguntungkan bagi si pemilik utang. Menjadi kaya lewat hutang, mengapa tidak?

Sebagai contoh, Aburizal Bakrie adalah seorang yang bisa menjadi sukses salah satunya dengan memutarkan utang yang dia miliki. Memang, hidup tanpa hutang akan lebih baik karena lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Tapi bagi beberapa orang, dengan mengambil langkah berani dalam berhutang dan mengelolanya dengan baik, telah menjadi jalan hidup dan sukses karenanya.

Tetapi, jika semua hal telah Anda coba namun Anda tetap tidak bisa mengontrol penggunaan kartu kredit dan benar-benar malah menyulitkan Anda, memang lebih baik tutup saja kartu kredit tersebut. Dan cari cara lain untuk bisa menjadi seorang yang sukses. Good luck!

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *