Meningkatkan Disiplin Kerja Karyawan

Sebagai pemilik usaha atau business owner, kita dituntut untuk selalu produktif dalam menjalankan bisnis kita, entah itu bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan produk/item maupun bisnis yang bergerak dalam bidang jasa. Khususnya dalam bidang jasa, pelayanan merupakan sebuah prioritas sehingga pelayanan yang baik akan menentukan berhasil tidaknya usaha Anda dalam menarik banyak customer.

Pelayanan dan produktivitas adalah faktor penting yang tidak dapat dipisahkan dari performa karyawan. Membuat mereka disiplin dalam segala aspek akan menunjukkan perkembangan positif yang signifikan bagi bisnis Anda. Disipin dalam hal ini bisa dikaitkan dengan disiplin waktu (timing), disiplin dalam hal menyelesaikan tugas- tugas yang dibebankan kepada mereka, displin sharing dan cooperating dalam tim dan lain sebagainya.

Kenali Gejala Karyawan Malas

Setiap orang pasti pernah mengalami fase jenuh, terutama bagi para karyawan. Jika beban kerja yang dikerjakan hanya itu – itu saja belum lagi bekerja dalam tekanan tentu mereka akan mudah jenuh dan semangatnya bisa memudar. Sebagai pemilik usaha, Anda pasti tak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Jika demikian, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali gejala karyawan malas. Biasanya karyawan yang memiliki penurunan kinerja akan menunjukkan tanda-tanda berikut :

  1. Datang terlambat menjadi kebiasaan seorang karyawan dengan berbagai alasan yang diputar – balikkan. Umumnya karyawan yang mengalami penurunan kerja akan sering datang terlambat bisa lebih dari 1x selama seminggu.

  1. Mengantuk dan susah konsentrasi . Dalam kondisi ini karyawan menunjukkan ketidak-produktifannya, bahkan ketika dibebankan pekerjaan yang sukar, ia akan sulit untuk bisa menyelesaikannya.

  1. Tertangkap basah bermalas-malasan maupun melakukan pekerjaan yang bersifat hiburan, seperti mengobrol di jam kerja, bermain game, chat dengan teman atau sekedar melamun sendirian.

  1. Tidak ada semangat dalam bekerja dan terkadang uring – uringan sendiri, dan lain sebagainya.

Faktor Penyebab Karyawan Malas

Nah, setelah Anda mengenali gejala- gejalanya, Anda bisa menelusuri faktor penyebabnya. Ada beberapa factor penyebab karyawan malas atau mengalami penurunan kinerja, diantaranya :

  1. Faktor internal – yakni merupakan faktor dari dalam lingkungan kerja seperti ruang yang tidak kondusif (kurang nyaman), tim yang tidak solid, partner yang kurang kooperatif, bos yang terlalu kaku, pekerjaan yang tidak seimbang dengan upah yang diterima atau rasa jemu dengan pekerjaan yang sama.

  1. Faktor external – yakni merupakan faktor yang berasal dari luar seperti kondisi keluarga (permasalahan keluarga), kendala transportasi menuju tempat kerja, memiliki side job di luar sana dan lain sebagainya.

Bagaimana Meningkatkan Disiplin Kerja Karyawan

Ketika banyak businessman menanyakan bagaimana meningkatkan disiplin kerja karyawan, sejatinya terdapat banyak solusi jitu yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan produktivitas dan semangat mereka, diantaranya :

  1. Menciptakan Ruang Kerja Yang Kondusif

Ruang kerja yang indah, nyaman, sejuk dan kondusif merupakan cerminan ruang kerja yang banyak diidam- idamkan karyawan. Sebisa mungkin memberi ruang gerak yang cukup bagi karyawan Anda sehingga mereka bisa bebas berekspresi dan tidak merasa terkurung dalam sangkar.

Ubah view ruang kerja mereka. Buat senyaman dan sesantai mungkin untuk menghilangkan rasa ketegangan. Jika perlu sediakan tempat yang lebih luas untuk mereka. Dengan begitu, karyawan Anda tak hanya akan bersemangat bekerja namun juga segala kepenatan dan masalah eksternal akan hilang dengan sendirinya.

  1. Disiplin Bukan Berarti Harus Banyak Aturan

Terlalu banyak peraturan tentu akan membuat karyawan stress, misalnya terlambat 1x akan mendapatkan SP 1, bermain game di saat kerja akan langsung mendapat SP 3 dan sebagainya. Akan lebih bijak bagi Anda untuk memberikan reward atas pencapaian yang mereka lakukan meskipun bentuknya kecil, misalnya mereka mampu menyelesaikan tugas-tugas kurang dari waktu yang sudah ditentukan, datang lebih awal dan penjualan (sales) meningkat.

Pujian, bonus, reward dan pengangkatan jabatan akan membuat mereka merasa dihargai dan akan melakukan sesuatu dengan disiplin tanpa harus disuruh.

  1. Training dan Motivasi

Bagaimana meningkatkan disiplin kerja karyawan juga dapat dilakukan dengan cara mengadakan monthly training and motivating season dimana para karyawan bisa kembali ditraining dan dimotivasi untuk dapat meningkatkan kinerja dan kedisiplinan mereka. Anda bisa menyewa motivator dan trainer handal untuk melakukan tugas ini.

Nah, semoga tips meningkatkan disiplin kerja karyawan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan membantu pengembangan bisnis lebih baik lagi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *