Mengubah Mindset Karyawan Menjadi Pengusaha

Kebanyakan orang jika ditanya ”ingin kerja jadi apa?” pasti kebanyakan orang akan menjawab menjadi PNS atau pekerja kantoran. Ini yang selalu ditanankan pada diri seorang anak oleh kedua orang tuanya. Pernahkah anda ingin mengubah pola pikir karyawan menjadi seorang pengusaha? Tentu saja menjadi pebisnis sukses tidaklah gampang. Banyak orang yang beranggapan menjadi pengusaha mempunyai resiko yang sangat besar, dan kebanyakan orang takut mengambil resiko tersebut sehingga mereka lebih memilih pada zona nyaman mereka menjadi seorang karyawan kantoran ataupun PNS.

Jadi Pengusaha

Menjadi seorang karyawan atau PNS tentu juga memiliki resiko, akan tetapi kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan resiko yang mungkin terjadi, seperti pemecatan. Mereka cenderung berfikir menjadi seorang karyawan atau PNS tentu hidup akan terjamin dengan penhasilan tetap dan bahkan bisa naik juga mendapat tunjangan untuk ini dan itu. Bila anda berfikir lagi jika menjadi seorang pengusaha anda akan mendapat penghasilan dan keuntungan yang akan anda miliki sendiri namun tentu saja resiko dibalik itu semua juga banyak. Beranikah anda mengubah pola pikir tersebut untuk menjadi pengusaha yang sukses? Untuk mengubah pola pikir tersebut dibutuhkan untuk beberapa hal:

Sumber:http://cdn.bisnisukm.com/

Sumber:http://cdn.bisnisukm.com/

 1. Langkah awalnya bisa dimulai dari melihat potensi diri yang anda miliki. Kembangkan semua potensi yang anda miliki agar bisa menciptakan inovasi baru.

2. Belajarlah dari para pengusaha yang sukses, yang telah membangun usahanya dari nol sehingga menjadi sukses. Anda bisa dengan membaca biografi pengusaha tersebut atau mencarinya di internet.

3. Ikulitah pelatihan, seminar bisnis sehingga bisa membantu anda mengetahui semua tentang kelebihan dan kekurangan sumber daya. Dari situ anda akan bisa menemukan peluang untuk membangun bisnis anda.

4. Harus percaya akan kempampuan yang anda miliki. Kebanyakan orang tidak percaya akan kemampuan yang dimilikinya, mereka cenderung pesimis akan diri sendiri. Anda harus mengubah itu dengan lebih percaya pada kemampuan diri anda.

Jika keempat langkah tersebut sudah anda lakukan tentu saja anda harus segera memulai bisnis anda. Jangan hanya berfikir ingin berbisnis ini atau itu tanpa melakukan tindakan apapun. Tentu saja itu hanya akan ada dalam pikiran anda saja jika tidak segera dilakukan tindakan. Untuk menjadi seorang pengusaha tidak hanya kreatif saja yang dibutuhkan namun juga diharuskan memiliki jiwa yang kuat dan pantang menyerah. Seorang pengusaha dituntut untuk memiliki jiwa seorang pemimpin dan mampu melihat peluang yang ada.

Banyak orang yang mengartikan menjadi seorang pengusaha itu harus siap menanggung segala macam resiko yang mungkin akan dihadapi yang mampu mengalokasikan dan memobilisasi modal. Sebagai seorang pengusaha dituntut untuk menjadi orang yang kreatif dan inovatif sehingga dapat menciptakan sesuatu yang baru. Menjadi seorang pengusaha dituntut untuk menjadi seorang pemimpin yang bertanggung jawab yang bisa mengurus perusahaannya. Jika anda sudah memiliki tekat untuk menjadi seorang pengusaha semua itu akan bisa dilatih karena pada dasarnya semua orang bisa menjadi seorang pemimpin.

Anda juga tidak tergantung pada pendidikan yang dimiliki saja akan tetapi tergantung pada kemauan dan keberanian seseorang untuk memulai usahanya. Dalam kenyataannya banyak seorang pengusaha yang berpendidikan rendah akan tetapi sukses dalam berwirausaha. Anda harus optimis bisa menjadi seorang pengusaha. Peluang usaha tidak hanya diperoleh jika anda kreatif, melalui hobi yang anda suka itu bisa menjadi peluang bisnis. Semua bisnis itu dimulai dari langkah sederhana yakni kemauan yang besar bukan dengan modal yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *