Mengintip Tarif Jasa Perencana Keuangan

Setelah membaca beberapa artikel soal perencana keuangan di situs ini, apakah anda sudah memutuskan untuk menganggarkan sebagian uang anda untuk itu?

Melalui artikel ini kami akan meramukan beberapa informasi penting untuk anda soal berapa kisaran tarif jasa perencana keuangan. Karena ini adalah soal jasa, maka ada banyak faktor yang menentukan berapa nilainya, tergantung dari perencana keuangan yang anda pilih. Semakin tinggi reputasinya, biasanya semakin menawarkan tarif yang lebih mahal. Namun ketika anda menemukan perencana keuangan dengan tarif yang lebih rendah, tidak berarti kualitasnya buruk.

Baca: Mengapa Kita Butuh Financial Planner

Selain dari sosok atau perusahaan perencana keuangan yang anda pilih, tarif jasa perencana keuangan ini juga bergantung pada jenis pelayanan macam apa yang anda dapatkan untuk memperbaiki keuangan anda. Kami mencatat ada tiga macam pelayanan yang biasanya diberikan kepada klien untuk bisa dipilih:

Pertama, menentukan rencana keuangan. Seperti halnya semua usaha yang kita lakukan dalam banyak sendi kehidupan kita, kita perlu menyusun tujuan terlebih dahulu. Kita punya visi, berapa dan kapan kita akan mencapainya. Setelah tujuan itu jelas, baru kita ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencana keuangan akan membantu kita merumuskan tujuan yang jelas soal kebutuhan dana kita. Maka langkah-langkah yang akan diambil meliputi jumlah, jenis, dan waktu yang dibutuhkan untuk menanamkan investasi supaya tujuan tersebut dapat kita capai. Tidak berhenti pada tujuan dan langkah saja, perencana keuangan biasanya juga membantu kita untuk mengimplementasikan rencana keuangan tersebut. Ada seorang yang memantau dan mengingatkan kita soal langkah-langkah investasi kita dalam jangka waktu tertentu.

Kedua, menyediakan konsultasi keuangan bagi anda yang membutuhkan. Pada awal anda menghubungi perencana keuangan, biasanya keuangan anda akan diperiksa terlebih dahulu. Layaknya ketika anda memeriksakan kesehatan diri anda ke dokter, perencana keuangan harus mengetahui terlebih dahulu kondisi keuangan anda untuk kemudian menentukan langkah yang strategis. Beberapa kondisi yang anda perhatikan untuk ini misalnya financial check up, kebutuhan asuransi, jumlah utang, tabungan, aset, dan sebagainya.

Ketiga, memberi pelatihan penyusunan perencanaan keuangan. Bagi anda yang ingin memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam menyusun rencana keuangan, ada juga perencana keuangan yang memberikan jasa untuk itu. Menurut beberapa informasi yang beredar, biasanya yang memilih untuk menggunakan jasa ini saja adalah klien yang enggan untuk benar-benar ?elanjang?soal kondisi keuangannya di depan para perencana keuangan. Itu adalah hak dari setiap orang, dari setiap pengusaha, untuk tidak membuka terang-terangan soal keuangannya di depan orang lain. Meski demikian ada juga yang mau untuk membuka secara blak-blakan karena memang membutuhkan langkah tersebut.

Nah, masing-masing langkah tersebut mengandung tarif yang berbeda.

Untuk mendapatkan jasa penyusunan rencana keuangan dan pengimplementasiannya, tarif jasa perencana keuangan pada umumnya bergantung pada besarnya aset yang dimiliki oleh klien. Semakin besar aset yang dimiliki klien, semakin besar pula biaya perencanaan yang perlu anda bayarkan kepada perencana keuangan. Barangkali hal tersebut disebabkan karena semakin besar aset yang dimiliki klien, prosesnya akan lebih rumit karena menyangkut banyak hal yang lebih luas. Ada pekerjaan yang lebih kompleks.

Beberapa informasi menebutkan bahwa biaya untuk merencanakan keuangan anda perlu menganggarkan Rp5 juta hingga Rp8 juta setiap tahunnya, bergantung pada besaran aset yang anda punya.

Sedangkan untuk konsultasi keuangan, biasanya perencana keuangan menetapkan tarif konsultasi per jam. Biayanya cukup besar untuk kantong kita, tarif yang dipatok biasanya Rp300 ribu hingga Rp1 juta per jamnya. Karena harga yang cukup mahal ini kami menyarankan anda untuk menyusun terlebih dahulu pertanyaan atau hal-hal yang perlu serta ingin anda ketahui agar waktu yang anda gunakan untuk konsultasi bisa seefektif mungkin. Dengan biaya sebesar itu anda juga bisa mendapatkan layanan financial check-up guna mengetahui kondisi keuangan kita.

Terakhir, pada pelayanan pelatihan rencana keuangan, besaran tarif bergantung pada jenis pelatihan yang diajarkan. Seperti halnya pendidikan, biasanya pelatihan ini ada tingkatannya seperti tingkat dasar, tingkat menengah, dan untuk perencanaan keuangan yang sudah ekspert. Biayanya sangat bervariasi, tapi data yang kami temukan memang rata-rata sekitar Rp2,5 juta hingga Rp4 juta untuk mendapatkan pelatihan ini.

Pada artikel yang memberikan tips soal memilih jasa perencana keuangan sudah kami sampaikan bahwa ketika anda sedang memulai, lebih baik memilih perencana keuangan yang memberikan jasa komprehensif. Istilah lainnya adalah anda akan mendapatkan paket komplit atas semua pelayanan yang mereka tawarkan. Akan lebih mahal, tapi anda akan merasakan manfaatnya, terutama bagi anda yang sedang memulai. Tarif rata-rata yang dipatok adalah Rp3 juta hingga Rp50 juta untuk jangka waktu pelayanan satu tahun.