Bagaimana Hemat Untuk Remaja

Tags:

Hai para remaja, pernahkah kamu merasa bahwa uang saku dari orangtua cepat sekali habisnya? Seringkah kamu ingin membeli sesuatu namun uang saku sudah habis duluan? Jika sering sekali mengalami hal tersebut maka sudah saatnya kamu untuk berubah, yakni berubah dalam arti mengatur keuanganmu alias mulai berhemat. Berhemat bukanlah sesuatu yang mudah, bagi orangtua saja terkadang hal itu masih penuh usaha untuk dilakukan, apalagi pada remaja dengan segala aktifitas dan keinginan ini itu yang cukup banyak sekali. Nah untuk membantu mengatasinya, berikut terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk berhemat :

piggy-bank

Uang Saku

 1. Bawa Bekal dari Rumah

Tidak dapat dipungkiri ketika sedang di sekolah atau di tempat les tentu kamu akan tergiur untuk mengisi perut saat berada di kantin atau melihat ada pedagang makanan. Jam istirahat adalah waktu yang paling pas untuk membeli banyak makanan dan mengisi perutmu itu. Terkait dengan urusan mengisi perut tersebut sebenarnya kamu bisa berhemat lho. Membeli makanan di kantin sekolah atau di tempat les tentu kamu harus mengeluarkan uang, belum lagi jika makanan yang kamu inginkan sangat banyak, dapat dibayangkan uang yang harus kamu keluarkan untuk membayar akan banyak juga. Hal tersebut jika dilakukan terus menerus akan membuat uang sakumu cepat habis. Nah untuk mengatasi hal itu kamu bisa membawa bekal dari rumah untuk lebih berhemat. Uang saku yang diberikan oleh orangtua dapat kamu simpan karena setiap hari tidak perlu membeli makanan di kantin.

2. Istirahat di Kelas

Cara kedua ini sedikit membutuhkan kemauan. Jika kamu pergi ke kantin tentu kamu akan tergiur dengan beraneka makanan dan minuman yang dijual, ada baiknya ketika istirahat datang kamu mencari kegiatan selain pergi ke kantin. Bagi yang hobi membaca coba pergi ke perpustakaan sekolah, selain menghemat uang sakumu agar tidak habis untuk jajan kamu juga bisa menambah pengetahuan kan. Selain itu bisa juga kamu berada di kelas berbincang atau bersenda gurau dengan teman, ketika obrolan yang tercipta diantara kalian asik sekali maka dijamin jam istirahat tidak akan terasa lama. Untuk cara kedua ini ada baiknya sembari kamu melakukan cara pertama ya, agar perutmu tetap terisi oleh makanan.

3. Beli Barang Seperlunya

Sudah bukan rahasia jika belanja dapat memberikan dampak kurang menyenangkan berupa boros atau membuat uang cepat sekali habis. Belanja dapat memberikan dampak tersebut jika barang yang dibeli sangatlah banyak dan sering namun bukan berdasarkan kebutuhan, alias dibeli hanya karena melihat penampilan barangnya yang lucu atau menarik. Apalagi pada banyak kaum hawa, hal tersebut sudah lumrah terjadi.

Agar kamu dapat menghemat uang saku, yang perlu kamu lakukan adalah belilah barang sesuai dengan apa yang sedang kamu butuhkan. Ketika sedang berada di tempat belanja ingatlah bahwa kamu pergi ke tempat tersebut hanya untuk membeli barang yang sedang dibutuhkan. Saat melihat barang yang lucu atau menarik, pikirkan akan digunakan untuk apa jika kamu memutuskan untuk membeli barang tersebut, apakah barang itu yang benar-benar sedang kamu butuhkan.

4. Berani Menolak

Pada masa sekarang ini tidak dapat dipungkiri jika salah satu aktifitas yang digemari oleh para remaja adalah pergi nongkrong dengan teman-teman. Saat kamu nongkrong entah di kafe atau makan di kedai pinggir jalan tentu kamu akan mengeluarkan uang. Tidak mungkin kan kamu dan teman-temanmu hanya menumpang duduk tanpa memesan apa pun. Mau tidak mau pasti kamu akan memesan sesuatu. Ketika hal tersebut sering sekali kamu lakukan bukan tidak mungkin akan membuat pengeluaranmu banyak, kamu menjadi boros dan uang saku cepat sekali habisnya. Untuk itu kamu perlu mengatasinya agar dapat menghemat uang. Caranya yakni pada saat teman-temanmu mengajak untuk nongkrong kamu harus berani untuk menolaknya. Kamu tetap boleh bercengkrama, nongkrong dengan teman-teman, namun tidak harus sering atau setiap hari juga bukan? Maka berani lah untuk menolak ketika ajakan tersebut datang dengan sering atau hampir setiap hari.

5. Hemat Pulsa

Coba ingat-ingat dalam sebulan sudah berapa pengeluaranmu untuk membeli pulsa? Membeli pulsa meskipun hanya nominal yang paling murah namun jika dilakukan dengan sering ketika dikalkulasikan akan menunjukkan jumlah pengeluaran yang banyak juga. Agar kamu dapat berhemat maka hemat lah pula dalam menggunakan pulsamu. Gunakan pulsa hanya untuk hal atau sesuatu yang penting, dengan begitu uang sakumu dapat disimpan.

6. Berpergian Menggunakan Sepeda

Sama halnya dengan pulsa, bensin juga dapat membuat pengeluaranmu menjadi banyak. Mengapa bisa begitu? Hal tersebut karena seringnya kamu berpergian menggunakan kendaraan bermotor. Saat kamu sering menggunakan kendaraan bermotor maka bensin kendaraan juga akan sering habis dan kamu harus mengisinya. Untuk mengisi bensin tersebut kamu memerlukan uang bukan? Nah untuk dapat berhemat, gunakan kendaraan bermotormu hanya ketika butuh untuk berpergian jauh. Jika kamu hanya sekedar ingin membeli sesuatu di toko dekat rumah, nongrong atau pergi ke rumah teman yang dekat dengan rumahmu, alangkah lebih baiknya untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda saja. Dengan begitu kamu bisa menyimpan uangmu dan juga mendapat bonus sehat serta mengurangi polusi lho.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *