Menghemat pemakaian bensin mobil

Biaya BBM untuk mobil merupakan biaya yang cukup besar, apalagi jika anda berkendara di Jakarta. Jika rumah anda di luar Jakarta dan kantor di Jakarta, maka pengeluaran untuk BBM akan sangat besar, lebih dari 1 juta per bulan. Berikut adalah cara menghemat pemakaian bensin mobil anda:

  • Cara paling mudah adalah adalah hanya gunakan mobil ketika diperlukan. Jika ada temen yang searah kekantor, kita dapat bergantian menggunakan mobil dengan temen kita. Jangan lupa untuk menggunakan mobil secara bijak, kalau memang tidak ada keperluan mendesak buat apa membuang bensin percuma.
  • Melakukan maintenance mobil secara berkala, yaitu mengganti filter udara tiap 10.000 km dan busi tiap 20.000 km. Busi yang kotor tidak akan berfungsi dengan baik dan akan memancarkan listrik secara terputus-putus. Akibatnya konsumsi bahan bakar juga menjadi boros.
  • Tekanan angin yang kurang pas akan membuat mobil bekerja lebih keras dan lebih banyak bensin yang terpakai.
  • Cobalah ganti ke mobil yang lebih hemat bensin atau yang lebih kecil cc nya. Jika tidak membutuhkan mobil yang dapat mengangkut penumpang banyak, gantilah ke mobil yang lebih kecil.

Daihatsu-Ayla

  • Ban yg tidak balance mempunyai kemungkinan konsumsi bahan bakar semakin besar. Oleh karena itu lakukanlah spooring dan balancing yang membuat fungsi dan kedudukan roda menjadi seimbang dan lurus. Tujuannya adalah laju kendaraan menjadi stabil dan mudah dikendarai. Untuk balancing lakukan ketika roda tidak balance yang biasa ditandai dengan getaran pada stir mobil. Untuk spooring lakukan ketika mobil berbelok ke kiri atau ke kanan saat anda melepaskan stir mobil. Untuk harga spooring dan balancing berkisar antara 200.000 sampai 300.000.
  • Memanaskan mobil dipagi hari cukup 3 menit agar tidak membuang bensin, terutama mobil keluaran 5 tahun terakhir.
  • Biasakan mengemudi dengan halus atau dengan kecepatan stabil, karena dengan menyentak mobil dan menginjak rem akan lebih menghabiskan bensin
  • Cobalah menggunakan zat aditif BBM yang banyak beredar di pasaran. Anda dapat membandingkan pemakaian bensin sebelum dan sesudah memakai zat aditif. Jika bagus dapat diteruskan. Biasa di bengkel banyak yang menjual zat aditif ini.
  • Beban kendaraan di mobil anda akan membuat mobil bekerja lebih berat dan membutuhkan lebih banyak BBM. Oleh karena itu keluarkanlah barang-barang yang anda tidak butuhkan dari mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *