Mengenal Sequoia Capital dibalik Gojek

Dibalik Gojek yang fenomenal ada investor Sequoia Capital dibelakangnya yang menyuntik dana. Menurut rumor dari Dailysocial, Sequoia Capital kemungkinan menyuntik sekitar $20 juta, yang memberikan Sequoia 5 sampai 10% kepemilikan Go-Jek. Selain Gojek, Sequoia Capital juga berinvestasi di Tokopedia $100 juta atau lebih dari 1 Triliun rupiah. Artinya Tokopedia pasti bernilai lebih dari Sepatu Bata Tbk yang sudah berdiri sejak lama dengan kapitalisasi pasar 1.1T.

sequoia
Sequoia didirikan oleh Donald Valentine tahun 1972 di Menlo Park, California. Sequoia Capital berinvestasi di perusahan-perusahan mulai dari tahap awal suatu perusahaan sampai tahap perusahan mulai tumbuh pesat. Perusahan-perusahaan terkenal dunia yang diinvestasi oleh Sequoia termasuk Apple, Google dan Instagram. Mereka menginvestasikan antara $100,000 – $1 juta untuk perusahaan yang masih tahap awal dan belum menghasilkan. Uang itu akan digunakan untuk pengembangan produk, research dan membangun tim sampai perusahaan siap beroperasi. Antara $1 juta sampai $10 juta akan diinvestasikan kepada perusahaan yang masih di tahap-tahap awal dimana uang tersebut akan di gunakan untuk produksi dan pemasaran. Kepada perusahaan yang sudah berjalan dan telah berkembang Sequoia dapat menginvestasikan antara $10 juta – $100 juta. Artinya Tokopedia yang disuntik dana $100 juta adalah perusahan yang sudah tumbuh dan membutuhkan uang yang lebih banyak lagi untuk tumbuh lebih pesat.

Sequoia mengumpulkan dana dari investor dan menginvestasikannya ke perusahaan-perusahaan. Misalnya pada tahun 2003 melalui Sequoia Venture XI Fund mereka berhasil mengumpulkan $387 juta. Pada tahun 2014 dana tersebut telah berhasil memperoleh keuntungan $3.6 milliar atau 41% per tahun. Partner Sequoia akan mendapatkan 30% dari keuntungan atau $1.1 milliar, dan para investornya mendapatkan 70%, atau $2.5 milliar. Artinya keuntungan sekitar 20.5% per tahun bagi investor.

Secara umum 10% hasil investasi Venture Capital (VC) akan sangat menghasilkan, 20% akan balik modal dan 70% akan rugi. Jadi bisa dilihat bahwa perusahaan yang di investasikan oleh Venture Capital kemungkinan besar (70%) akan gagal, namun kegagalan ini akan ditutup oleh 10% keberhasilan yang sangat besar. Contohnya dengan investasi $10 juta ke 10 perusahaan, mungkin akan rugi $70 juta (70%), tapi dari 1 perusahaan yang berhasil bisa menghasilkan 10 kali lipat lebih atau mungkin 100 kali lipat.

Contoh salah satu kesuksesan Sequoia yang besar adalah investasinya di Google $12.5 juta pada tahun 1999 untuk 5% kepemilikan Google. Ketika Google IPO pada tahun 2004 nilai investasinya menjadi $2.03 milliar. Pada akhirnya mereka berhasil melepas pada nilai $4.7 milliar sehingga dana investasinya tumbuh dari $12.5 juta menjadi $4.7 milliar dalam 4 tahun atau sebesar 376 kali.

Selain kesuksesan tentu saja, Sequoia juga mengalami kegagalan, misalnya ketika gelembung dot-com pecah tahun 2000, ia mengalami kerugian yang besar dari eToys. Etoys merupakan toko mainan online yang besar dan sempat IPO dan mencapai harga $84 namun kemudian bangkrut di mulai dari kegagalan mengirimkan mainan untuk natal kepada pelanggannya tepat waktu. Di artikel https://www.cbinsights.com/blog/biggest-startup-failures/ yang menceritakan kegagalan-kegagalan termahal startup didunia, dapat dilihat banyak kerugian yang diderita oleh Sequoia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *