Mengenal Program Anuitas

Tags:

Bagi sebagian besar orang mungkin belum tahu apa yang dimaksud dengan ‘Anuitas’. Anuitas atau yang disebut juga dengan asuransi jiwa khusus pensiunan ini sering kali digunakan oleh para pekerja yang telah pensiun, namun banyak juga pekerja yang masih bekerja mulai membeli Anuitas untuk masa pensiunannya nanti. Khusus Asuransi tipe ini dalam pelayanannya bersifat Cash refund. Maksudnya ialah, apabila uang yang digunakan pada Anuitas masih tersisa namun si pemilik meninggal/janda/duda/menikah lagi dan bagi yang memiliki anak dari pemegang telah berusia dua puluh lima tahun maka sisa uang tersebut akan diberikan pada ahli warisnya. Sedangkan jika terjadi sebaliknya maka pensiunan akan tetap membayar sampai pemegang meninggal nantinya.

Cara perhitungan anuitas sangatlah simple, biasanya dihitung dengan pemotongan sebesar 40% dan pemegang akan menerima minimal sebesar 60% dari uang yang dibayarkan tiap bulannya kepada perusahaan asuran dan akan diberikan pada suami/istri/anak dari pemegang Anuitas. Jenis dari anuitas itu sendiri memiliki banyak ragam, ada beberapa asuran jiwa yang juga menawarkan penawaran dengan jumlah pembayaran yang meningkat dalam berbagai tahap. Karena itu untuk lebih amannya, akan lebih mudah jika anda memilih program Anuitas secara teliti.

Asuransi-Res

Anuitas

Pertama, lihatlah seberapa bagus reputasi yang dimiliki oleh perusahaan asuran tersebut. kedua, perhatikan dengan baik aset yang dikelola oleh perusahaan asuran tersebut (apakah dikelola dengan baik atau sebaliknya). Yang ketiga, baca dan teliti dengan baik aturan ataupun kesepatan yang diberikan kepada anda. Memperhatikan peraturan tersebut akan berdampa dengan kejadian yang akan mendatang sehingga anda harus memastikan apakah peraturan/kesepakan tersebut merugikan anda atau tidak nantinya.

Untuk lebih lanjutnya, hal berikut merupakan penambahan pemahaman bagi anda bahwa Anuitas yang akan diberikan akan dibagi menjadi dua. Yang pertama ialah Anuitas segera/Immediate annuity, pembayaran Anuitas menurut ketentuannya akan dilaksanakan satu periode setelah Anuitas tersebut dibeli. Manfaat Anuitas akan diberikan satu tahun setelah anda membelinya/membayar setiap tahunnya, dan akan diberikan setiap tahunnya pula.

Jika anda membayar setiap bulan maka layanan yang akan diberikan juga setiap bulannya juga. Yang kedua adalah Anuitas tertunda/Deferred Annuity, dimana pelayanan akan diberikan tergantung dengan perjanjian yang diberikan. Anuitas tertunda biasanya dibeli letika pemegang masih bekerja sehingga Anuitasnya ditunda sampai ia pensiun kelak. Bagi pembeli Anuitas tipe ini baru dapat mengganti atau mengubah waktu pembayaran Anuitas dengan memenuhi syarat-syarat tertentu. Untuk itu saat membeli Anuitas anda harus membayar premi sejumlah satuan yang dapat dibayarkan tergantung dengan nilai premi tersebut. Pembelian premi daat dipilih dari 3 jenis premi yang ada, 1) premi premi tunggal, 2) pembelian premi dengan jumlah tetap/berkala, 3) premi fleksibel.

1. Premi Tunggal

Sama halnya dengan polis asuran untuk jiwa kebanyakan. Premi jenis ini dapat dibeli dengan membayar premi tunggal terlebih dahulu karena itu disebut degan premi tunggal. Pembelian dalam jenis premi tunggal biasanya juga berlaku pada jenis anuitas segera ataupun tertunda, dan pembelian premi tunggal biasanya diterima dari program bagi hasil pegawai/tabungan/nilai tunai polis asuran jiwa/ataupun polis dwiguna dan sebagainya.

2. Premi Tetap Periodic

Seperti dengan namanya, premi jenis ini dibayarkan dengan jumlah pembayaran yang tetap (jumlah, waktu pembayaran yang tetap). Manfaat dari premi ini akan diberikan sesuai dengan perjanjian yang telah dijadwalkan.

3. Premi Fleksibel Premi

fleksibel dibayarkan pada waktu tertentu dan periode tertentu pula, maksudnya pembayarannya dapat berubah-ubah sesuai dengan perjanjian sehingga premi jenis ini selalu digunakan oleh golongan Anuitas tertunda.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *