Mengenal Polis Asuransi Jiwa

Secara umum, asuransi mengandung fungsi proteksi bagi nasabah yang membeli produk ini. Nah, asuransi jiwa ini terdiri dari beragam produk yang memiliki guna yang berbeda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh tingkat kebutuhan dan tingkat kemampuan masyarakat yang berbeda pula. Lalu apakah yang dimaksud dengan polis asuranasi jiwa? Menurut Life Office Management Association (LOMA) polis asuransi jiwa adalah polis di mana di dalam polis tersebut perusahaan berjanji untuk membayar manfaat atas kematian orang yang diasuransikan/tertanggung.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli produk asurnasi jiwa, ada baiknya anda mengenal beberapa macam polisnya terlebih dahulu. Menurut informasi yang kami kumpulkan, di Indonesia ini ada tiga polis asuransi jiwa yang seringkali ditawarkan kepada calon nasabah. Tiap polis tersebut memiliki perbedaan dalam manfaat dan melayani kebutuhan dan kemampuan nasabah yang berbeda pula. Berikut jenis polis asuransi yang ada, berikut dengan perbedaannya:

Asuransi Term Life

Asuransi term life (berjangka) memiliki fungsi proteksi kepada tertanggung dalam kurun waktu tertentu. Jangka waktu ini bisa berbeda-beda tergantung yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terkait. Asuransi ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan pertama adalah adanya kebebasan bagi nasabah untuk menentukan besaran premi sesuai dengan yang mereka anggarkan. Menurut beberapa sumber, besaran premi asuransi yang ideal dimulai dari Rp250.000,00 per bulan. Kelebihan yang berikutnya adalah besarnya uang pertanggungan yang didapat oleh pemegang polis. Dikabarkan bahwa besarnya bisa mencapai miliaran rupiah.

Meski demikian, ada juga kekurangan yang dihadirkan oleh asuransi term life ini, yaitu tertanggung bisa kehilangan polis dan uang pertanggungan jika dirinya tidak mengalami persoalan kesehatan atau meninggal hingga jangka waktu berakhir. Kekurangan ini dikabarkan membuat para nasabah mulai meninggalkan asuransi term life.

Asuransi Whole Life

Asuransi whole life (seumur hidup) adalah produk asuransi yang memberikan manfaat proteksi hingga 99 tahun. Kelebihan dari polis asuransi adalah para nasabah bisa mendapatkan uang tunai dan polis yang sudah mereka bayarkan selama ini. Kelebihan lainnya adalah ketika mereka yang tertanggung tidak mampu melunasi angsuran premi secara berkala, mereka memungkinkan untuk memakai nilai tunai dari premi yang tadi sudah dibayarkan untuk membayar premi berikutnya. \

Meski demikian, perlu diperhatikan dua kekurangan utamanya. Pertama, nilai premi untuk asuransi ini relatif lebih mahal dibanding polis asuransi term life. Berbagai informasi yang ada menyebutkan bahkan nilainya bisa mencapai dua kali lipat. Mengapa begitu? Pertimbangan yang dimunculkan adlaah soal angka harapan hidup masyarakat Indonesia yang mencapai umur 65 tahun untuk laki-laki, sedangkan untuk wanita hingga 70 tahun. Klaim asuranasi sebelum jangka waktu selesai biasanya ada, itulah mengapa nilainya menjadi lebih tinggi. Selain itu, nilai tunai dan total premi yang diberikan bisa jadi menjadi sangat sedikit lantaran bunga asuransi ini hanya sebesar 4% saja per tahun. Bahkan bisa saja bunga tersebut dipotong beban pajak sehingga nasabah mendapat tunai yang sedikit, atau tidak dapat sama sekali.

Asuransi Endowment

Polis asuransi endowment (dwiguna) adalah asuranasi yang merupakan asuransi jiwa berjangka dan juga sekaligus tabungan. Artinya pemegang polis asuransi bisa mendapatkan nilai tunai dari premi asuransi yang telah mereka bayarkan, serta bisa menarik polis asuransi dalam masa waktu tertentu sebelum jangka waktu berakhir. Misalnya, tertanggung sedang memerlukan dana untuk keperluan lain, maka dia bisa mengklaim polis asuransi jiwanya. Tentunya dengan catatan bahwa polis ini dapat diambil selama beberapa kali dalam jangka waktu tertentu.

Tentu saja asuransi ini memiliki kekurangan, yaitu pembayaran premi yang relatif mahal. Hal ini wajar, karena produk ini memiliki dua fungsi: tabungan sekaligus asuransi. Maka tidak jarang ditemui fakta bahwa para nasabah dari asuransi jenis ini adalah kalangan menengah atas saja karena memiliki kemampuan untuk mengeluarkan dana hingga jutaan rupiah untuk membayar premi asuransi.

Demikian pengenalan polis asuransi jiwa yang perlu anda ketahui. Dengan kebutuhan dan kondisi finansial anda, anda bisa menentukan mana asuransi jiwa yang lebih sesuai.