Mengenal Orang Introvert Yang Sukses

Tags:

Introvert merupakan sebuah istilah bagi beberapa karakter orang tertentu yang cenderung lebih pendiam dan tak terlalu spontan dalam berbicara. Kepribadian manusia secara umum terbagi menjadi 3 jenis yakni ekstrovert, ambievert dan introvert.  Ketiga jenis kepribadian ini sangat bertolak belakang namun tanpa anda sadari telah anda temukan dalam lingkungan social anda. Seseorang yang memiliki kepribadian extrovert cenderung senang bekerja dalam kelompok dan mendahulukan bicara dahulu sebelum berpikir. Kepribadian ini sangat senang berbicara dengan seseorang walaupun masih baru kenal. Tak heran karakter ini suka sekali nongkrong karena mudah sekali bergaul.

Tipe kepribadian yang kedua ialah ambievert yakni gabungan karakter antara ektrovert maupun introvert. Mereka yang memiliki kepribadian ambievert cenderung berubah – ubah dari ekstrovert menjadi introvert ataupun sebaliknya. Tak heran banyak yang mengatakan bahwa ambievert merupakan kepribadian yang lebih fleksibel. Mereka juga lebih moody sehingga karakternyapun gampang berubah – ubah. Terakhir kepribadian introvert yang sering disalah artikan sebagai karakter yang pemalu ketimbang pendiam. Penasaran dengan kepribadian terakhir ini? yuk simak selengkapnya berikut ini

Mengenal Karakter Introvert

Kepribadian seorang introvert memang lebih banyak perencanaan dan kehati – hatian sehinga mereka tak mudah akrab dengan orang lain. Bisa dibilang karakter ini lebih tertutup ketimbang dua karakter lainnya. menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan menyatakan bahwa otak seorang introvert lebih banyak melakukan dialog dengan diri sendiri. Seseorang yang memiliki kepribadian introvert akan lebih suka membaca, meneliti serta menulis. Orang – orang introvert tak sama dengan ekstrovert yang suka berdiskusi dengan banyak orang. Mereka lebih menyukai pembicaraan empat mata serta berinteraksi dengan sedikit orang namun memiliki makna yang mendalam. Seseorang yang memiliki kepribadian introvert memiliki ciri – ciri berikut ini:

Baca Juga:

Sumber : http://www.youthmanual.com

Pendengar Yang Baik

Seperti diketahui bahwa introvert selalu melihat situasi terlebih dahulu sebelum bicara sehingga mereka lebih banyak menjadi pendengar. Ia suka menganalisis dan memahami segala sesuatu lebih dalam.

Kurang Percaya Diri

seorang yang memiliki kepribadian introvert kurang percaya diri untuk berada dalam keramaian ataupun bicara di depan umum. Tak heran jika mereka selalu mengalami kesulitan jika harus berpidato ataupun tampil diatas panggung.

Sedikit Teman

Karena karakternya yang pendiam mereka tidak mudah bergaul dengan orang baru. Untuk pergaulan seseorang yang memiliki kepribadian introvert lebih selektif dalam memilih teman. Baginya sedikit teman lebih baik jika mereka dapat dipercaya ketimbang memiliki banyak teman namun tidak punya kejelasan dalam visi mereka. Seorang introvert juga dikatakan setia terhadap para sahabatnya karena mereka berteman dengan sepenuh hati.

Misterius

Banyak pula yang mengcap orang introvert dengan sosok yang misterius. Pergerakan mereka sulit ditebak dan  jarang mengekspresikan diri didepan public. Seorang yang introvert lebih suka mengekspresikan dirinya dengan menulis dan bicara dengan dirinya sendiri.

Me Time

Bisa dibilang juga seorang introvert lebih suka “me time”. Mereka menyukai kesendiriannya dan nyaman dengan dirinya sendiri. Banyak orang juga sering salah paham dengan me time mereka yang dianggap sebagai salah stau cara cari perhatian.

Lebih Banyak Berpikir Ketimbang Bicara

jika kamu seorang ektrovert dan memiliki teman seorang introvert maka anda harus sabar. Ekstrovert merupakan seseorang yang lebih spontan dalam bicara sedangkan mereka yang introvert malah bertindak sebaliknya. Tak heran jika mereka lebih lambat dalam menanggapi pertanyaan anda. Biarpun begitu mereka yang memiliki kepribadian introvert akan sangat jeli mengingat sekeliling mereka.

Kreatif

Tak bisa disangkal lagi bahwa seseorang yang memiliki sifat introvert akan lebih kreatif. Mereka mampu menyerap informasi dan lebih banyak menghasilkan ide – ide cemerlang.

Kelebihan dan Kekurangan Introvert

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing.  Lebih pendiam dari yang lain bukan berarti mereka tidak baik dalam beraktivitas apalagi dalam dunia kerja. Merekrut para introvert menjadi karyawan anda malah akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Gak percaya? Yuk simak keuntungan yang akan anda dapatkan berikut ini:

Kelebihan Introvert

  • Dapat Diandalkan

Biarpun sulit bersosialisasi tapi diyakini bahwa mereka yang memiliki sifat introvert mampu diandalkan. Mereka pribadi yang bekerja keras dan sangat setia sehingga dapat diandalkan untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh perusahaan anda.

  • Mandiri

Seorang introvert juga memiliki karakter yang unik dan sering melakukan pengamatan mendalam apalagi soal pekerjaan. Mereka akan sangat bertanggung jawab akan tugas – tugas yang diberikan serta menyelesaikannya dengan cara mereka sendiri. Untuk mengerjakan tugas – tugas yang diberikan mereka lebih memilih suasana yang hening untuk meningkatkan konsentrasi dalam bekerja.

  • No Politik Kantor

Dalam sebuah perusahaan pasti ada beberapa politik kantor atau ketidak jujuran dalam pekerjaan. Jika anda merekrut seseorang yang memiliki karakter introvert tentu tak akan menemui mereka masuk dalam lingkaran politik kantor. Mereka juga tak suka mencari muka didepan atasan dan lebih suka bekerja dengan tulus dan sebaik – baiknya. Mereka cenderung memilih jujur walau akhirnya berujung tak menyenangkan.

  • Mampu Memberikan Informasi Yang Bernilai

Seorang introvert mampu memberikan informasi yang anda butuhkan karena sering melakukan pengamatan dan menyerap informasi yang disampaiakn. Memperkerjakan mereka akan membuat anda kaya akan informasi yang bernilai dan cepat membantu anda dalam membuat keputusan yang bijak bagi perusahaan.

  • Fokus, Tenang dan Cepat Berkembang

Seorang introvert mampu sangat focus pada satu pekerjaan dalam periode yang sangat lama. Ia juga memiliki pribadi yang tenang sehingga tak gentar menghadapi siatuasi yang tak terkendali atau darurat. Ia juga dikenal mampu menyimpan rahasia dengan baik sehingga jangan ragu untuk mempercayai para introvert ini. introvert merupakan pribadi yang mandiri sehingga mereka mampu berkembang dengan belajar sendiri. Mereka mempelajari secara otodidak sehingga tak perlu pengulanngan perintah.

  • Tidak Pilih – Pilih Teman

Daniel Feiler dan Adam Kleinbaum dari Darmouth College mengatakan bahwa para introvert tak memilih – milih dalam berteman. Mereka mampu berteman dengan semua lapisan masyarakat. Tak heran jika teman – teman mereka mewakili segala demografis masyarakat yang membantu anda dalam memutuskan segmentasi pasar yang tepat.

Kekurangan Introvert

Biarpun memiliki keunggulan yang mampu membawa perusahaan anda pada masa depan yang lebih baik namun para introvert ini juga memiliki kekurangan tersendiri. Kekurangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  •  Bukan Jagonya Basa Basi

Dalam budaya perusahaan menjalin hubungan dengan relasi tentu sangat penting dalam mengembangkan perusahaan anda. Jika anda menugaskan introvert dalam tim marketing anda yang bertugas dilapangan maka bisa sangat awkward. Mereka bukanlah orang yang jago untuk berbasa – basi dan akan lebih cerewet jika membahas yang mereka minati. Bagi mereka untuk bersenda gurau dan berbincang ringan merupakan aktivitas yang melelahkan.

  • Sering Membuat Salah Paham

Jarang membuka pembicaraan sering membuat orang lain salah mengerti dengan sikap para introvert ini. banyak yang mengira mereka itu rpibadi yang sombong. Mereka juga jarang mengikuti aktivitas berkelompok. Beberapa perusahaan membuat karyawannya mengikuti kegiatan secara berkelompok seperti outbound atau bertamasya untuk mempererat hubungan antar karyawan. Kegiatan seperti ini atau yang dilaksanakan secara mendadak tidak terlalu diminati oleh introvert. Hal ini dikarenakan mereka sudah sangat lelah dan lebih memilih memanfaatkan waktunya untuk beristirahat.

  • Goal Oriented

Mengejar stau tujuan itu baik namun jika anda tak juga move on untuk melakukan hal – hal yang lebih penting tentu situasi ini tidak diharapkan bagi karyawan lain. Dalam perusahaan walau terbagi atas beberapa departemen namun mereka bekerja sama satu dengan lainnya dan saling terhubung. Bagaimana jika seorang introvert terlalu mengejar satu tujuan. Para introvert sangat tidak menyukai ketidakfokusan dan lingkungan yang ramai. Mereka lebih berkonsentrasi pada satu hal saja sedangkan visi yang perlu diraih perusahaan tak hanya itu – itu saja.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert

Bagi anda yang memiliki kepribadian introvert bisa juga melamar pekerjaan – pekerjaan ini. Pekerjaan ini diketahui memerlukan ketelitian tinggi dan minim interaksi  yang cocok dengan situasi yang sering dihadapi introvert.

Programmer

Bagi yang suka sekali dunia computer apalagi membuat website atau program bisa mencoba pekerjaan sebagai programmer. Untuk menjadi programmer tentu anda perlu menguasai bahasa computer seperti Javascript. Selain itu programmer juga butuh konsentrasi tinggi agar program yang dibuatnya dapat berjalan dengan yang dia harapkan.

Akuntan

Satu lagi pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan ketelitian yakni sebagai akuntan. Semua perusahaan pasti membutuhkan akuntan untuk mengurusi pembukuan atau keuangan mereka. Pekerjaan ini juga sangat menantang ilmu hitungan anda. Bagaimana berminat mencoba melamar pekerjaan menjadi seorang akuntan?

Penulis

Siapa bilang jika bekerja sebagai penulis anda tak bisa kaya raya? Buktinya banyak penulis besar mampu mendapatkan kesuksesan dan kekayaan yang banyak dicari orang-orang. Beberapa penulis besar Indonesia seperti Andrea  Hirata, Raditya Dika, Dee menjadi sosok penulis yang menginspirasi banyak orang. Dengan menulis seorang introvert juga mampu mengeluarkan pemikirannya secara bebas.

Pelukis

Menjadi pelukis juga bisa dijadikan mata pencaharian para introvert ini. mereka bisa bebas berekspresi melalui coretan – coretan atau gambar diatas kanvas. Anda juga bisa mengekspresikan diri melalui gambar yang anda lukiskan.  Selain pekerjaan diatas masih ada lagi lainnya yang bisa dijadikan pilihan para introvert ini diantaranya ialah penerjemah, desain grafis hingga admin. Apapun pekerjaan yang dipilih oleh para introvert ini dipercaya dikerjakan dengan sepenuh hati dan penuh tanggung jawab. Bagaimana tertarik untuk merekrut para introvert ini dalam perusahaan anda?

Orang – Orang Sukses Tapi Introvert

Kesuksesan tentu tidak hanya dimiliki kaum ektstrovert maupun ambivert. Faktanya para introvert ini juga mampu membuktikan bahwa mereka mampu dan bisa meraih kesuksesan tersebut. Berikut terdapat beberapa nama tokoh terkemuka yang ternyata memiliki sifat introvert lho. Penasaran? Yuk simak bersama selengkapnya berikut ini:

J.K . Rowling

Anda penggemar buku Harry potter the series maka kenal dong dengan penulisnya yang sangat fenomenal bernama J.K.Rowling.  Jackie Kathleen Rowling dikenal sangat pemalu dan senang akan waktunya untuk sendiri. Ia lebih suka mengisi waktunya untuk menulis dan mendapatkan ide untuk menulis petualangan Harry saat ia berjalan sendiri di sebuah kereta dari Manchester menuju London. Keberhasilannya dalam bidang kepenulisan bahkan memuat namanya masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Perempuan yang berumur lebih dari setengah abad ini dikatakan memiliki kekayaan hingga 71 juta poundsterling atau setara dengan Rp.1.2 triliun. Menurut majalah Forbes J.K.Rowling termasuk dalam selebritis Eropa dengan penghasilan tertinggi di dunia bahkan mampu mengalahkan Christiano Ronaldo.

Bill Gates

Pria introvert dan sukses ini dikenal sebagai pendiri Microsoft salah satu software  paling laris di dunia. Ia juga kerap menempati posisi pertama dalam daftar orang terkaya di dunia. Sosok Bill Gates tidaklah pemalu namun ia dikenal jarang berbicara. Hobinya ialah membaca buku dan merupakan salah satu contoh pribadi introvert yang luar biasa. Walau bergelimang harta Bill Gates dikenal  sebagai seseorang yang hidup sederhana dan suka sekali berdonasi. Dia bahkan pernah menyumbangkan hampir setengah dari hartanya.

Warren Buffet

Memiliki nama lengkap Warren Edward Buffet ini sering dijadikan inspirasi bagi para trader saham. Ia juga termasuk dalam daftar top ten orang terkaya di dunia. Warren diketahui memiliki beberapa investasi seperti pada American Express, Coca – Cola, IBM, dan memiliki sejumlah saham pada Berkshire Hathaway. Ia dikenal selalu berpikir hati – hati dalam segala situasi sehingga selalu menghasilkan keputusan yang tepat. Ia mulai berinvestasi saat umurnya masih 11 tahun  dengan membeli sejumlah saham. Dahulunya Warren ingin sekolah di Harvard University namun lamarannya ditolak dan diterima di Columbia University.

Jumlah kekayaan Warren Buffet diperkirakan lebih besar dari GDP Uruguay lho!. 99% kekayaan tersebut baru dapat dimilikinya setelah menempuh usia 50 tahun. Biarpun sangat sukses dan kaya raya Warren tak pernah mengukur kesuksesannya dengan uang.

Mahatma Gandhi

Siapa sangka bahwa Mahatma Gandhi merupakan sosok yang introvert. Berkat Mahatma Gandhi ia mampu memerdekan India dan memberikan kebebasan sipil di seluruh dunia. Gandhi merupakan sosok yang mampu menyelesaikan konflik dengan kelembutan. Tak heran jika ia dianugerahi nobel dan symbol perdamaian dunia.

Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook yakni Mark Zuckerberg juga dikenal sangat introvert. Ia bahkan mampu menghasilkan ide – ide bagus ketika sedang sendiri.  Mark sendiri juga dikenal sebagai salah satu pemuda terkaya di dunia namun ia hidup sederhana dengan keluarga kecilnya. Saat menggelar pesta pernikahannya saja ia hanya mengadakan pesta di halaman rumahnya ketimbang menggelar pesta besar di gedung. Ia juga dikenal tak neka –neko untuk masalah penampilan. Dibeberapa kesempatan Mark justru lebih suka mengenakan kaos oblong saat bekerja.

Barack Obama

Anda mungkin tak percaya jika sosok Obama memiliki kepribadian introvert. Mantan presiden Amerika Serikat yang pernah menjabat dua periode ini menurut Peter Baker tergolong orang yang to the point saat berbicara. Dia bahkan lebih nyaman berdiskusi dalam lingkungan kecil ketimbang dalam diskusi besar yang melibatkan banyak orang. Selain Obama ternyata Abraham Lincoln juga dikenal memiliki pribadi introvert. Anda juga bisa melihat sosok introvertnya dalam beberapa quote yang dikemukakannya.

Albert Einstein

Satu lagi tokoh kenamaan dunia yang dinilai introvert namun mampu meraih sukses yakni Albert Einstein. Ahli fisika asal Jerman ini selalu suka meneliti dan mengamati sendiri. Ketenangan merupakan kunci keberhasilannya dalam menemukan pemikiran kreatifnya. Tak heran jika ilmu pengetahuan yang ia hasilkan banyak menginspirasi ilmuwan hingga kini.

Selain tokoh – tokoh diatas ada pula penyanyi terkenal seperti Lady Gaga, Zayn Malik atau Emma Watson.

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

1 Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *