Mengenal Investasi Reksadana

Anda pernah mendengar nama ?arren Buffet? Ya, Warren Buffet adalah salah satu orang terkaya di dunia. Warren Buffet yang dijuluki bapak investasi dunia mengatakan, ?nda harus belajar menjadi investor, jika anda ingin menjadi kaya? Disini saya akan mengenalkan salah satu investasi yang anda dapat pilih sebagai salah satu alternatif untuk mengumpulkan uang anda.

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Karena reksa dana berisi kumpulan dari beberapa efek, maka berinvestasi dalam reksa dana mempunyai keunggulan istimewa, yaitu diversifikasi. Diversifikasi akan menurunkan resiko investasi yang dihadapi nasabah.

Reksadana mempunyai beberapa keunggulan yaitu dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional, resikonya relatif rendah karena terdiversifikasi, cocok untuk pemodal pemula yang tidak terlalu menguasai teknik-teknik portofolio, cocok untuk investor dengan kemampuan finansial terbatas dan secara relatif, biaya rendah.

Untuk memulai investasi dalam reksa dana, biasanya ada minimum dana yang diperlukan. Seluruh informasi penting tentang sebuah reksa dana, termasuk jumlah setoran awal, dijelaskan dalam propektus reksa dana tersebut. Jenis-jenis reksadana:

Reksadana Pendapatan Tetap
Reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari dana yang dikelola dalam bentuk efek seperti utang. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil.
Reksadana Saham
Reksadana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari dana yang dikelolanya dalam efek bersifat ekuitas.
Reksadana Campuran
Reksadana yang dapat melakukan investasi pada efek bersifat utang, ekuitas dan pasar uang. Dengan mempunyai perbandingan target aset alokasi pada efek saham dan pendapatan tetap yang berbeda.
Reksadana Pasar Uang
Reksadana yang investasinya pada efek bersifat utang dengan jatuh tempo yang kurang dari satu tahun. Tujuannya adalah untuk menjaga likuditas dan pemeliharaan modal.
Reksadana Terproteksi
Reksadana ini memiliki fitur khusus adanya proteksi (namun bukan jaminan) terhadap nilai pokok investasi awal. Reksadana terproteksi umumnya dikategorikan sebagai investasi resiko rendah hingga menengah dan umumnya digunakan untuk tujuan investasi jangka panjang. Dalam berinvestasi di reksadana ini, umumnya investor harus berkomitmen untuk suatu jangka waktu investasi tertentu untuk mendapatkan manfaat investasinya misalnya 2 atau 3 tahun tergantung portofolio produk yang bersangkutan.

Jika anda ingin berinvestasi melalui reksadana, pastikan anda menentukan tujuan investasi dulu karena setiap jenis reksadana mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Jika anda mengelola reksadana anda dengan baik, maka anda akan mendapatkan manfaat yang anda inginkan.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *