Mengenal Iklan Lewat Twitter

Mungkinkah untuk mengiklankan bisnis Anda hanya dengan menggunakan 140 karakter dalam satu waktu?
Para pengguna Twitter yakin jika Anda dapat melakukannya, dan ternyata dari waktu ke waktu semakin banyak penjual di internet yang meyakini bahwa Twitter merupakan cara yang baik untuk terhubung dengan konsumen. Sebagai platform micro-blogging yang paling terkenal di dunia, Twitter memungkinkan Anda untuk terkoneksi langsung dengan konsumen dengan menyampaikan pesan Anda secara langsung di hadapan mereka.

Ingin memiliki lebih banyak lagi followers? Kembangkan jaringan Anda dengan cara menambah orang-orang yang akan meningkatkan pengaruh secara viral lewat promosi. Tentu saja sebagai seorang enterpreneur online Anda ingin memantau hasil dari iklan Anda saat itu juga, dan Twitter memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana follower Anda bereaksi terhadap ?uitan?Anda.

Lalu bagaimana cara agar Anda dapat sukses beriklan lewat Twitter? Ada tiga aspek penting yang harus Anda waspadai ketika Anda akan memasang iklan lewat Twitter, yakni:

:: Menyasar Audiens

Tiap pengusaha harus berhati-hati dalam menentukan pasar yang akan dituju. Cara termudah biasanya dengan mendasarkan penentuan pada beberapa kriteria, seperti:
1. Ketertarikan personal dan ketertarikan dalam hal bisnis atau usaha
2. Lokasi geografis
3. Gender
4. Pilihan alat komunikasi berdasarkan tipe (desktop, laptop, smartphone, atau teknologi lainnya)
5. Pilihan alat komunikasi berdasarkan merk (Apple, Samsung, serta merk-merk lain)
6. Kesamaan dengan followers yang sudah ada sebelumnya (oleh karena itu ada harus waspada dengan kata kunci spesifik serta tags yang sudah sering digunakan orang untuk menjaga agar pesan Anda tetap relevan)

:: Membuat proyek berupa pesan yang menarik untuk meraih perhatian

Anda hanya harus tampil dengan pesan yang menarik, tetapi juga harus memastikan bahwa pesan tersebut hadir di hadapan orang yang tepat dan di waktu yang tepat pula. Agar Anda memiliki ikatan dengan para pengikut Anda, ikuti langkah-langkah yang sederhana namun efektif berikut ini:
1. Beri perhatian pada apa yang orang lain katakan mengenai Anda. Pengalaman yang dirasakan oleh konsumen Anda, baik yang positif maupun negatif, berpengaruh pada image perusahaan atau bisnis Anda. Sebab, Twitter memungkinkan pesan tersebut tersebar secara bersamaan dan di waktu itu juga.
2. Berikan ?uitan?yang positif dan menarik ketika Anda sedang beriklan. Dalam beriklan di Twitter, kata-kata yang Anda gunakan menjadi begitu penting untuk membangun brand Anda.
3. Penentuan rencana strategis menjadi sesuatu yang penting dalam memasang iklan di Twitter. Anda dapat mulai menggali ide-ide mengenai apa saja cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan interaksi dan mendapatkan retweets, replies, dan favorites. Begitu Anda berada di posisi dimana Anda sudah ?iketahui, disukai, dan dipercaya? maka secara perlahan Anda dapat mendorong orang lain untuk melakukan tindakan lebih seperti meng-klik link, atau bahkan melakukan pemesanan atau pembelian.

:: Menetapkan budget promosi yang realistis

Twitter memberi berbagai pilihan untuk beriklan yang harus Anda bayar hanya jika pengguna menjadi pengikut Anda, atau me-retweet, menjadikan anda favorite, me-replay, atau meng-klik Promoted Tweets Anda. Opsi ?et a total budget? dan ?et a daily maximum?membuat Anda dapat mengontrol biaya promosi yang Anda lakukan, dan menghindarkan Anda untuk mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak menguntungkan Anda. Tidak ada batasan minimum untuk uang yang harus dikeluarkan, dan Anda dapat memulai dan mengakhirinya sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.
Di Twitter, Anda dapat menetapkan kapan promosi Anda dimulai dan kapan promosi Anda akan berhenti. Hal ini sangat berguna ketika Anda akan menggunakan model limited time offer (LTO) atau penawaran dengan waktu terbatas.

Memasang iklan di Twitter adalah cara yang cukup populer dan efektif untuk jenis promosi dengan model Pay-per Click (PPC), search engine optimization (SEO) atau menggunakan mesin pencari, dan program iklan di sosial media. Jika Anda terampil dalam memanfaatkannya, maka kesempatan Anda untuk beriklan menjadi sangat luas, dan hebatnya lagi, dapat Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.