Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

Manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhannya namun terkadang pendapatan yang diterima tak sesuai harapan. Menghadapi masalah tersebut tentu saja anda tidak akan tinggal diam khususnya bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Meskipun gaji kecil seseorang dalam keluarga entah suami atau istri haruslah cakap dalam mengatur keuangannya.

Bila anda merencanakan dengan baik gaji anda maka pendapatan yang relative kecil tersebut akan mencukupi kebutuhan yang anda butuhkan. Ada baiknya hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memperhitungkan kebutuhan kita dengan cara mencatat kebutuhan primer. Kebutuhan primer umumnya meliputi makanan dan minuman, biaya sekolah, biaya rumah termasuk listrik, telepon atau internet. Tidak lupa bilamana anda mengikuti asuransi maka tagihan tersebut juga harus anda penuhi termasuk bila ada tagihan kartu kredit dan sebagainya.

Utamakan kebutuhan yang pasti dibayar setiap bulannya termasuk cicilan hutang yang mungkin anda ambil. Hutang merupakan tanggungan yang cukup berat untuk dicicil terlebih bila gaji masih terbilang pas-pasan. Oleh karenanya ada baiknya anda melunasi segala tanggungan anda seperti cicilan hutang atau kredit barang. Anda juga harus melakukan saving sebab tabungan ini nantinya akan membantu anda dalam masalah hari tua ketika tidak bekerja lagi seperti hari ini.

Baca Juga:

Coretlah kebutuhan yang tidak anda perlukan bilamana anda masih memiliki hutang. Adanya budget bulanan yang telah diperhitungkan sebelumnya akan membantu anda untuk sadar akan kebutuhan yang harus anda penuhi dan berhati-hati dalam berbelanja. Anda juga harus memikirkan langkah kedepannya dalam hal keuangan anda terlebih bila hampir mencapai masa pensiun.

Hal ini akan mendorong anda untuk menentukan tujuan keuangan anda yang mungkin selama ini tak terpikirkan oleh anda. Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat yang mana jika sesuatu terjadi pada anda bisa digunakan untuk menutupinya. Bilamana anda seseorang yang hobi berbelanja ada baiknya membuat kegiatan belanja tersebut menjadi kegiatan yang bisa menambah penghasilan anda.

Contoh dari belanja guna menambah penghasilan anda adalah dengan menjadi reseller atas barang yang anda beli misalnya anda merupakan seseorang yang gemar akan perhiasan maka anda bisa menjadi reseller perhiasan. Kunci utama dalam hal mengatur keuangan adalah menahan rasa keinginan didalam hati untuk membeli barang yang tidak perlu dan lebih bijak dalam hal berbelanja.

Bilamana pendapatan anda telah diatur tetapi masih belum mencukupi maka anda bisa berwirausaha kecil-kecilan seperti berjualan pulsa ataupun membuka toko kecil di rumah. Hasil yang didapat mungkin masih relative kecil namun tidak mengganggu pekerjaan utama anda serta bisa anda atur sendiri jam kerjanya.

Anda juga perlu ingat bahwa jika hutang anda belum terlunasi maka hindari untuk membeli barang tersier ataupun sekunder agar anda tidak besar pasak daripada tiang. Gaji besar atau kecil sebenarnya tergantung pada diri anda sendiri untuk daopat dikatalan cukup atau tidaknya sebab bilamana seseorang memiliki sifat konsumtif yang besar dan tidakmampu mengendalikannya maka sebesar berapapun gaji yang didapatkan tidak akan cukup untuk dirinya.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *